Pengenalan Perangkat lunaK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Advertisements

Created By : Siti arofah, s.soS
Perencanaan Perangkat Lunak
PENDAHULUAN Pertemuan 1.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Rekayasa Perangkat Lunak 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Perancangan Perangkat Lunak
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Methods for Software Engineering
SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGETAHUAN PERANGKAT LUNAK & REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
Managing Software Requirement 1
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE ENGINEERING (Nelly Sofi).
Pengantar Teknologi Sistem Informasi C
Membangun Sistem Informasi ERP
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak 1.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
2 The Software Product.
IF36318 Rekayasa Perangkat Lunak
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Pemeliharaan Perangkat Lunak
RPL.
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
Pengenalan Software Engineering
Pengenalan Software Engineering
Rekayasa Perangkat Lunak
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Tinjauan Ringkas Konsep Basis Data
2 The Software Product.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Manajemen Proyek Pengantar Perencanaan Proyek Software
SOFTWARE ENGINEERING.
Manajemen Proyek Pengantar Perencanaan Proyek Software
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Membangun Sistem Informasi ERP
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Membangun Sistem Informasi ERP
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
ANALISA & PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Pengenalan Perangkat lunaK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
2 The Software Product.
SOFTWARE ENGINEERING (Indah Tri Handayani).
Pengantar Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

Pengenalan Perangkat lunaK Universitas Indraprasta PGRI

APA Itu Perangkat Lunak (PL)? Program komputer dan dokumen terkait seperti kebutuhan, model-model rancangan dan user manual. Produk PL dibangun  Umum  Sistem yg diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual ke pasar terbuka ke siapapun yg membelinya. Contoh : word, Excel. Pesanan  Sistem yg dipesan oleh pelanggan tertentu. Dikembangkan khusus bagi pelanggan oleh kontraktor perangkat lunak. PL baru dapat dibuat dengan mengembangkan program baru, mengatur sistem PL umum atau menggunakan kembali PL yang ada

Karakteristik PL PL dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik Perangkat lunak tidak pernah usang Sebagian besar perangkat lunak dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang sudah ada. Dengan berkembangnya OOP, pengembangan software berbasis komponen semakin banyak dilakukan.

Evolusi PL

Tipe PL System Software Real-time Software Business Software Engineering & Scientific Software Embedded Software PC Software Web-based Software Artificial Intelligence Software

System Software Sistem Software adalah PL yang berfungsi untuk melayani PL lainnya Tugas utama : resource sharing, scheduling, manajemen proses, interface eksternal, dll. Contoh : compiler, utility manajemen file, komponen-komponen operasi, driver, dan sebagainya.

Real-Time SOFTWARE PL yang berfungsi untuk memonitor/ menganalisis/mengontrol kejadian-kejadian dalam “real world”

SofTware Bisnis Merupakan daerah aplikasi software terbesar Dibuat untuk mempercepat proses bisnis dan mempermudah pengambilan keputusan Berhubungan dengan database yang besar Contoh : MyOB, Accurate

SoFtWARE Embedded Produk-produk mekanik/elektronik semakin “pintar” karena dilengkapi dengan prosesor dan software yang embeded didalamnya. PL biasanya disimpan dalam ROM/EPROM PL melakukan fungsi-fungsi yang sederhana Contoh : VCR, televisi, mesin cuci, dashboard mobil, dsb

Sofware Web-Based PL Web-based pada prinsipnya merupakan kombinasi dari bahasa untuk memformat dokumen (HTML) serta instruksi-instruksi yang dinyatakan dalam bentuk CGI Java Perl

Software Intelligence PL Intelligence adalah PL yang dapat menggantikan sebagian fungsi kecerdasan. Salah satu bentuk aplikasi yang populer adalah “Expert System”.  C/o : Expert Choice, Superdecision Berkembang pula “Artificial Neural Network”

Harga PL Harga PL sering didominasi oleh biaya-biaya sistem komputer. Biaya-biaya software pada PC > Biaya H/w. Biaya PL lebih digunakan untuk memelihara dibandingkan saat awal membangun PL tsb. Harga pemeliharaan bisa beberapa kali lipat untuk hidup PL lebih lama. Alasan  saat pengembangan, desain kode menjadi sulit Pembangunan PL berkaitan dengan biaya efektif

Apa Ciri-ciri PL yang Baik? PL harus sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan dan dijalankan serta harus dapat dipelihara, diandalkan dan diterima oleh user. Pemeliharaan PL harus berkembang untuk memenuhi perubahan kebutuhan Dapat diandalkan PL harus dapat dipercaya Efisiensi PL tidak boleh menyia-nyiakan penggunaan sumber daya sistem. Dapat diterima PL harus diterima oleh user ketika telah dirancang  dimengerti, dapat digunakan dan cocok dengan sistem lain.

Krisis PL Kegagalan PL dimana : Melebihi anggaran Terlambat Tidak memenuhi harapan dan kebutuhan user Tidak memenuhi persyaratan fungsional atau kinerja Tidak memenuhi persyaratan mutu

Contoh Kegagalan PL State of California: $40M DMV project $44M Prison software system $100M State child support system $10B FAA modernization project UK tax filing system

Contoh Kegagalan PL yang fatal Di tahun 1988, sebuah kapal laut Amerika menembakkan peluru kendali dan menjatuhkan sebuah pesawat yang di identifikasi sebagai musuh. Ternyata pesawat yang ditembak adalah sebuah pesawat komersial Airbus A 320 yang sangat jauh berbeda dengan pesawat musuh. Akibatnya 290 penumpang pesawat tersebut tewas. Angkatan laut Amerika menyalahkan sistem penjejak ( tracking software ) yang memperagakan output yang tidak dapat dimengerti (cryptic) sehingga mengambil kesimpulan yang salah.

Apa penyebab Krisis PL? Kebutuhan S/w tidak cocok untuk menggambarkan kebutuhan atau harapan user Perencanaan proyek sering tidak realistis, tidak lengkap atau diabaikan Biaya proyek dan estimasi jadwal diremehkan atau ditetapkan oleh dekrit manajemen Kualitas S/w sulit untuk ditentukan, didesain, dan dibangun Kemajuan pembangunan S/w sulit untuk dilihat  tdk diketahui. Perubahan persyaratan tidak disertai dengan perubahan dalam rencana S/w Desain berubah tanpa mengubah persyaratan Standar tidak digunakan atau didokumentasikan

Bagaimana Pemecahannya?  Rekayasa Perangkat Lunak

APA ITU Rekayasa Perangkat Lunak? Rekayasa PL adalah disiplin ilmu tehnik yang terfokus pada semua aspek produksi software. Insinyur PL harus mengadopsi pendekatan yang sistematis dan terorganisir utk pekerjaan mrk dengan menggunakan alat dan teknik untuk bertahan pada masalah yang akan dipecahkan berdasarkan kendala pengembangan dan sumberdaya yang tersedia. Membangun PL tanpa menggunakan Rekayasa Perangkat Lunak seperti membangun mobil dengan hanya mengambil alat dan besi.

Apa Itu Rekayasa PL? Aplikasi ilmu komputer praktis, tehnik manajemen, dan keterampilan lainnya seperti : desain, pembangunan, dan pemeliharaan. Semua itu didokumentasikan. Aplikasi metode sistematik, alat dan tehnik untuk mencapai kebutuhan atau sasaran sistem software Aplikasi system engineering untuk pembangunan software Menggunakan teknik disiplin untuk mengurangi masalah keterlambatan pengiriman, biaya yang membengkak, dan gagal memenuhi kebutuhan/persyaratan Dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan pemberi modal.

Rekayasa PL Untuk membangun sebuah sistem : Difinisi masalah ( analisa kebutuhan) Analisa solusi (desain software) Proses perencanaan Proses control Proses evaluasi (verifikasi, validasi, dan pengujian)

Gambaran Rekayasa PL

Pemrograman vs Rekayasa PL Pemrograman ≠ Rekayasa PL Pemrograman tanpa Rekayasa Perangkat Lunak = menghack

Elemen software engineering (IEEE CSDP Exam) Professionalism, economics, ethics S/w requirements S/w design S/w construction S/w testing S/w maintenance S/w configuration management S/w engineering management S/w engineering processes S/w engineering tools and methods S/w quality