Studi Kasus Penjualan Online

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 8 collaboration diagram
Advertisements

STUDI KASUS PROSES BISNIS OPERASI
Analisis & Informasi Proses Bisnis (CSA221)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pertemuan 4 Use Case dan Aktor
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Sistem Informasi Perpustakaan
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Perancangan Sistem Diagram Kolaborasi.
PEMODELAN PROSES.
Unified Modelling Language (UML)
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI PENJUALAN & PEMBELIAN Handicraft shop
Architecture dan design
USE CASE DIAGRAM.
USE CASE DIAGRAM.
Sequence diagram.
USE CASE DIAGRAM.
Diagram Interaksi - Sequen Diagram
Oleh Nama : Rindriana Martasari Putri NIM :
SEQUENCE DIAGRAM.
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Sequence dan Collaboration
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Rekayasa Perangkat Lunak Use Case
Unified Modeling Language [UML]
Soal Kuis I PSBO.
USE CASE DIAGRAM.
USE CASE DIAGRAM.
Sequence Diagram.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pemodelan objek.
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
Use Case Scenario Object Oriented Analyzis & Design
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Robustness Diagram dan Sequence Diagram
Pengenalan Analisa Desain
Pengenalan UML.
PERTEMUAN 2 DATA FLOW DIAGRAM DATA FLOW DIAGRAM.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN (Cash)
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Pemodelan Sistem Bisnis
Pertemuan 7.
Use Case Diagram.
Tugas Perorangan Service Elektronik “Pasti” menerima reparasi barang-barang elektronik seperti Radio, VCD, Televisi dan Tape. Setiap ada pelanggan yang.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pemograman Berorientasi Objek Si-3
E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan
Pemodelan Sistem Teknologi Informasi
SISTEM INFORMASI PEMBELIAN
Unified Modelling Languange (UML)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Suplemen collaboration diagram component diagram
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB PADA
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA DISTRO DETROIT DI BANDUNG
Pemodelan Sistem PL.
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
Analisa Desain Berorientasi Objek
Perancangan Berorientasi Objek (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perancangan Berorientasi Objek (UML)
Rekayasa Perangkat Lunak Bag-2
Transcript presentasi:

Studi Kasus Penjualan Online 11/12/2018

Pengantar Berorientasi objek atau Object oriented merupkan paradigma baru dalam rekayasa perangkat lunak. Paradigma ini memandang sistem sebagai kumpulan objek-objek diskrit yang saling berinteraksi satu sama lain. Berorientasi objek juga bisa bermakna kegiatan mengorganisasikan perangkat lunak sebagai kumpulan objek-objek diskrit yang bekerja antara informasi (atau struktur data) dan perilaku (behavior) yang mengaturnya. Objek adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita. Objek lah yang menyusun dunia ini, misalkan mobil, motor, becak, sepeda adalah contoh –contoh objek kendaraan, kucing, harimau singa, ayam adalah objek-objek binatang. 11/12/2018

Penjualan Online Sebuah toko komputer menawarkan pemesanan komputer lewat internet. Pelanggan dapat memilih komputer lewat halaman web toko tersebut. Komputer yang dijual diklasifikasikan menjadi server, PC dan notebook. Untuk melakukan pemesanan, pelanggan harus mengisi informasi pengiriman dan pembayaran. Pembayaran yang diperbolehkan adalah menggunakan kartu kredit atau tunai (cash). Setiap kali sebuah pemesanan dimasukkan, sistem akan mengirimkan email konfirmasi kepelanggan dengan rincian pemesanan. Sambil menunggu barang dikirim, pelanggan bisa memantau status pemesanannya secara online setiap waktu. 11/12/2018

Requirement actor dan use case pada belanja online 11/12/2018

Use Case 11/12/2018

Pemodelan Aktivitas 11/12/2018

Activity Diagram 11/12/2018

Pemodelan Class 11/12/2018

Class Diagram 11/12/2018

Sequence Diagram Gambar pada slide berikut adalah sequence diagram untuk ‘DisplayCurrentConfiguration’. Saat pelanggan memilih menu Display Current Configuration sebuah message OpenNew dikirim ke boundary class:ConfigurationWindow. Hasilnya adalah membuat (instantiate) objek:ConfigurationWindow yang baru. Objek:ConfigurationWindow perlu untuk menampilkan dirinya sendiri dengan data-data konfigurasi. Oleh karena itulah sebuah message dikirim ke objek:Komputer. Faktanya:komputer adalah objek dari class StandardComputer atau ConfiguredComputer. Jadi Komputer adalah abstrak class. Objek :Komputer menggunakan output argumen item_rec untuk mengkomposisi dirinya sendiri dari objek:KonfigurasiItem. Hasilnya adalah konfigurasi item yang dikirimkan ke:ConfigurationWindow sebagai argumen input item dari message DisplayComputer. Objek:ConfigurationWindow sekarang bisa menampilkan dirinya sendiri. 11/12/2018

Sequence Diagram Sequence diagram untuk ‘Display Current Configuration’ 11/12/2018

Statechart Diagram Dari model use case dapat diketahui bahwa pelanggan menentukan cara pembayaran dengan cash atau kredit, akan tetapi use case tidak menjelaskan kapan pembayaran tersebut akan diterima. Dari class diagram dapat diketahui bahwa faktur atas pesanan dibuat oleh bagian penjualan dan selanjutnya dikirimkan ke bagian gudang dan bagian gudang akan mengirimkan faktur tersebut bersama dengan komputer pesanannya. Statechart diagram biasanya disambungkan dengan class meski tidak menutup kemungkinan untuk disambungkan dengan use case. Ketika disambungkan ke class, diagram tersebut menentukan bagaimana objek tersebut bereaksi terhadap event. Lebih tepatnya action apa yang akan dilakukan oleh objek ketika menerima sebuah event. Bisa jadi objek yang sama akan melakukan action yang berbeda tergantung pada state objek tersebut. 11/12/2018

Statechart Diagram Statechart diagram untuk class ‘Faktur’ 11/12/2018

ANALISA PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK 11/12/2018

SELESAI 11/12/2018