FAKTOR MANUSIA.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Faktor Manusia dan Lingkungan Kerja
Advertisements

2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu :
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Faktor Manusia.
Faktor Manusia.
Pertemuan ke 4 1 erna kumalasari nurnawati.  komputer dimodelkan secara konvensional sebagai suatu kombinasi pemroses sentral dan hubungannya dengan.
Interaksi Manusia dan Komputer Kuliah ke 3 : Profil pemakai
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
FAKTOR MANUSIA SESI II. LUMINANS banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek. (1 luks = 1 lumen/m 2 ) LUMINANS = RINCIAN OBYEK DAPAT.
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER “Faktor Manusia”
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Oleh : VISKA ARMALINA, ST., M.Eng
FAKTOR MANUSIA IMK - M2.
FAKTOR MANUSIA.
Interaksi Manusia dan Komputer
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
Interaksi Manusia Dan Komputer (Manusia)
MANUSIA.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
SALURAN INPUT OUTPUT.
Interaksi Manusia dan Komputer
Designed by Kuntjojo, UNP Kediri
Memahami Faktor manusia yang berhubungan dengan IMK
Faktor Manusia.
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
FAKTOR MANUSIA DALAM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
MANUSIA.
SI122 – Interaksi Manusia dan Komputer
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
Interaksi Manusia & Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
MANUSIA.
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Oleh : IMAM BUKHARI, S.KOM., MM
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Anna Dara Andriana S.Kom.,M.Kom
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Faktor Manusia Dalam IMK Kuliah II
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
PERSEPSI PERTEMUAN 9.
Elemen Dasar Komputer BAB 3.
Faktor Manusia.
Faktor Manusia dalam IMK
Interaksi Manusia dan Komputer
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Faktor Manusia.
Interaksi Manusia Dan Komputer (Manusia)
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
Bina Sarana Informatika
Interaksi Manusia dan Komputer
FAKTOR MANUSIA SESI II.
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
Faktor Manusia.
Pertemuan Ketiga Manusia
Faktor Manusia.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
1 Visi Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di bidang Teknologi Telematika dan membentuk insan yang berkarakter di Indonesia Misi 1. Menyelenggarakan.
PERTEMUAN 2 Faktor Manusia
Faktor Manusia.
Interaksi Manusia dan Komputer
PERTEMUAN 3 Faktor Manusia
Faktor Manusia Pendahuluan Aspek dalam sistem komputer ▫ Aspek hardware (Perangkat Keras) ▫ Aspek software (Perangkat Lunak) ▫ Aspek brainware (Manusia)
Transcript presentasi:

FAKTOR MANUSIA

Sistem Komputer Terdiri atas 3 aspek: Perangkat keras (Hardware) Perangkat lunak (Software) Manusia (Brainware) Biasanya dimodelkan dg suatu kombinasi antara pengolah pusat-pengontrol peranti I/O shg komponen dpt saling berkomunikasi & juga untuk sarana komunikasi dunia nyata

Saluran I/O Saluran Input: Saluran Output: Mata Telinga Hidung Lidah Kulit Saluran Output: Jari-jari, tangan Suara

Penglihatan Dengan penglihatan yg baik manusia bisa membedakan informasi yg dilihat untuk diproses lebih lanjut 2 langkah yg dilakukan setelah menerima informasi: Menerima informasi dari dunia luar Memprose & menginterpretasikan informasi yg diterima

Vision & Visual Science Luminans (luminance) adalah banyaknya cahaya yg dipantulkan oleh permukaan obyek. Kontras adalah hubungan antara cahaya yg dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari belakang obyek tersebut. Kecerahan adalah tanggapan subyektif pada cahaya

Lanjutan Sudut penglihatan (visual angle) adalah sudut yg berhadapan oleh obyek pada mata. Ketajaman Penglihatan (visual acuity) adalah sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dg jelas. Medan Penglihatan adalah sudut yg dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh & ke kanan terjauh.

Lanjutan Medan Penglihatan, dibagi menjadi 4 daerah penglihatan: Binokuler, Monokuler Kiri, Monokuler Kanan & Daerah Buta. Warna Psikologi Warna Persepsi Petunjuk Penggunaan Warna yg Efektif

Pendengaran Mendengar merupakan suatu proses penting yg dimiliki manusia Mendengar (suara) dianggap sbg pandangan kedua (secondary vision), karena banyak informasi yg didapat dari mendengar Secara anatomi telinga dibagi menjadi beberapa bagian

Sentuhan Sentuhan merupakan sarana interaksi yg menduduki urutan ketiga setelah penglihatan & pendengaran Sensitifitas sentuhan lebih dikaitkan dengan aspek ergonomis dalam satu sistem.

Suara Suara diakibatkan oleh getaran2 yg menimbulkan gelombang-gelombang tekanan Manusia dapat mendengarkan suara dg frekuensi 20 Hz – 15 kHz Suara memiliki 3 komponen utama: Pitch Loudness (amplitudo) Timbre (jenis) & kualitas suara

Otak Manusia Memori adalah proses kedua dari input yg masuk dari alat panca indra Dari panca indra, input masuk melalui sensory memory ke memori jangka pendek yg secara stimulus akan diteruskan ke memori jangka panjang

Fungsi Memori Sensory Memory, memori untuk merasakan Short-term memory, merupakan gerbang keluar-masuknya informasi baru Long-term Memory, menyimpan data secara permanen di dalam memori, mempunyai kapasitas yang tidak terbatas (Episodik, Semantik, Frame, Script)

Memory pada HCI Pada HCI, memori digolongkan menjadi dua bagian: Internal Memory External Memory

Proses Lanjutan Proses-proses lanjutan yang terjadi dalam pembahasan faktor manusia adalah: Belajar Berpikir Pemecahan Masalah Keterampilan