Membuat Gambar Kunci Gerak Seragam

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MELUKIS SEGITIGA.
Advertisements

BAB 5 ROTASI KINEMATIKA ROTASI
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
Assalamu’alaikum Wr.Wb
MELUKIS GARIS BAGI, GARIS BERAT, GARIS TINGGI DAN GARIS SUMBU
Gerak Melingkar by Fandi Susanto.
Lingkaran.
Gerak Melingkar.
Kesetimbangan Benda Tegar Gabungan Energi Kinetik Rotasi dan Translasi
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Kesetimbangan Benda Tegar Gabungan Energi Kinetik Rotasi dan Translasi 1 by Fandi Susanto.
ROTASI Pertemuan 9-10 Mata kuliah : K0014 – FISIKA INDUSTRI
10. TORSI.
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
KESETIMBANGAN BENDA TEGAR & TITIK BERAT
Sistem Partikel dan Kekekalan Momentum.
Kesetimbangan Benda Tegar Gabungan Energi Kinetik Rotasi dan Translasi
DINAMIKA ROTASI DAN KESEIMBANGAN BENDA TEGAR
BENDA TEGAR Suatu benda yang tidak mengalami perubahan bentuk jika diberi gaya luar F Jika pada sebuah benda tegar dengan sumbu putar di O diberi gaya.
Bab 6 Momentum Sudut dan Rotasi Benda Tegar
Produksi 3D untuk Desainer
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Berkelas.
DASAR GAMBAR TEKNIK ASWAN TAJUDDIN.
Garis Singgung Persekutuan
GERAK Harlinda Syofyan,S.Si., M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kesetimbangan dan pusat massa
SK dan KD kelas XI semester 2 SMA Dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar Fluida Teori kinetik gas Termodinamika Eko Nursulistiyo.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Fisika Dasar 2 Pekerjaan Rumah-1 Bab 1 : Hukum Coulomb.
ASSALAMU’ALAIKUM WR WB
Gerak Melingkar Kelas X , Semester I , Oleh : Supriyanto PENDAHULUAN
MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
KINEMATIKA Konsep gerak.
GERAK TRANSLASI, ROTASI DAN KESEIMBANGAN BENDA TEGAR
DINAMIKA ROTASI SMA NEGERI 12 JAKARTA KELAS XI SEMESTER 1 Oleh:
Soal dan Pembahasan EBAS Gasal Tahun Pelajaran 2010/2011
Membuat Gambar Kunci Gerak Seragam
Gerak Melingkar Beraturan (GMB)
Animasi Sederhana menggunakan Macromedia flash 8
Kinematika Partikel Pengertian Kecepatan dan Percepatan
KINEMATIKA PARTIKEL.
Gerak Melingkar PENDAHULUAN SK / KD TUJUAN FREKENSI PERIODE
Sistem Partikel dan Kekekalan Momentum.
BIOMEKANIKA.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
ROTASI BENDA TEGAR M I S T A KELAS C.
GERAK MELINGKAR v v v v x = r sin  r  x = r cos  v v v.
ROTASI KINEMATIKA ROTASI
Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
Animasi Tweening.
Science Center Universitas Brawijaya
Standar Kompetensi Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik Kompetensi Dasar Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
SUSY FEBRIYA DAN LINDA PURNAMASARI
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
DASAR GAMBAR TEKNIK MUH. SYARIF PRASETIA, ST., MT.
Variasi menggiring Menggiring bola adalah salah satu teknik mengontrol bola yang dilakukan dengan cara bola digiring dari satu tempat ke tempat lain atau.
TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah Mendengar Penjelasan siswa akan dapat menjelaskan pengertian teknik animasi tweening. Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
MOMEN GAYA DAN MOMENTUM SUDUT PARTIKEL TUNGGAL
Gerak Rotasi dan Hukum Gravitasi
Kesetimbangan Rotasi dan Dinamika Rotasi
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
ROTASI KINEMATIKA ROTASI
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
KINEMATIKA PARTIKEL.
GAMBAR TEKNIK. Tujuan Mengetahui peralatan gambar teknik dan fungsinya Mampu mengoperasikan peralatan gambar teknik secara manual.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING PROGRAM STUDI KEAHLIAN (SKILL DEPARTEMEN PROGRAM) : TEKNIK BANGUNAN (BUILDING TECHNOLOGY) KOMPETENSI.
Konsep Nilai Mutlak OLEH Agil Ari W, S.Pd.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Membuat Gambar Kunci Gerak Seragam KK 07. Menguasai Cara membuat Gambar Kunci Untuk Animasi KD 7.2. Membuat gambar kunci Membuat Gambar Kunci Gerak Seragam Jurusan Multimedia SMK

Gerak Seragam Semakin besar jarak, semakin cepat bola bergerak. Jenis paling sederhana dari gerak adalah gerak seragam; bola berat bergulir di atas meja sebagai contoh. Dalam gerak seragam, kecepatan adalah konstan sehingga jarak dari frame ke frame adalah sama. Semakin besar jarak, semakin cepat bola bergerak. 2

Gerak Seragam dan Kecepatan Waktu dan jarak menentukan kecepatan 16 km/jam 17 cm per frame 32 km/jam 38 cm per frame 48 km/jam 55 cm per frame 40 miles per hour 29 inches per frame 50 miles per hour 37 inches per frame 60 miles per hour 44 inches per frame 90 miles per hour 66 inches per frame Ini bola bowling dengan diameter 30 cm dua frame per gambar kunci (shoot 2). Berapakah kecepatan dari bola bowling? Bola menggelinding sekitar 51 cm per gambar, sehingga 25 cm per frame jadi sekitar 24 km/jam 3

Menggelinding & Menggelincir 1 2 3 4 5 6 7 Gelinding Menggulirkan bola satu putaran, jaraknya ternyata sama dengan tiga kali diameternya (diameter 3,14,16) 1 2 3 4 5 Gelincir Gelinding dan gelincir keduanya seragam dalam jarak dan rotasi 4

Tugas 1 Membuat animasi bola menggelinding di lantai dengan gerak seragam. Gerak seragam (uniform motion) adalah gerakan dengan kecepatan sama atau konstan. Bahan: Kertas Alat : Pensil, rol, jangka, dll

Langkah 1 Siapkan kertas gambar untuk membuat Lembar Dope (lembar exposure/ X) Buatlah garis frame dengan perbandingan panjang dan lebar 4:3 (PAL) Garis 4:3 di atas kertas (lembar dope)

Langkah 1 Boleh juga menggunakan penanda posisi, tanpa garis frame

Langkah 2 Buatlah garis dasar lantai dalam frame Lalu buat sebuah bola dengan sebuah lingkaran kecil sebagai titik menggunakan jangka atau di buat secara manual dengan pensil Beri tanda sebagai kunci #1 #1

Langkah 3 Buatlah garis penanda dengan jarak tiga kali diameter bola untuk kunci #4 dan #7, dst. Ingat, “bola menggelinding mencapai posisi yang sama setelah jarak tiga kali diameternya”. #1 #4 #7

Langkah 4 Buatlah gambar bola yang sama pada setiap kunci #1 #4 #7

Langkah 5 1200 Tambahkan gambar perantara dua bola setiap antara kunci (shoot 2) Posisi titik berubah sepertiga lingkaran bola 1200 dan 2400. 2400 #1 #2 #3 #4 #5 #6 #7

Langkah 6 Salinlah lembar dope menjadi lembaran- lembaran frame dengan cara menjiplak dengan kertas lain diatas dope jiplak # 1 # 2 # 3 # 4 # 5 # 6 # 7 # 1 DOPE Frame 1

# 2 Frame 2 # 3 Frame 3

Shoot 5 Dengan shoot 2 gerakan terlalu patah- patah, maka sebaiknya kita menggunakan shoot 5 atau lebih

Dengan shoot 5 sudut putaran menjadi 60o

http://www.youtube.com/watch?v=QiNz8r6JqWU

The End