DASAR PEMROSESAN KOMPUTER DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Perangkat komputer harus bisa difungsikan secara kompak dan bersama-sama dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data dan informasi. Untuk itu diperlukan suatu sistem komputer yang elemennya terdiri dari : hardware, software dan brainware. Hardware : Peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa diraba atau dipegang. Contoh : monitor, CPU, keyboard, dan lainnya. Software : program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data. Contoh : sistem operasi windows dan linux, bahasa pemrograman Pascal dan visual basic dan lain sebagainya. Brainware : manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
INPUT ----> PROCESS ----> OUTPUT
UNIT INPUT Peranti masukan (input device) adalah segala peralatan yang dapat digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. Data yang dimasukkan dapat berupa teks, gambar dan bahkan video. Berbagai piranti masukan : 1. Peranti pengetikan : Pembaca kartu plong keyboard
Layar sentuh (satu jenis layar yang secara khusus dirancang untuk 2. Peranti petunjuk : Mouse Layar sentuh (satu jenis layar yang secara khusus dirancang untuk memunginkan pemakai memilih tindakan tertentu dengan menyentuh dengan ujung jari) Pena bercahaya (perangkat bentuk pena yang dapat digunakan untuk mengendalikan aplikasi dengan ujung pena). Joystick Stylus (batang petunjuk ini berbentuk seperti pena dengan bahan seperti karet, berukuran kecil, digunakan sebagai pengganti keyboard. 3. Pengenal tulisan secara optis : Bar code scanner Wand reader Optical Scanner
4. Pengenal tulisan tangan 5. Pengenal suara 6. Peranti lain-lain : Digitzer (Perangkat utk mengkonversikan gambar dibuat dengan tombol khusus atau pena pada suatu permukaan yang sensitif). Glove, headset, dan walker Kamera Kartu Cerdas Kartu magnetik Pembaca retina mata Pembaca sidik jari.
CPU (Central Prosessor Unit) Perangkat pengolah atau pemroses data dalam komputer adalah prosesor atau lengkapnya adalah mikroprosesor, namun umumnya pengguna komputer menyebutnya sebagai CPU. Tugas CPU adalah melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer sehingga bisa dikatakan hampir keseluruhan pemikiran dilaksanakan disini, sehingga sering dinamakan sebagai otak komputer. CPU memiliki 3 komponen utama yang merupakan bagian tugas utamanya yaitu :
Unit Kontrol Unit kontrol berfungsi mengendalikan seluruh komponen dalam sistem komputer, seperti layaknya otak manusia yang mengontrol seluruh saraf dalam tubuh sehingga seluruh anggota tubuh dapat digerakkan atau dikendalikan. Unit Aritmatika dan logika Berperan dalam melaksanakan operasi-operasi perhitutangan (aritmatika) seperti pengurangan, penjumlahan, dan pengalian maupun operasi perbandingan (logika). Register berfungsi untuk menyimpan hasil-hasil sementara oparasi ALU dan untuk menyimpan informasi pengendalian tertentu
PERANGKAT LUNAK Perangkat lunak (software) komputer adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedur, pengendali, pendukung, dan aktivitas-aktivitas pengolahan perintah pada sistem komputer. Secara umum fungsi dari software komputer yang utama : Melakukan aktivitas bersama-sama dengan hardware Menyediakan segala sumber daya yang bisa digunakan pada sebuah komputer. Bertindak sebagai perantara antara pengguna (user) dengan perangkat keras untuk melakukan aktivitas dengan perintah yang harus dilakukan dalam software komputer.
Perangkat lunak biasa dikelompokkan menjadi program aplikasi dan program sistem. Program sistem adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan peranti masukan/keluaran. Program sistem dapat dikelompokkan menjadi 3 golongan yaitu program pengendali sistem, program pendukung sistem, dan program pengembangan sistem.
Program pengendali sistem adalah program yang mengendalikan pemakai perangkat keras, perangkat lunak, dan data pada komputer selama program dijalankan. Misalnya sistem operasi Program pendukung sistem adalah program yang mendukung operasi, manajemen, dan pemakai sistem komputer dengan menyediakan bermacam-macam layanan. Misalnya program utilitas, pemantau kinerja dan pemantau keamanan. Program pengambangan sistem adalah program yang ditujukan untuk membantu pemakai dalam membuat/mengembangkan program. Misalnya kompiler dan interpreter.
Program aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai yang ditujukan untuk melakukan suatu tugas khusus. Program seperti ini dikelompokkan menjadi 2 yaitu program aplikasi serbaguna dan program aplikasi spesifik. Program aplikasi serbaguna adalah program aplikasi yang dapat digunakan oleh pemakai untuk melaksanakan hal-hal yang bersifat umum serta untuk mengotomasikan tugas-tugas individual yang bersifat berulang. Program aplikasi spesifik adalah program yang ditujukan untuk menangani hal-hal yang sangt spesifik. Misal program pada sistem POS (point-of-sale) dan ATM
Peranan perangkat keras dan perangkat lunak dalam pemecahan masalah. Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung). Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).
DATABASE DAN FILE AKSES Database adalah kumpulan dari data-data yang membentuk suatu berkas (file) yang saling berhubungan (relation) dengan tatacara yang tertentu untuk membentuk data baru atau informasi. File akses adalah metode yang menunjukkan bagaimana suatu program komputer akan membaca record-record dari suatu file
DATA LOGIK DAN DATA FISIK Bentuk atau refresentasi data ada 2 yaitu : Data logik (data rancangan) yaitu data yang hanya baru menjadi sebuah rencana data dilevel konseptual. Misalnya penggambaran data menggunakan E-R, model objek dan lain-lain. Data fisik, yaitu data yang sudah jadi, data yang merupakan hasil akhir dari data logik yang biasanya disimpan dalam media penyimpanan.
HIERARKI DATA Secara tradisional, data disusun dalam suatu hierarki yang terdiri dari : elemen data, rekaman (record), dan berkas (file). Elemen data adalah suatu data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit data yang lain. Istilah lain untuk elemen data adalah medan (field), kolom, item dan atribut.
Rekaman adalah gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait Rekaman adalah gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. Istilah lain untuk rekaman adalah tupel dan baris. Berkas adalah himpunan seluruh rekaman yang bertipe sama membentuk sebuah berkas.
SORTING DATA Sort adalah prose pengurutan data yang sebelumnya disusun secara acak sehingga menjadi tersusun secara teratur menurut suatu aturan tertentu. Pada umumnya terdapat 2 jenis pengurutan : Ascending (naik) Descending (turun)
Ada beberapa metode pengurutan data : Buble/ Exchange sort Memindahkan elemen yang sekarang dengan elemen yang berikutnya jika elemen sekarang lebih besar dari elemen berikutnya, maka tukar. Selection sort Membandingkan elemen yang sekarang dengan elemen yang berikutnya sampai dengan elemen yang terakhir. Jika ditemukan elemen lain yang lebih kecil dari elemen sekarang maka dicatat posisinya dan kemudian ditukar. Dan begitu seterusnya.
3. Insertion Sort Pengurutan dilakukan dengan cara membandingkan data ke-I (dimana I dimulai dari data ke-2 sampai dengan data terakhir) dengan data berikutnya. Jika ditemukan data yang lebih kecil maka data tersebut disisipkan ke depan sesuai posisi yang seharusnya. 4. Quick Sort Membandingkan suatu elemen (disebut pivot) dengan elemen yang lain dan menyusunnya sedemikian rupa sehingga elemen- elemen lain yang lebih kecil daripada pivot tersebut terletak di sebelah kirinya dan elemen-elemen lain yang lebih besar daripada pivot tersebut terletak di sebelah kanannya. Sehingga dengan demikian telah terbntuk dua sublist, yang terletak di sebelah kiri dan kanan dari pivot. Lalu pada sublist kiri dan sublist kanan kita anggap sebuah list baru dan kita kerjakan proses yang sama seperti sebelumnya. Demikian seterusnya sampai tidak terdapat sublist lagi. Sehingga didalamnya telah terjadi proses Rekursif.
JENIS-JENIS FILE Tipe dar file : 1. File Induk (Master File) Terdiri dari : a. file induk acuan b. file induk dinamik 2. File Transaksi 3. File Laporan 4. File sejarah 5. File Pelindung
PENYIMPANAN BERURUT Suatu cara penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara berurut. Dalam hal ini, data yang akan disimpan sesuai dengan urutan masuknya. Data pertama dengan nomor berapapun, akan disimpan ditempat pertama demikian pula dengan data berikutnya.
PENYIMPANAN AKSES LANGSUNG Cara penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara random atau langsung. Dalam hal ini, tempat penyimpanan data sudah diatur sedemikian rupa sehingga setiap data yang akan tersimpan didalam tempat-tempat yang telah ditentukan sesuai dengan nomor data yang dimilikinya.
Sekian dan Terima kasih......
TUGAS : () Representasikan data dengan gambar ! Sebutkan jenis-jenis mikroprosesor yang terkenal saat ini ! Apa yang disebut piranti masukkan ? Berikan paling tidak 5 contohnya ! Jelaskan fungsi dari perangkat lunak : Program aplikasi dan program sistem ! Apakah sistem operasi itu ? Berikan beberapa contoh ! Berikan contoh penyimpanan berurut dan penyimpanan akses langsung !