Tarikh Qurraa’ SESI PERTAMA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
تلخيص من كتاب عمدة الأحكام. a) Bahasa : الدعاء (Do’a) b) Istilah : “Ibadah tertentu yang memiliki gerakan tertentu, perkataan dan perbuatan tertentu,
Advertisements

BAB V Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. PUASA ITU MILIK ALLAH حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ أَبِى صَالِحٍ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
Kelompok 10 Motivasi Belajar dan Mengajarkan al-Qur’an
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
ETIKA DAKWAH REDAKSI AYAT
Materi kls 5.
Dzikir berjama’ah Fatwa Tarjih 2005.
HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH.
Mu’tazilah, Syi’ah, Ahli Sunnah wal Jama’ah
URGENSI AKHLAK MENURUT ISLAM
Pandangan Ulama Tentang Demokrasi
Pertemuan Ke-15 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
MINGGU KETUJUH : PROSEDUR KEHAKIMAN DAN KESELAMATAN
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
HIJRAH Dari Kompetensi Ke Kontribusi
Ruang Lingkup Dan Perkembangan Studi al-Qur’an
ESENSI PUASA DARI SUDUT PANDANG HADITS
BAB 7 AL- QUR’AN Standar Kompetensi
PUTERI-PUTERI TERSAYANG
Ciri Khas Akidah ASWAJA: Allah Ada Tanpa Tempat
Ayat-ayat musyawarah Rian Hidayat, S.Pd.I Asy-Syura: 38
SEJARAH PEMBUKUAN HADITH & IDEOLOGI ORIENTALIS MENGENAI HADITH
BERMUSYAWARAH DENGAN BAIK
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
RENUNGAN.
KEPEMIMPINAN di MUHAMMADIYAH Oleh: Nur Cholis Huda
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
Amalan Setelah Melahirkan
WALIMATIL URSY’ KELOMPOK ENAM 6 ZIAN LUKMAN WAHDAN MAULIDA FAIZ.
Amalan Setelah Melahirkan
Maulid Nabi Muhammad SAW
ANASIR HADIS SIAP UNTUK KULIAH??? SANAD / RAWI MATAN
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
EKSISTENSI ALLAH SEBAGAI TUHAN ALAM SEMESTA
Menemani Rasulullah di Surga
SEJARAH BENDAHARAWAN HADIS MASA SHAHABAT
Menuntut Ilmu dan Menghargai waktu
Tuntutan Mengenal Diri
Tuntutan Mengenal Diri
Hadis dari Segi Kuantitas Sanad : Mutawatir & Ahad
AKAD BISNIS DALAM ISLAM
PERADABAN ISLAM MASA KHULAFAUR RASYIDIN
AKHLAK BERMASYARAKAT.
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
Agama !. Institusi khilafah dalam tradisis politik islam Khilafah (bahasa Arab: خلافة), adalah kepemimpinan, imamah, biasa juga disebut kekhalifahan.
Al-Fath (10) وَمَنْ لَمْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِنَّا أَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ سَعِيرًا Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan.
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
SISTEM SOSIAL:- PERBANDINGAN ANTARA ISLAM DAN MASA KINI
PENDIDIKAN ISLAM HADITH RASULULLAH S.A.W. TINGKATAN SATU.
Oleh : Dr. Octaria Saputra SABAR dan BERSYUKUR.
RASMUL QURAN Tajuk-tajuk perbincangan:- Ilmu Rasmul Quran
تطبيقات على سنن أبي داود والترمذي
مختارات في آداب المجالس.
Kelas Bimbingan Dewasa
Nuqath Al-I’iraab (نقط الإعراب) Nuqath Al-I’ijaam (نقط الإعجام)
Tazkiyah Nafs (Penyucian Jiwa)
Missi Risalah Nabi Muhammad
BERSIKAP DEMOKRATIS Q.S. Ali Imran: 159 Rian Hidayat, S.Pd.I.
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ
Setiap umat manusia, baik laki-laki maupun perempuan, wajib untuk menuntut ilmu, menuntut ilmu harus dilakukan dengan penuh semangat dan tidak boleh dengan.
Kuliah singkat tentang keutamaan Al-Quran dan tata cara membacanya. Disampaikan pada acara Pesantren Kilat di SMK Jakarta Timur 2. Jakarta, Juni.
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
سُوْرَةُ التِّین بِسۡمِ اللهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِ 
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
حَـــــــــلاَوَةُ الإِيْمَـــــــــانِ
Toleransi, Kerukunan dan Menghindari Tindak Kekerasan Kelompok 1.
QUR’AN DAN HADITS Disusun oleh: Wita Ratnawulan, S.Pd.I Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Materi.
Transcript presentasi:

Tarikh Qurraa’ SESI PERTAMA بسم الله الرحمن الرحيم Tarikh Qurraa’ SESI PERTAMA Pengenalan Imam² Qira’at Imam Pertama

Pengenalan Pengertian Ilmu Sejarah Kepentingan Faedah dan Keutamaan Dalil-dalil dari Al-Quran/Hadits

Pengertian Ilmu Sejarah Pengenalan Pengertian Ilmu Sejarah Mengenai : Ciri-ciri keperibadian qurraa’ (imam² Qiraat). Kesedaran dan keyakinan terhadap qiraat (bacaan-bacaan) yang mutawaatir. Iman (kepercayaan) terhadap Kitab Allah S.W.T.

Kepentingan Pengenalan Al-Quran diturunkan atas tujuh (7) jenis bacaan.(sabda rasulullaah s.a.w.) Al-quran sebagai syafaat di akhirat kepada ahlinya. (sabda rasulullaah s.a.w.) Sebagai BUKTI mukjizat Al-Quran. Sepertimana ianya di turunkan, demikian juga kekal ke akhirat.

Faedah dan Keutamaan Pengenalan Keutamaan: Bukti kebenaran sanad sesebuah qira’ah. Faedah: Sebagai contoh (keperibadian dsb.) bagi yang mengenali mereka (qurraa’).

Dalil-dalil قال الله تعالى: Pengenalan Dalil-dalil قال الله تعالى: ﴿ إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ﭐلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُو لَحَـٰفِظُونَ﴾ -سورة الحجر: ٧- ﴿ ثُمَّ أَوْرَثْنَا ﭐلْكِتَابَ ﭐلَّذِينَ ﭐصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا ۖ ﴾ -سورة فاطر: ٣۲- قال الرّسول صلّى الله عليه وآله وسلّم: ”إِنَّ للهِ أَهْلِينَ مِنَ النَّاسِ... أَهْلُ الْقُرْآنِ، هُمْ أَهْلُ اللهِ وَخَآصَّتُهُ“ (رواه ابن ماجه وأحمد والدّارمي) عن أنس بن مالك -سنن ابن ماجه، رقم: ٢١٥- ... قال النَّبِيُّ صلّى الله عليه وآله وسلّم: ”إنّ هَـٰذَا القرآنَ أُنزِلَ علَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ فَاقْرأُوا ما تَيَسَّرَ مِنْهُ“. (جزء من حديث رواه التّرمذيّ وقال حديث حسن صحيح) عن المِسْوَرِ ابنِ مَخْرَمَةَ وعبدِ الرّحمن بنِ عَبْدٍ الْقَارِيّ. -جامع التّرمذيّ، رقم: ٢٩٤٣-

Pengenalan Dalil-dalil عَنْ أبيّ بْنِ كَعْب رضي الله عنه قالَ: لَقيَ رسولُ الله صلّى الله عليه وآله وسلّم جبرئيل فقال: يا جبرئيل إنّي بُعِثْتُ إلى أمَّة أُمِّيِّينَ منهمُ العَجُوز، والشّيخ الكبيرُ، والغلامُ والجاريةُ، والرّجل الّذي لَمْ يَقْرَأْ كتابًا قطُّّ. قال: يا محمّدُ! إنّ القرآن أُُنْزِلََ علَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ. (رواه التّرمذيّ وقال حديث حسن صحيح) -جامع التّرمذيّ، رقم: ٢٩٤٤- عَنْ أَبي هُرَيْرَةَ عن النّبيّ(ص) قالَ: ”مَا اجْتَمَعَ قومٌ فِي بَيْت من بُيُوت الله تعالى يَتْلُونَ كتَابَ الله وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إلاّ نَزَلَتْ عَلَيْهِم السَّكِينَةُ، وغشيتهم الرّحمة، وَحَفَّتْهُمُ الْملآئكةُ، وَذَكَرَهُمُ الله فيمن عنْدَه“.(رواه مسلم وأبو داود باسناد صحيح على شرط البخاري ومسلم) -سنن أبي داود، رقم: ١٤٥٥، وفي صحيح مسلم، رقم: ٢٧٠١(جزء من حديث طويل)-

Imam² Qira’at Imam² Qira’at Para ‘Ulamaa bersepakat dengan menamakan Tujuh (7) orang Imam yang masyhur yang dikenal pasti kemutawatiran bacaan mereka. Dari bacaan setiap Imam, disertakan dua (2) orang perawi yang meriwayatkan bacaan mereka.

Imam Naafi’e Al-Madani Imam Pertama Imam Naafi’e Al-Madani Imam Naafi’e Al-Madani الإمام نافع المدنيّ (١٦٩) Warsy ورش (١٩٧) Qaaluun قالون (۲۲٠) أصبهانيAshbihaani أزرقAzraq حُلواني Ĥulwaani أبي نشيط Abi Nasyiith

Imam Naafi’e Al-Madani Nama penuh: Naafi’e bin ‘Abdir Raĥmaan bin Abi Na’eem. (Abu Ruwaim, Abul Ĥasan, Abu ‘Abdir Raĥmaan). Berasal dari Ashbihaan أصبهان. Lahir di sekitar tahun TUJUH PULUH (70) H. Wafat pada tahun SERATUS ENAM PULUH SEMBILAN (169) H. Orang suruhan Ja’awanah bin Syu’uub Al-Laitsi (جَعْوَنَة بن شعوب اللّيثي). Ja’awanah: Orang yang taat setia kepada Ĥamzah bin ‘Abdil Mutthalib atau Al-‘Abbaas bin ‘Abdil Mutthalib.

Imam Naafi’e Al-Madani Berkulit hitam, berwajah manis serta bertubuh rendah. Memiliki ciri-ciri akhlaq yang baik dan sangat zuhud. Beliau juga seorang yang peramah (boleh bergurau) serta bermurah-hati. Diriwayatkan dari Sa’iid bin Manshuur; Imaam Maalik bin Anas berkata: “Qira’ah Ahli Madinah adalah Sunnah, iaitu yang terpilih (مختارة)”. Lalu beliau di tanya; “Qira’ah Naafi’e?”. Katanya: “Ya”. Imaam Maalik juga mengatakan; “Apabila dia (Naafi’e) berkata², terhidu bau harum kasturi dari mulutnya”.

Imam Naafi’e Al-Madani Pengambilan Qira’ah Imaam Naafi’e telah mengambil bacaan secara langsung dari TUJUH PULUH (70) para At-Taabi’iin. Di antaranya: Abu Ja’afar(أبو جعفر) يزيد بن القَعْقاع المخزومي المدني Syaibah bin Nishaaĥ شيبة بن نصاح Muslim bin Jundub مسلم بن جندب Yaziid bin Raumaan يزيد بن رومان Muĥammad bin Muslim bin Syihaab محمّد بن مسلم بن شهاب الزّهري ‘Abdurraĥmaan bin Hurmuz Al-A’araj عبد الرّحمن بن هرمز الأعرج

Sanad Qira’ahnya Imam Naafi’e Al-Madani RASUULULLAAH S.A.W رسول الله صلّى الله عليه وآله وسلّم Ubayy bin Ka’ab R.A. (20) أبيّ بن كعْب رضي الله عنه Zaid Bin Tsaabit R.A زيد بن ثابت رضي الله عنه ‘Umar bin Al-Khatthaab R.A. عمر بن الخطّاب رضي الله عنه

Imam Naafi’e Al-Madani Ubayy bin Ka’ab R.A. أبيّ بن كعْب رضي الله عنه ‘Umar bin Al-Khatthaab R.A. عمر بن الخطّاب رضي الله عنه Zaid Bin Tsaabit R.A زيد بن ثابت رضي الله عنه Abu Hurairah, Ibn ‘Abbaas. رضي الله عنهم أجمعين ‘Abdullaah bin ‘Abbaas, ‘Abdullaah bin ‘Iyaasy, Abu Hurairah. رضي الله عنهم أجمعين ‘Abdullaah bin ‘Iyaasy عبد الله بن عياش بن أبي ربيعة المخزومي رضي الله عنه

Imam Naafi’e Al-Madani Sa’iid bin Al-Musayyib Muslim bin Jundub Abu Ja’afar Al-A’araj Abu Hurairah (57) Ibn Abi Rabii’ah (69) Ibn ‘Abbaas (68) Sa’iid bin Al-Musayyib سعيد بن المسيّب Syaibah Ibn Raumaan Az-Zuhri

Imam Naafi’e Al-Madani Penyambung Qira’ah Di antara mereka² yang meriwayatkan bacaan Imaam Naafi’e adalah: Imaam Maalik bin Anas, Imaam Al-Laits bin Sa’ad, Abu ‘Amr bin Al-’Alaa’, ‘Iisaa bin Wardaan, Ibn Jammaaz, Qaaluun, Warsy, Ismaa’iil bin Ja’afar, Ya’aquub bin Ja’afar. Perawi yang termasyhur dalam meriwayatkan bacaan Imaam Naafi’e ialah Qaaluun dan Warsy.

Imam Naafi’e Al-Madani Qaaloon Nama sebenarnya: ‘Iisaa bin Miinan bin Wardaan bin ‘Iisaa bin ‘Abdis-Shamad bin ‘Umar bin ‘Abdillaah Az-Zurqi (orang suruhan Bani Zuhrah). Juga dikenali sebagai Abu Muusaa. Dan bergelar Qaaluun (bahasa rom=Bagus,indah). Dilahirkan pada tahun SERATUS DUA PULUH (120) H dan wafat pada tahun DUA RATUS DUA PULUH (220) H.

Qaaloon Beliau adalah anak kepada isteri (anak tiri ) Imaam Naafi’e. Beliau sangat rapat dengan Imaam Naafi’e dan dialah yang menggelarkannya قالون (bahasa rom=Galant). Datuk kepada datuknya yang terdahulu merupakan orang tawanan dari Rom dizaman pemerintahan Khalifah ‘Umar. Lalu di berikan kepada ‘Umar untuk di jual. Dan dibeli oleh kalangan Anshaar di Madinah. Maka dia menjadi orang suruhan kepada Muĥammad bin Muĥammad bin Fairuuz Al-Anshaar.

Qaaloon Mula bertalaqqi dengan Imaam Naafi’e pada tahun 150H. Dan telah khatam berkali². Ditanya: “Berapa kali telah kamu baca di hadapan Naafi’e?” Dia berkata: “Tidak aku kira berapa kali, tetapi aku telah duduk membaca di hadapannya 20 tahun.” Beliau mengambil bacaan dari Naafi’e yang Nafi’e bacakan dari Abu Ja’afar, juga qira’at yang di pilih oleh Naafi’e.

Imaam Naafi’e Al-Madani Warsy Nama sebenar: ‘Utsmaan bin Sa’iid bin ‘Abdillaah bin ‘Amr bin Sulaimaan bin Ibraahiim. Juga di kenali dengan Abu Sa’iid. Dan bergelar Warsy. Dilahirkan di Qafath قَـفَطْ (negeri pedalaman Mesir), dan berasal dari Qairuwaan. Berkulit sangat putih agak kemerah²an, bermata biru dan bertubuh rendah. Tidak begitu kurus dan tidak gemuk. Suka memakai pakaian yang singkat, apabila berjalan terlihatlah kedua belah kakinya.

Warsy Digelarkan Warsy oleh Imaam Naafi’e kerana beliau kelihatan pendek seperti Warasy وَرَشْ (sejenis burung menyerupai merpati) apabila berjalan dengan pakaian yang singkat. Dan beliau sangat suka gelaran itu lantas berkata kepada sesiapa yang bertanya akan namanya: “Guruku menamakanku dengannya”. (riwayatlain: digelarkan dengan Warsy kerana kulitnya yang sangat putih, seperti makanan orang mesir (warsy). Wallaahu a’alam) Telah ke Madiinah pada tahun 155H untuk bertalaqqi dengan Imaam Naafi’e. Diriwayatkan bahawa beliau khatam 4 kali dalam sebulan.

Warsy Beliau berpengetahuan tinggi. Tiada yang serupa sepertinya di zamannya: Kemahiran ilmu Bahasa Arab Ilmu pengetahuan Tajwiid Keindahan/kemerduan suara. Bacaan yang sangat baik. Tidak akan jemu sesiapa yang mendengarkan bacaannya. Wafat di Mesir pada tahun SERATUS SEMBILAN PULUH ENAM (196H). Ketika umurnya 87 tahun.

والله أعلم فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لاَنْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْلَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ صدق الله العظيم والله أعلم