Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
Advertisements

Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Interaction Diagram.
SEQUENCE DIAGRAM.
Architecture dan design
Sequence diagram.
Interaksi Objek.
Sequence dan Collaboration
Diagram Interaksi - Sequen Diagram
SEQUENCE DIAGRAM.
Lecture 5 Nonblocking I/O and Multiplexing Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
SEQUENCE DIAGRAM Kelompok V Ferdy Widjaja ( )
Sequence dan Collaboration
Game Theory Purdianta, ST., MT..
Struktur Data & Algoritma Suryana Setiawan, Ruli Manurung & Ade Azurat (acknowledgments: Denny) ‏ 1 Fasilkom UI SUR – HMM – AAFasilkom UI - IKI20100/ IKI80110P.
Activity Diagram Shinta P.. For Bussiness Modeling, Activity diagrams describe the activities of a class. It is used for the following purposes: (Bennet.
1 DATA STRUCTURE “ STACK” SHINTA P STMIK MDP APRIL 2011.
BLACK BOX TESTING.
Presented By : Group 2. A solution of an equation in two variables of the form. Ax + By = C and Ax + By + C = 0 A and B are not both zero, is an ordered.
Collaboration Diagram
Metode Perancangan Program
Collaboration Diagram State Diagram
IKI 20100: Struktur Data & Algoritma Ruli Manurung & Ade Azurat (acknowledgments: Denny, Suryana Setiawan) 1 Fasilkom UI Ruli Manurung & Ade AzuratFasilkom.
PERTEMUAN KE-6 UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) (Part 2)
HAMPIRAN NUMERIK SOLUSI PERSAMAAN NIRLANJAR Pertemuan 3
1 Pertemuan 23 Sequence Diagram Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.
OPERATOR DAN FUNGSI MATEMATIK. Operator  Assignment operator Assignment operator (operator pengerjaan) menggunakan simbol titik dua diikuti oleh tanda.
Keuangan dan Akuntansi Proyek Modul 2: BASIC TOOLS CHRISTIONO UTOMO, Ph.D. Bidang Manajemen Proyek ITS 2011.
Sequence Diagram AND Communication Diagram Pertemuan 0102
Soal Kuis I PSBO.
Pertemuan 23 Sequence Diagram
LATIHAN PSBO Total : 35 PG.
Citra N., S.Si, MT Program Studi Sistem Informasi - UNIKOM
Soal latihan psbo.
Rekayasa Perangkat Lunak Class Diagram
Rinci Kembang Hapsari,S.Si, M.Kom
Relationship Between Classes
Konsep pemrograman LOOP
SEQUENCE DIAGRAM.
Sequence Diagram.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Sequence Diagram Level Design
Object oriented analyst and design
CLASS DIAGRAM.
Citra N., S.Si, MT Sisfo - UNIKOM
Collaboration Diagram
OOAD – TI S1 Defri Kurniawan UDINUS
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Collaboration Diagram and Sequence Diagram
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
Ujian Akhir Semester (UAS)
PEMODEAN SISTEM INFORMASI – PERTEMUAN 5
Pemodelan Sistem Bisnis
Waktu : 2 menit 30 detik/slide
SOAL LATIHAN 1 SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
ANALISIS & DESAIN SISTEM
Unified Modelling Languange (UML)
UML- UNIFIED MODELING LANGUAGE
Pertemuan 4 CLASS DIAGRAM.
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
SEQUENCE DIAGRAM.
Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --
Metode Perancangan Program
ANALISIS & DESAIN BERORIENTASI OBJEK AGUS WAHYUDDIN, ST, M.KOM
SEQUENCE DIAGRAM. Materi : Pendahuluan Tujuan Komponen Simbol Istilah Jenis-jenis SD Contoh Study Kasus.
Perancangan Berorientasi Objek (UML lanjutan)
Sequence Diagram & Collaboration Diagram
Perancangan Berorientasi Objek (UML lanjutan)
Object oriented analyst and design
Transcript presentasi:

Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML -- Sequence Diagram Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --

Sequence Diagram Menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu Biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.

Sequence Diagram Sequence diagram terdiri atas: Dimensi vertikal (waktu) Dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Masing-masing objek, termasuk aktor, memiliki lifeline vertikal. Diagram ini secara khusus berasosiasi dengan use case diagram Memperlihatkan tahap demi tahap apa yang seharusnya terjadi untuk menghasilkan sesuatu didalam use case

Simbol yang digunakan

Simbol...

Partisipant / Object Lifeline Pada UML 1 disebut dengan nama Obyek Diletakkan dari kiri ke kanan Setiap Partisipant terhubung dengan lifeline Standar penamaan Instance Name : Class Name

Time / Lifeline Mewakili waktu pada arah vertikal, dimulai dari atas ke bawah Garis putus-putus yang menempel di partisipant lifeline

Action Mewakili sebuah eksekusi operasi dari partisipant Kotak kecil segiempat di lifeline Panjang kotak berbanding lurus dengan durasi activation

Message Message berpindah dari 1 lifeline ke lifeline yang lain Message yan pertama kali muncul di SSD terletak paling atas, kemudian message yang berikutnya berada di bawahnya Terdapat 3 macam : Synchronus Asynchronus Reply / Return

Message… Synchronous Asynchronous Reply/Return Pesan yang dikirim oleh 1 obyek ke obyek lain dan obyek pertama menunggu sampai hasil aksi selesai. Asynchronous Pesan yang dikirim oleh 1 obyek ke obyek lain dan obyek pertama tidak menunggu sampai hasil aksi selesai. Reply/Return Menunjukkan nilai kembali dari obyek ke obyek yang mengirim pesan

Message … the analyst object makes a call to the system object which is an instance of the ReportingSystem class. The analyst object is calling the system object's getAvailableReports method. The system object then calls the getSecurityClearance method with the argument of userId on the secSystem object, which is of the class type SecuritySystem the secSystem object returns userClearance to the system object when the getSecurityClearance method is called. The system object returns availableReports when the getAvailableReports method is called.

Sequence and Collaboration Diagrams Fun Example Objects Sequence and Collaboration Diagrams 12

Fun Example Sequence diagram Sequence and Collaboration Diagrams 13

Fun Example Sequence diagram Sequence and Collaboration Diagrams 14

Recursive Suatu Obyek yang memanggil dirinya sendiri Digambarkan dengan menambah kotak kecil pada activation Cotoh : system object memberi pesan ke dirinya sendiri : menentukan Laporan apa saja yang ada

Hapus Partisipant Partisipant bisa menghapus dirinya sendiri atau bisa juga dihapuskan oleh object lain

Petunjuk membuat SD Mengacu ke skenario Use Case / Stimulus-Response Identifikasi participant objects Gambar lifelines untuk tiap object Gambar duration tiap object pada lifeline Tambahkan object messages dari atas ke bawah pada diagram (time-based) Check ulang diagram untuk kelengkapannya

Guards Kondisi : suatu syarat agar message dikirim the guard is the text "[pastDueBalance = 0]." By having the guard on this message, the addStudent message will only be sent if the accounts receivable system returns a past due balance of zero

Combined fragments  digunakan untuk mengelompokkan message, tergantung kondisi tertentu  disebut juga Interaction Fragment (Kerangka Interaksi) UML 2 specification mengidentifikasi 11 operator untuk combined fragments.

Format Combined op (operator): applied to the enclosed interaction(s) (some operators require arguments, such as diagrams names, parameters, constants and guards) op [:arguments] diagram name | interaction [ [guard] ] [guard]: a boolean expression the interaction is executed according to the guard’s value interaction: a (fragment of a) sequence diagram (it can contain other frames) if we need to enclose more interactions, we’ll separate them with an outlined line (see next slide) diagram name: needed if we want to refer to a diagram defined elsewhere

Contoh satu set interactions dipisahkan dengan garis putus-putus interaction_i dijalankan jika guard_i bernilai benar op interaction_1 [guard_1] … interaction_n [guard_n]

Operator Combined Fragment Alternatives (alt) choice of behaviors – at most one will execute depends on the value of the guard (“else” guard supported) Option (opt) Special case of alternative  hanya berisi 2 pilihan Break (break) Represents an alternative that is executed instead of the remainder of the fragment (like a break in a loop) Parallel (par) Concurrent (interleaved) sub-scenarios, fragmen berjalan secara pararel Negative (neg) Identifies sequences that must not occur (interaksi yang salah)

Operator… Critical Region (region) Loop (loop) Fragmen tidak dapat disela dengan kejadian lain pada participating lifeline Loop (loop) Optional guard: [<min>, <max>, <Boolean-expression>] Tanpa Guard berarti tidak ada batas

Alternative

Option if a student's past due balance equals zero, then the addStudent, getCostOfClass, and chargeForClass messages are sent. If the student's past due balance does not equal zero, then the sequence skips sending any of the messages in the option combination fragment.

Loop

Ref

Ref…

Break almost identical in every way to the option combined fragment, with two exceptions. a break's frame has a namebox with the text "break" instead of "option." when a break combined fragment's message is to be executed, the enclosing interaction's remainder messages will not be executed because the sequence breaks out of the enclosing interaction Breaks are most commonly used to model exception handling

Pararel

Contoh SD online-bookshop

Contoh SD Pemesanan Buku

Contoh SD FB Otentifikasi

Diambil dari : Hendra

Diambil dari : Hendra