APPLIED MEDIA AESTHETICS LIGHTING MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH: BUDIYANTO SELASA-02 DESEMBER 2008
PENCAYAAN TELEVISI PERAN MENERANGI SUBYEK MENETUKAN PERBEDAAN; TONAL,OUTLINE,BENTUK,WARNA,TEKSTUR, DAN DEPTH. MENCIPTAKAN HUBUNGAN KOMPOSISIONAL. MEMBERIKAN, KESEIMBANGAN, HARMONI, DAN KONTRAS.
KARAKTERISTIK CAHAYA EMPAT KARAKTERISTIK CAHAYA TERDIRI DARI; KUALITAS ARAH SUMBER BRIGHTNESS
KUALITAS CAHAYA SUMBER CAHAYA TERDIRI DARI CAHAYA ALAMI DAN BUATAN, TERDIRI DARI DUA JENIS; HARD (CAHAYA KUAT) KELEBIHAN MENUNJUKKAN BENTUK & TEKSTUR SOFT (CAHAYA LEMBUT) CENDERUNG BERSIFAT MERUSAK TEKSTUR
KATAGORI CAHAYA HIGH KEY: LOW KEY: KATAGORI SEBUAH SHOT/ GAMBAR YANG BERCAHAYA TERANG ATAU TANPA BAYANGAN. KESAN CERIA LOW KEY: KATAGORI SEBUAH SHOT/ GAMBAR DENGAN DAERAH BAYANGAN YANG LUAS DENGAN HIGHLIGHT SANGAT SEDIKIT. Kesan suram, mencekam dan misterius
PENGGUNAAN WARNA PENGGUNAAN WARNA MENIMBULKAN KESAN; MERAH -WARNA PANAS BIRU-WARNA SEJUK DLL
THREE POINT LIGHTING KEY LIGHT FILL BACKLIGHT CAHAYA LANGSUNG YANG KUAT DAN TUNGGAL MEMBERIKAN BENTUK DAN STRUKTUR TERBAIK TERHADAP SEBUAH SHOT. FILL CAHAYA UNTUK MEMPERHALUS MOOD SHOT DARI BAYANGAN KUAT YANG TERBENTUK KARENA KEY DITEMPATKAN. BACKLIGHT SUMBER CAHAYA KUAT DARI BELAKANG.
BASIC LIGHTING POSITION
POTRAIT MAIN LIGHT-FILL LIGHT
BACKGROUND LIGHT POSITION
HAIR LIGHT POSITION
SIDE LIGHTING RIGHT POSITION
BUTTERFLY LIGHTING POSITION
RIM LIGHTING POSITION
BEAUTYFUL LIGHT STRONG OF LIGHT
KOREKSI WARNA MENGGUNAKAN FILTER WARNA FILTER JINGGA (ORANGE); MENGKONFERSIKAN CAHAYA MATAHARI KE TUNGSTEN DAN MERUPAKAN FILTER YANG PALING SERING DITEMUKAN TERHUBUNG DENGAN JENDELA-UNTUK SHOT INTERIOR. FILTER BIRU (BLUE); MENGKONFERSIKAN TUNGSTEN KE CAHAYA MATAHARI DAN SERING DIGUNAKAN PADA LAMPU TUNGSTEN.
END TERIMA KASIH