PRINSIP USABILITY.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Interaksi Manusia dan Komputer
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Usability.
Interaksi Manusia dan Komputer
USABILITY DARI ISO 9241 (ALAN DIX ET ALL, 1993)
Evaluasi IMK.
Perancangan Tampilan.
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Human Computer Interaction
Psikologi Dunia Kerja Kepuasan Kerja, Kegairahan Kerja & Keamanan Kerja Dinnul Alfian Akbar, SE, M.Si Pertemuan 8 Dinnul Alfian Akbar, 2010.
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan
Interaksi Manusia dan Komputer
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
TEKHNIK TES.
Interaksi Manusia & Komputer Desain
TEKNIK EVALUASI.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Teknik Evaluasi.
PRINSIP USABILITY.
Perancangan Antar Muka
TEKNIK EVALUASI Rima Dias Ramadhani.
USABILITY.
Evaluasi IMK.
Evaluasi IMK.
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Ragam dialog Pertemuan 3.
8 ATURAN EMAS DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Panduan Merancang Interface
Memahami Komunikasi Bisnis
Interfase design Pertemuan 4.
Visi Menjadi program studi unggulan dalam bidang teknik informatika yang berwawasan kemaritiman dan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing ditingkat.
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
Mobile Device User Interface
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
KEBERGUNAAN (USABILITY)
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Ragam dialog Pertemuan 3.
PENDAHULUAN BY Ade Irma PS.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interfase design Pertemuan 4.
Web usability Firman Wahyudi.
BAB IV KEBERGUNAAN (usebility)
Evaluasi IMK.
DSS Development Case – 2 Pertemuan - 18
Tujuan instruksional umum:
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Evaluasi IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Memahami Komunikasi Bisnis
Pertemuan Keenam Paradigma dan Prinsip Penggunaan
Chapter 7 design rules.
Ragam Interaksi.
Paradigma dan prinsip interaksi
Evaluasi IMK.
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
Kebutuhan fungsional (FR) dan Kebutuhan Non Fungsional (NFR)
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Evaluasi IMK.
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Transcript presentasi:

PRINSIP USABILITY

DEFINISI USABILITY atribut kualitas yang menjelaskan atau mengukur seberapa mudah penggunaan suatu antar muka Derajat kemampuan sebuah perangkat lunak untuk membantu penggunanya menyelesaikan sebuah tugas

Penentu keberhasilan sistem Berguna (useful) : sistem yang berfungsi seperti Keinginan user. Dapat digunakan (usable) : mudah dioperasikan Digunakan (used) : sistem yang memotivasi penggunanya untuk menggunakannya,menarik, menyenangkan, dan lain-lain

Prinsip Usability ISO 9241 Alan Dix

Prinsip Usability (ISO 9241) LEARNABILITY Sistem mudah untuk dipelajari dan digunakan. user ingin dengan cepat menggunakan sistem tersebut dan merasa berkompeten untuk melakukan pekerjaan tanpa banyak kesulitan.

Prinsip Usability (ISO 9241) EFISIENSI menunjuk kepada cara yang dapat dilakukan sistem untuk mendukung pengguna dalam melakukan pekerjaannya. Contohnya, pada mesin penjawab otomatis dengan sistem surat-suara

Komponen Usability KESALAHAN & KEAMANAN FASILITAS RECOVERY TIDAK BERDEKATAN

KEPUASAN Komponen Usability (ISO 9241) semakin pengguna menyukai suatu sistem, secara implisit mereka puas dengan sistem yang dimaksud.

KEPUASAN Komponen Usability (ISO 9241) semakin pengguna menyukai suatu sistem, secara implisit mereka puas dengan sistem yang dimaksud.

Learnability Prinsip Usability (ALAN DIX) kemudahan bahwa pengguna baru dapat menggunakan interaksi secara efektif dan memperoleh maximal kinerja.

Learnability Predictability Synthesizeability Familiarity Generalizability Consistency

ragam cara user dan sistem dapat bertukar informasi Prinsip Usability (ALAN DIX) Flexibility ragam cara user dan sistem dapat bertukar informasi

dukungan untuk user agar dapat mencapai tujuan dengan baik. Prinsip Usability (ALAN DIX) Robustness dukungan untuk user agar dapat mencapai tujuan dengan baik.

:memberikan umpan balik ke perancang sistem terhadap rancangannya. MENGUJI DAYA GUNA Uji formatif Uji sumatif :memberikan umpan balik ke perancang sistem terhadap rancangannya. memberikan penilaian terhadap “produk jadi”, untuk mengukur peningkatan yang telah dilakukan terhadap produk sebelumnya atau untuk membandingkannya dengan produk sejenis dari perusahaan lain

Sistem yang berdaya guna pengujian daya guna yang dilakukan dengan benar akan memberi manfaat Mengurangi biaya pelatihan Support consumer • Meningkatkan kepuasan pengguna

DAYA GUNA Dialog yang sederhana dan alami Berbicara dengan bahasa pengguna Konsisten Sistem timbal balik Jalankeluar yang jelas Jalan pintas Pesan kesalahan yang baik Bantuan dan dokumentasi