PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : ARJENA FAIZAL N,S.Pd.
Advertisements

MI MUHAMMADIYAH 25 SURABAYA
DASAR-DASAR DESAIN.
Floor Plan Pertemuan Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010.
Warna cahaya Warna pigmen
Pembiasan dan Pemantulan sempurna pada kehidupan sehari-hari Pembiasan sinar bintang Karena cahaya bintang merambat dari ruang hampa ke atmosfer yang kerapatannya.
Teori Kuantum dan Model Atom Bohr
Tujuan Instruksional Umum : Tujuan Instruksional Khusus :
KOMBINASI WARNA oleh: Dra.Enny Zuhni Khayati,M.Kes.
INTERIOR DECORATION Hiasan yang dirancang untuk ruang kantor, lobby, kamar hotel, rumah tempat tinggal, galery dsb, dengan desain warna, peralatan, dan.
NURUL ATIKAH BINTI ABDUL NAPIS
PEMANTULAN CAHAYA HARDO
Macam-macam Skema Warna
SEJARAH WARNA Yunani kuno c/ Phytagoras, Plato, Aristoteles
KOMPOSISI WARNA Komposisi berasal dari bahasa Inggris composition yg berarti mengarang, menyusun atau menggubah. Komposisi warna adalah susunan warna2.
COLOUR THEORY Untuk menggunakan warna dg efektif, kita harus mengerti apa itu warna dan bagaimana bekerjanya. Setelah mengembangkan hukum Gravitasi, Issac.
TEORI TRICHROMATIC Permulaan abad 19, Thomas Young ( ) seorg physician Inggris membuktikan bahwa mata mempunyai receptor (penerima) partikel2 cahaya.
Dasar Pembentukan Tangga Nada & Chord
PENGENALAN SPEKTROFOTOMETER
Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Indonusa Esa Unggul Topik 10 Teori Warna.
W A R N A 4/14/2017.
Light and Colour Caroline.M( ) Ribkah.S( )
Pengenalan desain grafis 2
PENGOLAHAN WARNA CITRA
Basic Design Principles
Teknologi Dan Rekayasa
Prinsip Dasar Desain Web
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
CAHAYA CAHAYA.
Cahaya dan Optik Oleh Meli Muchlian, M.Si.
E l E M E N Warna.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
WARNA.
Maria Gorretie Endang Tri Astuti, S.Pd
Sketsa Ide/Image Store Pertemuan 22-24
Teori Warna Grafik Komputer 2.
PANDUAN PEMBUATAN PRESENTASI
TEORI TRICHROMATIC Permulaan abad 19, Thomas Young ( ) seorg physician Inggris membuktikan bahwa mata mempunyai receptor (penerima) partikel2 cahaya.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
DISPERSI CAHAYA Irnin Agustina D.A., M.Pd..
PENGETAHUAN WARNA ROSITA CAROLINA OLEH : MATA KULIAH
SENI RUPA (VISUAL ART) Skema Warna.
DIMENSI WARNA DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA, M.Pd
Nilai & Warna, Ruang, Gerakan
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
Konsep Pewarnaan Website
Gelas Bergiwang Bannati Khairani ( )
Mengenal Warna Buah.
Warna, Symbol, Safety dan Typography OSKAR JUDIANTO SSn. MM. MDs.
PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
KELOMPOK 9 perpaduan warna
CARA MENINGKATKAN KONSENTRASI
PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
DESAIN PORTOFOLIO Universitas Esa Unggul Pertemuan Ke-6
Dosen Pengampu Mata Kuliah : Muhammad Fauzi. M.Ds
uraian fenomena dapat dijelaskan dalam teks eksplanasi kompleks.
MATERI TENTANG KLASIFIKSI WARNA PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PIGMEN FOTOSINTESIS Nama Kelompok: Putri Kurniawati ( )
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
CAHAYA, WARNA, DAN PENGLIHATAN
DAYA KAPILARITAS. DAYA KAPILARITAS TUJUAN Mengetahui daya kapilaritas pada medium kertas tisu 2. Mengetahui komponen penyusun zat warna pada tinta.
Sedia buku nota.. Salin…sambil salin sambil dengar penerangan guru……hari ini gambar tidak perlu lukis……okkkkkkkk Jangan bising???
Sedia buku nota.. Salin…sambil salin sambil dengar penerangan guru……hari ini gambar tidak perlu lukis……okkkkkkkk Jangan bising???
DESAIN AND INTERIOR Desain interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan.
3.1.Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap terang, tekstur, dan ruang Menjelaskan unsur-unsur tata.
Sifat Cahaya Cahaya sebagai gelombang Cahaya dihasilkan dari getaran-listrik dan getaran magnet yang merambat sehingga cahaya merupakan gelombang elektromagnetik.
David Brewster  Warna primer  Warna sekunder  Warna tersier.
Transcript presentasi:

PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI TEORI WARNA PERTEMUAN 3 PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI DKV & FDIK

KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami, dan mengaplikasikan keilmuan teori warna pada setiap laporan projek bidang desain komunikasi visual yang ampuh.

PENGETAHUAN WARNA Berikut ini adalah beberapa teori mengenai warna dari ilmuwan terkemuka di dunia, yaitu: Isaac Newton, Johan Wolfgang von Goethe, Wilhelm Ostwald, dan Albert Munsel.

Teori Isaac Newton (Abad XVII) Isaac Newton adalah seorang ahli ilmu pasti dan alam yang menemukan spektrum dengan prisma serta menyelidiki sinar dan warna (optik) Newton menemukan lingkaran warna yang bila diputar akan menghasilkan bidang memutih. Ia menemukan tujuh warna pelangi yang disebut spectrum warna, yang terdiri dari atom-atom merah, jingga, kuning, hijau, biru, indigo dan ungu. Putih merupakan cahaya yang bersumber dari matahari. Cahaya putih itulah yang terdiri dari seberkas sinar yang mengandung warna yang kini dapat kita lihat dengan mata. Perbandingannya disesuaikan dengan nilai oktaf musik

Teori Johan Wolfgang von Goethe (abad XVIII) Johan Wolfgang adalah seorang filsuf dan penyair yang menyelidiki laras dan pengalaman rasa terhadap warna. Ia berpendapat bahwa warna adalah ungkapan jiwa, dan warna berpengaruh terhadap jiwa. Menurut Wolfgang, merah adalah warna jadian buka warna dasar. Ia mengungkapkannya dalam diagram berikut

Teori Wilhelm Ostwald (abad XIX) Teori warna Wilhelm Ostwald disusun secara praktis dengan menjadikan abjad dan angka sebagai tanda. Sistem warna ini lebih cocok untuk fungsi psikologis. Cirinya terdapat deretan abu-abu, atau gradasi putih ke hitam. Dalam lingkaran warnanya, ia menampilkan delapan warna pokok. Perpindahan dari sebuah warna ke warna yang lain melalui tiga tahap warna sehingga keseluruhannya terdapat 24 warna.

WARNA SEKUNDER Warna sekunder merupakan hasil percampuran dua warna primer dengan perbandingan 1:1. Warna yang didapatkan adalah jingga (campuran warna merah dengan kuning), hijau (campuran warna biru dengan kuning), dan ungu (campuran warna merah dengan biru)

KONTRAS KOMPLEMENTER Skema warna kontras komplementer terdiri dari dua warna yang saling berseberangan (memiliki sudut 1800) di lingkaran warna. Dua warna dengan posisi kontras komplementer menghasilkan hubungan kontras paling kuat, lebih terang dan lebih hidup. Skema warna kontras komplementer yang umum adalah kombinasi antara warna primer dan warna sekunder. Kelompok warna yang termasuk kombinasi kontras komplementer adalah wara merah hijau, oranye-biru, dan kuning ungu.

KONTRAS KOMPLEMENTER Kombinasi warna kontras komplementer merupakan kombinasi warna panas dan dingin

Tugas Mahasiswa menyiapkan kertas linen ukuran A4 dengan margin masing-masing sisi 2 cm Mahasiswa juga menyiapkan alat-alat praktikum mata kuliah Teori Warna Mahasiswa melatih menguas warna dasar yakni merah, kuning dan biru pada kertas gambar dengan berat lebih dari 200 gram Setelah menguas, mahasiswa memotong potongan berukuran 4 x 4 cm pada masing-masing warna tersebut dan menempelnya pada kertas linen dan memberikan judul “Warna Sekunder” dan “Warna Komplementer”