Aditya Permana FAKULTAS DESAIN UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ANAK KELAS 6 SD DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3
Advertisements

RUBIK DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN TENTANG CARA MENYELESAIKAN for further detail, please visit
“Pembuatan Video Pengenalan Huruf Dengan Bahasa Inggris Menggunakan Rio Adrian S, for further detail, please visit
APLIKASI TATA CARA WUDHU DAN SHALAT UNTUK ANAK Muhammad Ilham A
METAMORFOSIS PADA HEWAN KATAK DAN KUPU-KUPU DENGAN PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG for further detail, please visit
Aplikasi Pengenalan Pahlawan Indonesia Menggunakan Macromedia Flash 8 Fina Rahmadianti, for further detail, please visit
BAWAH DENGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 APLIKASI PEMBELAJARAN ARITMATIKA UNTUK ANAK BERUSIA 7 TAHUN KE for further detail, please visit
ANAK USIA TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA APLIKASI CD INTERAKTIF MELUKIS DAN MEWARNAI UNTUK for further detail, please visit
APLIKASI Dwi Mulyani for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA Ibnu Hidayat,
PENERAPAN APLIKASI TUTORIAL FISIKA UNTUK SLTP DAN Ibnu Sina,
PEMBUATAN GAME “PETUALANGAN TUX” DENGAN MENGGUNAKAN Rahmi Haditama
APLKASI CD INTERAKTIF PENGENALAN BUAH-BUAHAN DAN Gumpar Tri Caesar
MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 CD INTERAKTIF BELAJAR SHALAT LIMA WAKTU DENGAN for further detail, please visit
Menggunakan Macromedia Flash MX Pembuatan CD Interaktif Untuk Mengenal
Corporate Social Responsibility
APLIKASI for further detail, please visit
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
Iwan Suprat Riyanto for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI PRODUK “EAT347” DISTRO Freddy Harahap
PERANCANGAN MEDIA INFORMASI BUKU “MENGENAL GERHANA DAN RAHASIA-NYA”
PEMBUATAN CD INTERAKTIF UNTUK MENGENAL BERHITUNG, BUAH Maria Luciana Daniel for further detail, please visit
MODUL for further detail, please visit
APLIKASI TEKNIK DASAR BILIARD MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Hartini,
LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN RAMBU RAMBU LALU for further detail, please visit
MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN for further detail, please visit
Menggunakan Adobe Flash CS 3 CD Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Tuntunan Shalat Fardhu for further detail, please visit
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGENAI SISTEM ORGAN Helmi Gustriyanto
Permainan Tradisional Engklek
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
MEMBUAT GAME METEOR JATUH DENGAN MENGGUNAKAN Ichwal Akbar
GAME MATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN MURID SD Eka Safitri Ani
APLIKASI ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN HEWAN UNTUK ANAK Sri Sumarni
CD INTERAKTIF UNTUK MENGENAL PERHITUNGAN RUMUS BANGUN DATAR Indra Gunawan, for further detail, please visit
TINGKAT SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK for further detail, please visit
PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF dan Irfan Tri Atmojo
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
PROFESSIONAL 8 PEMBUATAN APLIKASI CD INTERAKTIF KUMPULAN DOA SEHARIHARI UNTUK ANAK–ANAK MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH for further detail, please visit
APLIKASI PENGENALAN BUAH DAN SAYURAN UNTUK ANAK BALITA Nona Putri Delviana for further detail, please visit
PEMBUATAN Dhimas Yudho Anggoro
NAMA HEWAN UNTUK USIA 5 -7 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN NAMA BUAH DAN for further detail, please visit
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX”
KELAS 1 MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 2004  PEMBUATAN  APLIKASI  CD  INTERAKTIF  MATEMATIKA  UNTUK  SD  for further detail, please visit
KAPITA SELEKTA HASIL-HASIL PENELITIAN PAUD “MEMBAHAS JURNAL NASIONAL”
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
APLIKASI Rosita Vollyana,
Pembuatan Aplikasi Permainan Untuk Anak-anak Dengan Macromedia Flash 8 Muhammad Ridha for further detail, please visit
for further detail, please visit
PRA-SEKOLAH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN KOMPUTER UNTUK ANAK USIA for further detail, please visit
KEPULAUAN JAWA PEMBUATAN MEDIA INFORMASI TENTANG
PEMBUATAN CD INTERAKTIF MENGENAL ANGKA DALAM BAHASA Catur Wibisono,
MODUL N. Bericho S for further detail, please visit
Bermain dan Permainan Kelompok 5 : Dea Sita Pratiwi ( )
APLIKASI PENGENALAN ORGAN TUBUH MAKHLUK HIDUP DALAM Prastia Puspita Saputri, for further detail, please visit
BAWAH DENGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 APLIKASI PEMBELAJARAN ARITMATIKA UNTUK ANAK BERUSIA 7 TAHUN KE for further detail, please visit
DESAIN KEMASAN TELUR ASIN HTM JAYA
Bab I pendahuluan 1.1 Latar Belakang Masalah Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memilki banyak suku. Suku Batak merupakan suku.
PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati PROGRAM.
Oleh: Annisa Rully Kumalasari Nim:
Perancangan Media Informasi Silat Sabeni Kebudayaan Betawi
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
INTERAKTIF APLIKASI for further detail, please visit
PEMBUATAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN MUSIK ‘EASY BASS A
Sartika Prasasti for further detail, please visit
APLIKASI PANDUAN BELAJAR MENGENAL BILANGAN DAN Dini
MENGENALKAN DEVICE PC PADA ANAK MENGGUNAKAN MACROMEDIA Parulian Hutagaol, for further detail, please visit
APLIKASI PENGENALAN FOTOGRAFI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 7
PI. Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Aplikasi 7 Keajaiban Dunia dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 for further.
Transcript presentasi:

Aditya Permana 51909095 FAKULTAS DESAIN UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PERMAINAN TRADISIONAL "SONDAH / ENGKLEK" Aditya Permana 51909095 FAKULTAS DESAIN UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

BAB I PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang Bermain merupakan aktivitas utama bagi anak-anak Permainan Tradisional merupakan kekayaan budaya bangsa Permainan tradisional Sondah/Engklek merupakan permainan tradisional yang paling dikenal oleh anak dan mempunyai tata cara bermain yang paling bervariasi dan paling kompleks Permainan tradisional sondah/engklek pada saat ini sudah hampir punah dan sudah menjadi barang yang sangat langka Perlu adanya usaha untuk memperkenalankan permainan tradisional sondah/engklek khususnya kepada anak–anak

I.2 Identifikasi Masalah Kurang disadarinya permainan tradisional yang merupakan kekayaan budaya bangsa Kurang tersedianya informasi mengenai permainan tradisional sondah/engklek Kurang dilestarikan dan dibudayakannya permainan tradisional sondah/engklek Kurang adanya usaha untuk memperkenalankan kembali permainan tradisional sondah/engklek, khususnya kepada anak–anak

I.3 Rumusan Masalah I.4 Batasan Masalah Bagaimana cara mengenalkan permainan tradisional sondah/engklek kepada anak-anak Bagaimana merancang panduan informasi untuk permainan tradisional sondah/engklek bagi anak-anak I.4 Batasan Masalah Proses perancangan multimedia interaktif panduan permainan tradisional hingga pembuatannya yang ditujukan kepada anak- anak agar anak-anak mendapatkan informasi tentang permainan tradisional sondak/engklek serta agar anak-anak tertarik untuk memainkannya.

I.5 Tujuan Perancangan Menerapkan perancangan yang berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan animasi flash dengan gaya visual kartun, yang ditujukan kepada anak-anak. Memberikan sarana panduan informasi multimedia interaktif untuk permainan tradisional sondah/engklek bagi anak–anak agar menarik minat anak-anak untuk memainkannya

BAB II PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PERMAINAN TRADISIONAL SONDAH/ENGKLEK

II.2 Permainan Tradisional Bermain adalah setiap kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkannya, tanpa mempertimbangkan hasil akhir (Dhanumurti, 2009) II.2 Permainan Tradisional Permainan tradisional dapat diartikan sebagai satu kegiatan yang menyenangkan yang dilakukan menurut tradisi, sehingga menimbulkan rasa puas pada pelakunya. (Muhammad Zaini, 1988)

II.3 Permainan Tradisional Sondah / Engklek Permainan Sondah / engklek merupakan permainan dengan pola gambar berbentuk kotak-kotak berpalang dibuat di tanah II.3.1 Sejarah Permainan Tradisional Sondah / Engklek Permainan Sondah / engklek berasal dari Roma, Itali. Permainan ini disebut permainan Hopscotch yang mempunyai arti : Hop : melompat atau lompat Scotch : garis-garis yang berada di dalam permainan

II.3.1 Penyebaran Permainan Tradisional Sondah / Engklek Roma Wilayah Eropa Inggris Skotlandia Belanda Asia (Indonesia) Permainan tradisional "sondah / engklek" yang dikenal di Indonesia ini diyakini mempunyai nama asli ‘Zondag Maandag’

II.3.2 Cara Bermain Permainan Tradisional Sondah / Engklek Pemain terdiri dari : 1 orang atau lebih (bisa dimainkan oleh 2 regu) Pemain membuat arena kotak sondah setiap pemain memegang sepotong pecahan genteng atau batu pipih, yang disebut gacuk / kojo Gacuk / kojo dilemparkan ke dalam kotak permainan Pemain melompat-lompat dari kotak ke kotak berikutnya Kotak yang berisi pecahan genting tidak boleh diinjak olrh pemain Pemain dikatakan kalah jika menginjak garis kotak atau bagian luar kotak.

II.4 Multimedia Interaktif Multimedia interaktif adalah suatu media untuk menggantikan atau melengkapi serta mendukung unsur-unsur seperti tujuan, materi, metode, dan alat penilaian yang ada dalam proses belajar mengajar yang biasa dilakukan di lingkungan pendidikan saat ini II. 5 Media informasi Media informasi dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat menyampaikan data atau informasi yang berguna dan bermanfaat, dari pembuat informasi kepada penerimanya

BAB III STRATEGI PERANCANGAN DAN KONSEP VISUAL

III.1 Target Audience A. Demografis Usia : anak-anak usia 8-12 tahun Status sosial : menengah-atas (AB) Jenis Kelamin : Laki-laki dan perempuan B. Psikografis Anak-anak yang menyukai permainan. Anak-anak yang belum mengetahui tentang permainan tradisional sondah/engklek. Anak-anak yang menyukai permainan yang menggunakan tenaga atau anak-anak yang ingin mencoba bermain permainan tradisional.

III.1 Target Audience C. Geografis Pemilihan target audience berdasarkan geografis ditujukan kepada anak-anak di wilayah Jawa Barat khususnya di Bandung dan sekitarnya. D. Target sekunder Target sekunder untuk multimedia interaktif permainan tradisional sondah/engklek ini adalah anak-anak menengah bawah (CD) di wilayah kota bandung jawa barat yang gemar bermain dan tertarik dengan berbagai macam permainan yang dikenalkan permainan tradisional sondah/engklek ini melalui buku tutorial.

III.2 Konsep Visual Contoh konsep visual pembuatan multimedia interaktif

III.3 Ilustrasi III.4 Karakter Ilustrasi atau Gaya gambar yang digunakan pada multimedia interaktif ini adalah dengan menggunakan gaya gambar Cartoon style atau gaya gambar lucu. Seperti dikutip Wira Mahardika Putra Menurut Michael (2011), dalam komik terdapat empat klasifikasi atau aliran gaya gambar utama, diantaranya: Cartoon style, semi realism style, realism style, dan fine art style, beliau mencontohkan Doraemon, Donald Duck, Mickey Mouse dan Asterix sebagai bagian dari klasifikasi gaya gambar cartoon style. gaya illustrasi ini dipilih karena dekat dengan kehidupan anak-anak dan kebanyakan kartun memang diperuntukan untuk anak-anak. III.4 Karakter

BAB IV TEKNIS PRODUKSI MEDIA

IV.1 Media Utama Multimedia Interaktif Multimedia interaktif ini dibuat dengan menggunakan beberapa software yaitu diantaranya adobe flash yaitu software yang digunakan untuk membuat animasi flash sebagai media utama dari multimedia interaktif ini, adobe ilustrator yaitu software yang digunakan membuat animasi atau gambar untuk memenuhi gaya visual yang ditujukan kepada target audience, adobe premiere yaitu software yang digunakan untuk membuat video petunjuk sebagai media tambahan dalam multimedia interaktif ini.

Memutar Multimedia Interaktif IV.1 Media Utama Memutar Multimedia Interaktif

IV.2 Media Pendukung Buku Panduan Buku ini sebagai media pendukung dari multimedia interaktif, yang bertujuan jika anak masih belum bisa mengoperasikan multimedia interaktif, maka buku ini dijadikan sebagai option.

IV.2 Media Pendukung Alas Bermain Matras sondah/engklek yang digunakan untuk memainkan sondah/engklek di dalam dan diluar ruangan.

IV.2 Media Pendukung Tas (tempat menyimpan alas bermain) Tas ini merupakan tas untuk menyimpan petak atau alas bermain sondah/engklek agar alas bermainnya tetap rapih dan tidak rusak.

IV.2 Media Pendukung Kojo Sebuah alat (token) dalam bermain sondah/engklek yang di tambahkan desain ilustrasi agar menarik minat anak-anak.

IV.2 Media Pendukung Cover CD Yang berfungsi sebagai alat pelindung CD yang dibuat semenarik mungkin untuk menambah daya tarik dan minat anak

IV.2 Media Pendukung Pin Pin bisa menjadi media pendukung karena pin banyak disukai dan mudah untuk tempatkan pada media seperti baju, tas dan lainnya.

IV.2 Media Pendukung Stiker Stiker merupakan media yang mudah ditemukan serta mudah untuk di tempatkan sehingga stiker bisa mejadi pengantar pesan yang baik.

TERIMA KASIH