Past, Present, and Future of User Interface Software Tools

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KOMPUTER HARDWARE.
Advertisements

Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
PENGERTIAN KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
PENGENALAN SISTEM OPERASI
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Graphical User Interface (GUI)
Pemograman 1 Pertemuan 1.
Protyping IMK-M5.
} Program Aplikasi Perkembangan Komputer Grafik
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
Teknologi Informasi.
PERANCANGAN ANTARMUKA ATAU LAYAR.
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Bab 4 SOFTWARE KOMPUTER.
Bina Sarana Informatika
Pengenalan Pemrograman Komputer
TEKNOLOGI INFORMASI & SFTWARE KOMPUTER (Materi 5 & 6)
PENGANTAR PEMROGRAMAN VISUAL BASIC
Graphical User Interface (GUI)
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
PERANGKAT LUNAK Software.
Komponen teknologi informasi
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Pengenalan Pemrograman Komputer
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Pengenalan Pemograman Komputer
Pengenalan Sistem Operasi
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
Pemrograman User Interface
Desain User Interface dan Input
KONSEP INTERFACE
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
Pendahuluan.
Interaksi Manusia & Komputer
TEKNOLOGI INFORMASI Jenis-jenis sistem komputer.
Step 3: Memahami Prinsip Desain Antarmuka
KOMPUTER Perangkat TIK Pendahuluan
Dasar Komputer dan Pemrograman 2B Latifaturrachmaniah
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
Pengenalan Bahasa Pemrograman
Oleh : Rofifah Durrotul Hikmah
Interaksi Manusia dan Komputer
Graphical User Interface (GUI)
SOFTWARE DAN BRAINWARE
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR
Tingkat Kedewasaan HCI
Akuntansi D/Semester II
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Sistem Operasi. Pendahuluan Sistem Operasi Arsitektur Sistem Komputer Hardware Operating System (OS) Programming Language (e.g. PASCAL) Application Programs.
Assalammualaikum wr. wb
Interaksi Manusia dan Komputer
KOMPUTER Perangkat TIK Pendahuluan
JAVA.
3 HARDWARE KOMPUTER CHAPTER
To my presentation By : Nanda Kendinathessa
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PRINGSEWU
Tingkat Kedewasaan HCI
Pendahuluan.
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Tingkat Kedewasaan HCI
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2B
Transcript presentasi:

Past, Present, and Future of User Interface Software Tools

Pendahuluan Semua software aplikasi yang sekarang ada merupakan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 1970-1990-an Hampir semua aplikasi yang ada di Windows, UNIX, atau Macintosh umumnya menggunakan 1 set bahan yang ditemukan sedikitnya 15 tahun yang lalu, mis: layar monitor, keyboard, dan mouse, Window managers, GUI, dll Penggunaan bahan ini supaya tercapai suatu kestabilan, maksudnya: Kestabilan bagi user: berguna untuk mengembangkan skill-nya di bidang komputer Kestabilan bagi pengembang peralatan atau software: berguna untuk menyempurnakan konsep pengembangan peralatan dan software

Historical Perspective Tema-tema dalam evaluasi peralatan Bagian-bagian dari antar muka user yang dituju: bahwa peralatan yang dianggap membantu yaitu pada saat mereka dibutuhkan Threshold and ceiling. “Threshold” adalah tingkat kesulitan dalam menggunakan suatu sistem. “Ceiling” adalah berapa banyak yang dapat dilakukan oleh sistem tersebut. Tujuan pembuatan sistem adalah pada saat yang bersamaan sistem tersebut memberikan threshold yang rendah dan ceiling yang tinggi Peralatan yang memberikan resistensi rendah Kemampuan peralatan yang memberikan prediksi tentang kemampuannya kepada programer Peralatan yang dapat membantu dengan mudah pembuatan software suatu tugas

Historical Perspective (lanj.) Peralatan yang digunakan untuk pembuatan IMK Windows managers and toolkits: memberikan sebuah model dasar pemrograman yaitu imaging model dan input model Event languages: penggunaannya dianggap sukses karena dapat secara langsung memanipulasi graphical user interface. Contohnya mis: Apple’s HyperCard, Microsoft’s Visual Basic, the Lingo scripting language dalam Macromedia’s Director Interactive graphical tools: biasanya menggunakan mouse untuk membuat interface. Mis: Visual Basic, Visual C++, NeXT Interface Builder, Trillium dari Xerox PARC, dan MenuLay dari University of Toronto Component systems: setiap komponen dikontrol menggunakan kotak segi empat pada layar, dan komponen lainnya kemudian dimasukkan berikutnya, mis: untuk membuat ‘garis’ maka dapat menggunakan komponen ‘drawing’ yang ada di windows Scripting languages: mis: bahasa C dan C++ Hypertext: digunakan untuk pembuatan web site, mis: HTML, XML Object-oriented programming: mis: Visual Basic, Visual FoxPro,dll

Future Prospects and Visions Komputer akan menjadi komoditas Disebabkan oleh kemampuan komputer yang sangat cepat mengikuti hukum Moore Ubiquitous computing Yaitu penggunaan komputer akan melekat dalam bermacam jenis peralatan yang berbeda dalam berbagai skala yang berbeda, mis: HP, PDA, Notebook, sound systems, dll Kapabilitas input dan output yang berbeda-beda Mis: jumlah pixel yang semakin banyak, resolusi semakin tinggi, penggunaan touch-sensitive screen yang semakin umum, perubahan dari penggunaan mouse ke stylus Hardware untuk mempercepat pembuatan peralatan, dan bukan hanya dari software saja, mis: jaman sekarang ini untuk membuat sebuah prototipe produk maka dapat dipercepat dengan menggunakan software AutoCAD, namun untuk mendatang tidak hanya software saja namun juga dapat menggunakan hardware Peralatan untuk melakukan koordinasi berbagai macam peralatan komunikasi Fungsi komputer akan berubah menjadi alat komunikasi, mis: akses internet, HP, PDA,dll

Future Prospects and Visions (lanj.) Antar muka pengguna berbasis pengenalan (recognition-based user interfaces) Perubahan penggunaan dari keyboard dan mouse menuju gerakan isyarat, handwriting, dan speech input and output Penggunaan teknologi 3 dimensi Teknologi 2 dimensi akan diganti dengan 3 dimensi End-user programming, customization, and scripting Disebabkan oleh karena setiap orang memiliki keinginan yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga mereka ingin memiliki software yang berbeda sesuai dengan seleranya sendiri, dan pembuatan program yang semakin mudah sehingga mereka dapat membuat sendiri