ANDROID LOCATION BASED SERVICE

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lalu tekan F5 atau klik Peragaan Slide > Dari Awal untuk memulai kursus. Di bilah pesan, klik Aktifkan Pengeditan, Jika video dalam kursus ini tidak bisa.
Advertisements

Instalasi dan pengenalan visual basic 6
Oleh: Hyperlink Oleh:
RUMAH BELAJAR Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi.
8 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.. ANDROID (2)
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
APLIKASI telepon genggam iSIKHNAS
APLIKASI PETA SMA SWASTA DI BEKASI TIMUR PADA SMARTPHONE ANDROID
Pertemuan 1 Apakah Java Itu ? ASWAR R..
Mobile Programming Pertemuan 2 Presented by Mulyono
Membuat File Database & Tabel
Instroduksi Pemrograman Android
TUTORIAL AUTOPLAY MEDIA STUDIO
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu untuk Masyarakat Sejahtera (SELARAS)  Untuk Fasilitator Sekretariat Teknis Pusat Sistem.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
Pemrograman Mobile Android # 11
Instalasi Xampp dan Wordpress
DASAR MENGUASAI NETBEANS
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pemrograman Perangkat Mobile
MODUL – II MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA
Microsoft Excel By : D e w i.
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Membuat File Database & Tabel
Content Provider pada Android
Visual Studio 2008 Merupakan perangkat lunak yang terintegrasi. Di dalamnya terdapat beberapa perangkat lunak untuk pengembang ( Programmer ), antara lain.
Membuat File Database & Tabel
Pemrograman Perangkat Mobile
Materi Agung Brastama Putra.
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot.
Content Provider pada Android
Panduan Instalasi Virtual Box
Mendayagunakan Activity External
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
ANDROID MULTIMEDIA.
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
Android database sqlite
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
Panduan Pembuatan WordPress
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Android database mysql dan webservice
Android Location Based Services
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
Location Based Services
PENGELOLAAN QUIZ Latihan Soal Dan Ujian
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Cara mengustomisasi Microsoft SharePoint Anda Situs web online
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Pemrograman Mobile Location Based Service
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
APLIKASI telepon genggam iSIKHNAS
Pertemuan ke 3 : Pengenalan XML Parsing
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

ANDROID LOCATION BASED SERVICE NAMA KELOMPOK: 1.RAGIL SETIAAN 15.11.0100 2.MUHAMMAD MA’RUF15.11. 3.SITI ROUDATUL JANNAH 15.11.0113 4.NUR MAYA BELLA SAFITRI 15.11.0127 5.TIKA SARI 15.11.0126 6.FERDATAMA15.11.

Aplikasi Google Maps untuk Android mengekspos beberapa maksud yang bisa Anda gunakan untuk meluncurkan Google Maps dalam mode tampilan, penelusuran, navigasi, atau Street View. Jika ingin menyematkan peta dalam aplikasi Anda, lihat [Panduan Memulai] Google Maps Android API(/maps/documentation/android-api/start). Panduan ini merupakan awal yang cepat untuk menambahkan peta ke aplikasi Android. Android Studio adalah lingkungan pengembangan yang disarankan untuk membuat aplikasi dengan API Android Google Maps.

Langkah Buat proyek Google Maps Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat proyek aplikasi baru termasuk aktivitas peta: Mulai Android Studio. Buat proyek baru sebagai berikut: Jika Anda melihat dialog Welcome to Android Studio , pilih Start a new Android Studio project , tersedia di 'Quick Start' di sebelah kanan dialog. Jika tidak, klik File di bilah menu Android Studio, lalu New , New Project . Masukkan nama aplikasi, domain perusahaan, dan lokasi proyek Anda, seperti yang diminta. Kemudian klik Next . Pilih faktor bentuk yang Anda butuhkan untuk aplikasi Anda. Jika Anda tidak yakin dengan yang Anda butuhkan, cukup pilih Telepon dan Tablet . Kemudian klik Next . Pilih Aktivitas Google Maps di dialog 'Tambahkan Aktivitas ke Seluler'. Kemudian klik Next . Masukkan nama aktivitas, nama dan judul tata letak yang diminta. Nilai defaultnya bagus. Kemudian klik Finish . Android Studio memulai Gradle dan membangun proyek Anda. Ini mungkin memakan waktu beberapa detik.Untuk informasi lebih lanjut tentang membuat proyek di Android Studio, lihat dokumentasi Android Studio

Langkah Dapatkan kunci Google Maps API Aplikasi Anda memerlukan kunci API untuk mengakses server Google Maps. Jenis kunci yang Anda butuhkan adalah kunci API dengan pembatasan untuk aplikasi Android . Kuncinya gratis. Anda dapat menggunakannya dengan aplikasi apa pun yang menghubungi API Google Maps Android, dan ini mendukung jumlah pengguna yang tidak terbatas. Pilih salah satu cara berikut untuk mendapatkan kunci API Anda dari Android Studio: Cara cepat dan mudah: Gunakan tautan yang ada di file google_maps_api.xml yang dibuat oleh Android Studio untuk Anda: Salin tautan yang ada di file google_maps_api.xml dan tempelkan ke browser Anda. Tautan tersebut membawa Anda ke Konsol Google API dan memasok informasi yang diperlukan ke Konsol Google API melalui parameter URL, sehingga mengurangi masukan manual yang diperlukan dari Anda. Ikuti petunjuk untuk membuat proyek baru di Google API Console atau pilih proyek yang ada. Buat kunci API Android yang dibatasi untuk proyek Anda. Salin kunci API yang dihasilkan, kembali ke Android Studio, dan tempelkan kunci API ke elemen <string> di file google_maps_api.xml .

Langkah Halo Peta! Lihatlah kodenya Periksa kode yang diberikan oleh template. Secara khusus, lihat file berikut di proyek Android Studio Anda. Berkas tata letak XML Secara default, file XML yang mendefinisikan tata letak aplikasi ada pada res/layout/activity_maps.xml . Ini berisi kode berikut:  <fragment xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"     xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"     android:layout_width="match_parent"     android:layout_height="match_parent"     android:id="@+id/map"     tools:context=".MapsActivity"     android:name="com.google.android.gms.maps.SupportMapFragment" />

Aktivitas file Java peta Secara default, file Java yang mendefinisikan aktivitas peta diberi nama MapsActivity.java . Ini harus berisi kode berikut setelah nama paket Anda: import android.os.Bundle; import android.support.v4.app.FragmentActivity; import com.google.android.gms.maps.CameraUpdateFactory; import com.google.android.gms.maps.GoogleMap; import com.google.android.gms.maps.OnMapReadyCallback; import com.google.android.gms.maps.SupportMapFragment; import com.google.android.gms.maps.model.LatLng; import com.google.android.gms.maps.model.MarkerOptions; public class MapsActivity extends FragmentActivity implements OnMapReadyCallback { private GoogleMap mMap;     @Override     protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {         super.onCreate(savedInstanceState);         setContentView(R.layout.activity_maps);       SupportMapFragment mapFragment = (SupportMapFragment) getSupportFragmentManager() .findFragmentById(R.id.map); mapFragment.getMapAsync(this); } @Override public void onMapReady(GoogleMap googleMap) { mMap = googleMap; // Add a marker in Sydney, Australia, and move the camera. LatLng sydney = new LatLng(-34, 151); mMap.addMarker(new MarkerOptions().position(sydney).title("Marker in Sydney")); mMap.moveCamera(CameraUpdateFactory.newLatLng(syd ney)); } } Jika file aktivitas peta Anda tidak berisi kode di atas, ganti isi file dengan kode di atas, setelah nama paket Anda.

Sambungkan perangkat Android Cara termudah untuk melihat aplikasi Anda beraksi adalah menghubungkan perangkat Android ke komputer Anda. Ikuti petunjuk untuk mengaktifkan opsi pengembang pada perangkat Android Anda dan konfigurasikan aplikasi dan sistem Anda untuk mendeteksi perangkat. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan Android Emulator untuk menjalankan aplikasi Anda. Gunakan Pengelola Perangkat Virtual Android (AVD) untuk mengkonfigurasi satu atau beberapa perangkat virtual yang dapat Anda gunakan dengan Android Emulator saat membangun dan menjalankan aplikasi Anda. Saat memilih emulator Anda, pastikan Anda menggunakan Android 4.2.2 atau lebih tinggi, dan berhati-hatilah untuk memilih gambar yang menyertakan Google API, atau aplikasi tidak akan memiliki API runtime yang diperlukan untuk dieksekusi. Juga, perhatikan petunjuk untuk mengkonfigurasi percepatan mesin virtual , yang harus Anda gunakan dengan target x86 AVD seperti yang dijelaskan dalam petunjuk. Ini akan meningkatkan pengalaman Anda dengan emulator.

Bangun dan jalankan aplikasi Anda Di Android Studio, klik opsi menu Run (atau ikon tombol putar) untuk menjalankan aplikasi Anda. Saat diminta memilih perangkat, pilih salah satu dari pilihan berikut: Pilih perangkat Android yang terhubung ke komputer Anda. Sebagai alternatif, pilih tombol radio Launch emulator dan pilih perangkat virtual yang telah Anda konfigurasikan sebelumnya. Klik OK Android Studio akan memanggil Gradle untuk membuat aplikasi Anda, lalu menampilkan hasilnya pada perangkat atau emulator. Butuh beberapa menit sebelum aplikasi dibuka. Anda harus melihat peta dengan spidol di atas Sydney, Australia. Jika Anda tidak melihat peta, konfirmasikan bahwa Anda telah menyelesaikan semua langkah yang dijelaskan di halaman ini. Secara khusus, periksa apakah Anda telah menambahkan kunci API seperti dijelaskan di atas . Langkah selanjutnya Anda mungkin ingin melihat beberapa kode contoh . Anda dapat membaca lebih lanjut tentang objek peta di panduan pengembang.

Berikut aplikasi untuk menampilkan dan mendapatkan lokasi kita saat ini Buat aplikasi seperti diatas kemudian pada file AndroidManifest.xml tambahkan permission <uses-permission android:name=”android.permission.ACCESS_FINE_LOCATION”> Kemudian pada MapsActivity.java  ubah kode pada method onMapReady menjadi berikut public void onMapReady(GoogleMap googleMap) { mMap = googleMap; mMap.setMyLocationEnabled(true); LocationManager locationManager = (LocationManager) this.getSystemService(Context.LOCATION_SERVICE); Location location = locationManager.getLastKnownLocation(locationManager.NETWORK_PROVIDER); if (location!=null){ Toast.makeText(this, "Lokasi Ditemukan", Toast.LENGTH_SHORT).show(); LatLng MyLocation = new LatLng(location.getLatitude(), location.getLongitude()); mMap.addMarker(new MarkerOptions().position(MyLocation).title("Latitude: "+location.getLatitude()).snippet("Longitude: "+location.getLongitude())); mMap.moveCamera(CameraUpdateFactory.newLatLngZoom(MyLocation,13)); Latitude=location.getLatitude(); Longtitude=location.getLongitude(); }else { Toast.makeText(this, "Lokasi Tidak Ditemukan", Toast.LENGTH_SHORT).show(); } }

Referensi https://developers.google.com/maps/documentation/android-api/start