UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMBANGUNAN SOSIAL Fadli Abdul Aziz ( )
Advertisements

Kuliah ke 4 Kwn Identitas Nasional.
TEORI ANTROPOLOGI NON POSITIVISTIK
Sosial, Budaya dan Perilaku Kesehatan
Perubahan Sosial.
Pengantar Antropologi Ragawi
Oleh: JAGAD ADITYA DEWANTARA L.
Strukturalisme Genetik
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
KONSEP DASAR GEOGRAFI KEBUDAYAAN (SDM) FISIS/ALAM ORGANISASI.
Komunikasi verbal.
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
Identitas Nasional.
Sosiologi Antropologi Pendidikan
Perkembangan Antropologi Oleh: Coleman dan Helen
(2)KARAKTERISTIK IPS SD
PERTEMUAN KE-6 Lanjutan Aliran-aliran Filsafat Hukum : Mazhab Sejarah, Sosiological Jurisprudence, Pragmatic Legal Realism.
ETNISITAS RESTU RAHMAWATI, MA.
DRA.HJ.ARIATI PAKAYA, MPd
SOSIO ANTROPOLOGI KESEHATAN
Teori ETNISITAS.
Kelembagaan Pertanian
ANTROPOLOGI Minggu ke 3.
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
BATASAN TEORI SOSIOLOGI PERDESAAN
Minggu ke 2 LIA AULIA FACHRIAL, S.Psi., M.Si
Identitas Nasional.
ANTROPOLOGI Sejarah – Pengertian - Cabangnya
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
Minggu ke I Lia Aulia Fachrial, S. Psi., M. Si
Pertemuan ke-11 TERAPAN DAN ANTROPOLOGI PEMBANGUNAN
ANTROPOLOGI SOSIAL Oleh: Tim Pengajar Dra. Winati Wigna, MDS
Muhammmad Noor Hidayat
Dinamika Kebudayaan surono.
Ruang lingkup antropologi
Antropologi.
D. Hubungan antara Antropologi-Sosial dan Sosiologi
What is Antropology ? Why Antropology? What for ?
PENELITIAN SEJARAH.
Teori ETNISITAS.
C DASAR-DASAR PENELITIAN SEJARAH.
KEBUDAYAAN Antarin Prasanthi.
Perubahan yang Terjadi pada Masyarakat
“ SEJARAH PAHAM KEBANGSAAN BANGSA INDONESIA”
STRUKTUR SOSIAL OLEH SRI SUNTARI
MASYARAKAT DAN SISTEM SOSIAL
Diskripsi Keberagaman Bangsa Indonesia
ETNOGRAFI Disusun Oleh : Dicky ( NIM : )
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
Komunikasi verbal.
KEDUDUKAN ANTROPOLOGI SOSIAL DALAM ANTROPOLOGI
APA DAN BAGAIMANA ANTROPOLOGI
ANTROPOLOGI BUDAYA (Pertemuan Kedua)
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
Aliran Pemikiran Tentang Sosíologi Hukum
HUBUNGAN ANTROPOLOGI DENGAN ILMU SOSIAL LAINNYA
Antropologi Minggu ke 2.
TIPE – TIPE KELEMBAGAAN
#Materi 1 Dosen: Lusy Pratiwi, S.Tr.Keb. Pengertian ilmu budaya dasar menurut beberapa ahli : 1. Menurut Herskovits, ilmu budaya dasar adalah sebagai.
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
Sesi 3 : Aspek Sosial Budaya Perilaku Kesehatan
TEORI DAN METODE PENELITIAN
ANTROPOLOGI.
TEORI DAN METODE PENELITIAN ANTROPOLOGI BUDAYA
Sesi 3 : Aspek Sosial Budaya Perilaku Kesehatan
“PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL”
PROSES PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN. SEBAGAIMANA DIKETAHUI BAHWA KEBUDAYAAN ADALAH HASIL CIPTA, KARSA DAN RASA MANUSIA OLEH KARENANYA KEBUDAYAAN MENGALAMI.
Transcript presentasi:

UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA TOKOH ANTROPOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA 2017

MEMBER PRESENTASI LUKAS ARIES C.K SHEILLANI MAULINA 17071253 17071127 GRACEILLA ANGELICA 17071253 LUKAS ARIES C.K MEMBER PRESENTASI 17071127 SHEILLANI MAULINA 17071236 EFRASIA FILDE BONE 17072163 MUHAMMAD GUSTAVITO 17071254

Alfred Radcliffe-Brown BAPAK ANTROPOLOGI SOSIAL MODERN Sparkbrook , Birmingham, Inggris 17 Januari 1881-1955 The Social Organization of Australian Tribes (1930) The Andaman Islanders (1922)

MENGEMUKAKAN TEORI STRUKTURALISME Struktur sosial itu adalah suatu rangkaian kompleks dari relasi-relasi sosial yang berwujud dalam suatu masyarakat, struktur sosial itu mencakup seluruh hubungan antara individu-individu pada saat tertentu, oleh karenanya struktur sosial itu merupakan aspek non-prosesual dari sistem sosial, isinya adalah keadaan statis dari sistem sosial yang bersangkutan.

YANG MEMPENGARUHI KAYAKINAN MEREKA TERHADAP ALAM Radcliffe-Brown  menerangkan bahwa Masyarakat yang hidup di tengah-tengah alam semesta sebenarnya terdiri dari serangkaian gejala-gejala yang dapat kita sebut gejala sosial KARENA MASING – MASING TEMPAT YANG MEREKA TINGGALI MEMPUNYAI SUMBER DAYA ALAM YANG BERBEDA – BEDA PULA YANG MEMPENGARUHI KAYAKINAN MEREKA TERHADAP ALAM

Metodologi Deskripsi Agar Suatu masyarakat dapat hidup langsung, maka harus ada suatu sentimen dalam jiwa para warganya yang merangsang mereka untuk berperilaku sesuai dengan kebutuhan masyarakat Tiap unsur dalam sistem sosial dan tiap gejala/benda dengan demikian mempunyai efek solidaritas menjadi pokok orientasi dari sentimen tersebut

Metodologi Deskripsi Sentimen itu ditimbulkan dalam pikiran individu warga masyarakat sebagai akibat pengaruh hidup masyarakatnya Adat Istiadat upacara adalah wahana dari sentimen untuk diekspresikan secara kolektif dan berulang Ekspresi kolektif dari sentimen memelihara intensitas sentimen dan akan diteruskan kegenersi berikut

Konsep Radcliffe-Brown Mengenai Hukum adalah suatu sistem pengendalian sosial yang hanya muncul dalam kehidupan masyarakat yang berada dalam suatu bangunan Negara, karena hanya dalam suatu organisasi sosial seperti Negara terdapat pranata-pranata hukum seperti polisi, pengadilan, penjara dan lain sebagainya.

MENJADI WARGA NEGARA AMERIKA 1892 Franz Boas Sebagai filolog kehormatan di Biro etnologi amerika yang mendominasi antropologi washington BAPAK ANTROPOLOGI AMERIKA The Maind of Primitive Man (1911) JERMAN 9 JULI 1858 – 21 DESEMBER 1942 MENJADI WARGA NEGARA AMERIKA 1892

Dalam bukunya yang berjudul The Maind of Primitive Man (1911), ia menegaskan dirinya menentang rasialisme dengan mengeluarkan argumen bahwa variasi dari fenotipe dalam sebuah ras tidak dapat dijadikan justifikasi untuk melihat  tingkatan kemajuan suku bangsa (ethnocentrism) sebagai yang terbelakang (inferior) dan suku bangsa yang cukup maju (superior).

relativisme kebudayaan (cultral relativism) Semua kebudayaan adalah sama dan dapat dibandingkan antara satu dengan yang lainnya, sehingga tidak ada bagi Boas yang disebut kebudayaan terbelakang atau maju. Semua kebudayaan harus dipandang sebagai dirinya sendiri Boas juga mempublikasikan kritikannya terhadap berbagai tuduhan terhadap kebudayaan terbelakang (rasialisme) dalam artikel yang berjudul The Limitations of The Comparative Method of Anthropology (1896). 

Boas berpendapat bahwa untuk memahami "apa yang" - dalam antropologi budaya, ciri-ciri budaya tertentu (perilaku, kepercayaan, dan simbol) - orang harus memeriksa mereka dalam konteks lokal mereka. Dia juga memahami bahwa sebagai orang bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain, dan karena perubahan konteks budaya dari waktu ke waktu, unsur-unsur budaya, dan makna mereka, akan berubah, yang membuatnya menekankan pentingnya sejarah lokal untuk analisa budaya.

Difusi Kebudayaan Difusi kebudayaan dimaknai sebagai persebaran kebudayaan yang disebabkan adanya migrasi Model Boas dikenal dengan nama ‘partikularisme historis’ dimana di dalamnya telah melahirkan konsep-konsep baru mengenai kajian kebudayaan, seperti kulturkreis atau daerah atau lingkungan dan kulturschichten atau lapisan kebudayaan dan usia. Partikularisme historis : melakukan ekspedisi ke wilayah-wilayah pedalaman Amerika dan mengumpulkan bahan-bahan etnografi yang digunakannya untuk menyusun beragam karangannya mengenai kebudayaan. Untuk menguatkan pandangan-pandangannya mengenai kebudayaan, Boas menyatakan bahwa penelitian difusi kebudayaan harus diarahkan hanya pada daerah-daerah tertentu saja dan apa yang mengemuka dalam komunitas kebudayaan tertentu tersebut harus diperhatikan secara seksama dan seteliti mungkin

TERIMA KASIH