Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek
kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class
Membuat Objek dari Suatu Kelas dibutuhkan operator new untuk membuat objek dari suatu kelas Bentuk umum: namakelas variabelreferensiobjek = new namakelas(); Contoh lingkaran a= new lingkaran ();
Mengakses Variabel dari suatu kelas
Mengakses Variabel dan Metode dari suatu kelas
Kata Kunci(Keyword) This Kata kunci this dipergunakan pada pembuatan kelas dan digunakan untuk menyatakan objek sekarang
Kata Kunci(Keyword) Static
Konstruktor Konstruktor adalah metode yang dapat digunakan untuk memberikan nilai awal saat objek diciptakan. Metode ini akan dipanggil secara otomatis oleh java ketika new diapakai untuk menciptakan objek dari suatu kelas Konstruktor mempunyai ciri yaitu : omempunyai nama yang sama dengan nama class otidak mengembalikan nilai (termasuk tidak boleh ada kata kunci void) Setiap class pasti mempunyai konstruktor. Jika kita membuat suatu class tanpa menuliskan konstruktornya, maka kompiler dari Java akan menambahkan sebuah konstruktor kosong.
Metode constructor dipanggil saat kita membuat sebuah obyek. Contohnya,
Construktor default membuat objek dan menyeting variable yang belum diinisialisasi ke nilai default. Contohnya, constructor default menyeting jari_jari ke nol. Contruktor tersebut bila dijalankan akan memberikan nilai jari_jari dengan nilai nol. Sehingga hasil program tersebut akan bernilai nol. public class lingkaran { static final double pi=3.14; double jari_jari; String warna; public lingkaran() { }
Kita juga dapat menginisialisasi suatu data dengan nilai yang diinginkan oleh user dengan cara memasukkannya pada parameter konstruktor. Misalnya class lingkaran diatas dapat kita modifikasi sebagai berikut : Dengan mendeklarasikan konstruktor seperti itu, user dapat membuat obyek dengan menginisialisasi jari_jari dan warna sesuai yang ia kehendaki, misalnya saja seperti berikut : public class lingkaran { static final double pi=3.14; double jari_jari; String warna; // Constructor public lingkaran (double r, String w){ jari_jari=r; warna = w; } lingkaran bunder = new lingkaran ( 10, "biru" );
Overloading terhadap konstruktor Overloading terhadap konstruktor merupakan suatu mekanisme pembuatan konstruktor yang memiliki bentuk lebih dari satu. dalam hal ini, pembeda antara satu konstruktor degan konstruktor yang lain berupa jumlah parameter atau tipe parameter
Overloading terhadap metode