Pemrograman Terstruktur Pertemuan 7 Preprocessor Directives & Streams
PREPROCESSOR DIRECTIVES Preprocessor adalah baris perintah (command line) yang diawali dengan # yang memberikan instruksi kepada preprosesor. Directive #include memberitahu preposesor untuk mencari fungsi-fungsi yang digunakan dalam program yang disimpan di library. Contoh : #include <iostream.h>
PREPROCESSOR DIRECTIVES Directive #define memberitahu preprosesor untuk mengganti setiap identifier NAME dengan value, sebelum program dikompilasi. NAME merupakan konstanta makro, sehingga nilainya tidak bisa diubah.
PREPROCESSOR DIRECTIVES #include <iostream.h> #include <conio.h> #define getmax(a,b)((a)>(b)?(a):(b)) void main() { int x=5, y; y= getmax(x,2); cout << y << endl; cout << getmax(7,x) << endl; getch(); }
STREAM File adalah sekumpulan data yang disimpan dalam media penyimpanan luar seperti disket/harddisk. Dalam C++ file adalah sebuah stream yang disimpan dalam media penyimpanan luar. Karena merupakan sebuah stream, operasi yang berlaku pada stream berlaku juga untuk file. Stream adalah suatu logika device yang menghasilkan dan menerima informasi atau wadah yang digunakan untuk menampung keluaran dan menampung aliran data.
STREAM File adalah sekumpulan data yang disimpan dalam media penyimpanan luar seperti disket/harddisk. Dalam C++ file adalah sebuah stream yang disimpan dalam media penyimpanan luar. Karena merupakan sebuah stream, operasi yang berlaku pada stream berlaku juga untuk file. Stream adalah suatu logika device yang menghasilkan dan menerima informasi atau wadah yang digunakan untuk menampung keluaran dan menampung aliran data.
STREAM ios adalah virtual base class untuk class istream dan ostream. Untuk melakukan proses file I/O, diperlukan file header fstream.h didalam program.
STREAM #include <fstream.h> #include <iostream.h> #include <conio.h> Void main() { ofstream myfile; myfile.open ("example.txt"); myfile << "Writing this to a file.\n"; myfile.close(); getch(); }
SEKIAN