Pertemuan #1: Software & Software Engineering

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
Advertisements

Rekayasa Perangkat Lunak 1
Perencanaan Perangkat Lunak
Aturan dan Tanggung Jawab Tim Pilihan-pilihan berikut dapat diambil untuk menerapkan sumber daya manusia kepada sebuah proyek yang akan membutuhkan n manusia.
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
The Product and the Process CHAPTER 1 The Product Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGETAHUAN PERANGKAT LUNAK & REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Managing Software Requirement 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Teknologi Sistem Informasi C
Membangun Sistem Informasi ERP
Rekayasa Perangkat Lunak 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Perangkat Lunak 1.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Enginer)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
Sistem Penunjang Keputusan
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
Pemodelan Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : BERI PERIMA, S. Kom
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Materi Habis Uts IMK Prototyping
RPL.
Software Engineering ( Pressman )
Rekayasa Kebutuhan Software
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK ( RPL )
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Membangun Sistem Informasi ERP
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Membangun Sistem Informasi ERP
Software Engineering ( Pressman )
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Bagian 1
04 Membangun Sistem Informasi ERP Tahapan SDLC Hata Maulana, M.T.I.
(SOFTWARE ENGINEERING)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perencanaan Perangkat Lunak
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
ANALISA & PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
11/15/2018 Pertemuan 1 Siti Mukaromah,S.Kom.
Pengenalan Perangkat lunaK
Pengenalan Perangkat lunaK
Pustaka Wajib Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition, McGraw-Hill, 2008 Sommerville, I., Software Engineering 8th.
Pengantar Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

Pertemuan #1: Software & Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak – SIF317 Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7/e, Roger S. Pressman Software Engineering 9/e, Ian Sommerville Marcello Singadji

Perangkat Lunak Perangkat lunak adalah (1) petunjuk (program komputer) yang ketika dijalankan menyediakan fitur yang diinginkan, fungsi, dan kinerja; (2) struktur data yang memungkinkan program untuk memanipulasi data/informasi dan (3) dokumentasi yang menggambarkan operasi dan penggunaan program.

Perangkat Lunak Produk Perangkat lunak berdasarkan pemakai dibagi menjadi 2 macam sebagai berikut : Produk Generik, yaitu sistem stand-alone standar yg diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual ke pasar terbuka ke siapapun yg membelinya. Biasa disebut sebagai software shrink-wrapped. Contoh : pengolah kata,Dll. Produk Spesifik, yang dibuat dan dijual sesuai pesanan dari pemakai. Produk pesanan (yang disesuaikan). Sistem yg dipesan oleh pelanggan tertentu. Dikembangkan khusus bagi pelanggan oleh kontraktor perangkat lunak. Contoh : Sistem untuk mendukung proses bisnis tertentu dan sistem kontrol lalu lintas udara.

Perangkat Lunak Produk Perangkat lunak berdasarkan fungsional dibagi menjadi 4 macam, sebagai berikut : Interfacing : Perangkat lunak ini menghubungkan suatu perangkat keras tertentu, seperti hardware driver, interfaces dengan perangkat keras lain. Contoh : Driver untuk Kamera, Handphone atau perangkat keras lainnya, Program interface seperti Sensor Suhu dengan LM555, PPI 8255, Komunikasi Serial RS232. Operating System : Perangkat lunak yang menjalankan sistem komputer dan merupakan interface dari sistem komputer dan program aplikasi yang berjalan diatasnya. Beberapa OS yang dikenal secara luas : Microsoft Windows, Linux dan varians- nya seperti Redhat, SuSE, Mandrake, Debian, dsb. Unix, FreeBSD,Macintosh (Apple)

Perangkat Lunak Program Aplikasi : program ini digunakan untuk keperluan tertentu, yang tujuannya membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Program ini yang banyak dibahas dalam pembuatan perangkat lunak. Program Aplikasi ini tergantung pada kebutuhan dari program itu sendiri, seperti: Program Office, Program Graphics Design, Program Multimedia dan lain-lain CASE (Computer-Aided Software Engineering) adalah berbagai macam program yang digunakan untuk mendukung semua kegiatan perangkat lunak seperti analisis persyaratan, permodelan sistem, debugging, dan pengujian. CASE bisa terdiri dari : Editor untuk notasi yang digunakan, Modul analisis untuk memeriksa model sistem dan membuat dokumentasinya. CASE bisa mencakup generator kode,CASE yang hanya terdiri dari editor dinamakan Lower-CASE

Karakteristik Perangkat Lunak Perangkat lunak tidak akan susut atau aus, serta tidak memerlukan suku cadang. Perangkat lunak diperoleh melalui proses pengembangan/ rekayasa, bukan melalui fabrikasi dalam artian sebenarnya. Dikembangkan melalui tahapan Perencanaan, Analisis, Perancangan, Penulisan Program, Pengujian dan Pemeliharaan (Software Life Cycle) Rancangan yang buruk berakibat pada peningkatan biaya pemeliharaan perangkat lunak. Kegagalan pada perangkat lunak disebabkan oleh kesalahan pada rancangan dan implementasi, bukan karena susut atau aus.

Kelompok Software berdasarkan Fungsi System Software, yaitu sekumpulan program yang dibuat untuk melayani program lainnya. Misalnya : compiler, dan program manajemen utilities. Real Time Software, yaitu Program yang memonitor atau menganalisa atau mengontrol aktifitas sehari-hari secara real time. Business Software, yaitu software yang digunakan dalam aplikasi bisnis dimana software ini mampu mengakses satu atau beberapa database yang berisi informasi bisnis untuk membantu manajemen mengambil keputusan Enginering and Scientific Software yaitu software yang digunakan dalam aplikasi teknik, batasan aplikasinya mulai dari astronomi sampai vulkanologi, dari otomotif sampai pesawat ruang angkasa, dari molekul biologi sampai automated manufacturing.

Kelompok Software berdasarkan Fungsi Embeded Software yaitu software yang digunakan untuk mengontrol proses dalam pabrik & biasanya disimpan didalam ROM (Read Only Memory). Misalnya: key pad untuk mengontrol microwave oven. Personal Computer Software yaitu software untuk aplikasi komputer untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Misal: Wordprocessing, spreadsheet, computer graphic, multimedia, entertaintment, database management, personal and business financial application, akses database atau jaringan external, dan lain-lain. Artificial Intelligent Software yaitu software untuk kecerdasan buatan yang menggunakan algoritma non numerik untuk menyelesaikan permasalahan yang komplek. Areal AI yang aktif dikenal dengan expert system atau knowledge based system.

Permasalahan yang dihadapi pemakai perangkat lunak Kompleksitas permasalahan yang dihadapi meningkat, sejalan dengan perkembangan usaha dan organisasi Banyaknya alternatif solusi yang ditawarkan pada pemakai. Teknologi sistem komputer yang berkembang dengan cepat, terutama perangkat keras, berakibat masa pakai semakin singkat. Perangkat lunak aplikasi harus terwujud dalam waktu relatif singkat, pemakai tidak dapat menunggu terlalu lama. Pemakai tidak dapat atau sukar untuk merumuskan spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan.

Software Aplikasi system software application software engineering/scientific software embedded software product-line software WebApps (Web applications) AI software

Hal Yang Menjadi Perhatian Biaya Pengembangan, setiap rupiah yang dikeluarkan untuk mengembangkan perangkat lunak harus jelas manfaat langsung dan tidak langsung dari perangkat lunak yang dihasilkan. Produktivitas Pengembangan, Perangkat lunak harus dihasilkan dalam waktu yang pendek, karena pengguna memerlukan solusi yang cepat. Sangat sukar bagi pemakai dalam menentukan spesifikasi perangkat lunak aplikasi yang diperlukan. Kualitas Perangkat Lunak, Menentukan kehandalan sistem komputer. Mempengaruhi unjuk kerja sistem. Menentukan apakah perangkat lunak mudah untuk dipelihara dan dikembangkan. Pemeliharaan Perangkat Lunak, Fine Tuning. Memperbaiki, karena ada kesalahan (bugs) pada perangkat lunak. Menyesuaikan dengan perubahan perangkat keras dan system software. Penyesuaian terhadap perkembangan dunia usaha dan organisasi.

Software—New Categories Open world computing—dimana-mana, terdistribusi Ubiquitous computing—jaringan nirkabel Netsourcing—web sebagai mesin komputasi Open source—”free” terbuka untuk dikembangkan Dan lain-lain: Data mining Grid computing Cognitive machines Software for nanotechnologies

Legacy Software Mengapa harus berubah? Software harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dan teknologi baru. Software harus dirancang ulang agar layak dalam lingkungan jaringan. Software harus ditingkatkan agar ketika diimplementasikan dapat dioperasikan dengan sistem lain yang lebih modern dan penggunaan database.

Framework Proses Komunikasi Perencanaan Modeling Konstruksi Deployment Analisis kebutuhan Desain Konstruksi Coding Testing Deployment

Payung Aktifitas Manajemen proyek perangkat lunak Tinjauan teknis Formal Jaminan kualitas perangkat lunak Mengatur konfigurasi perangkat lunak Persiapan dan produksi Mengatur penggunaan Pengukuran Manajemen risiko

Referensi Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7/e (McGraw-Hill 2009), Roger Pressman