Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 4 Class, object & Variable

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 4 Class, object & Variable"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 4 Class, object & Variable
Pemprograman Berorientasi Objek Khairul Anwar Hafizd

2 Struktur Kontrol Perulangan (Looping)
Struktur kontrol perulangan digunakan untuk mengatur proses yang dijalankan secara berulang-ulang

3 Statement FOR Aturan penulisan (syntax) nya adalah:

4

5

6 Keyword for digunakan untuk melakukan iterasi kalau jumlah iterasinya tertentu
Iterasi menggunakan for memerlukan tiga buah parameter, parameter pertama digunakan sebagai batas bawah iterasi, parameter kedua adalah kondisi kapan iterasi berhenti dan parameter terakhir dugunakan untuk menaikkan atau menurunkan counter.

7 Statement WHILE Aturan penulisannya:

8 Bentuk iterasi while digunakan kalau kita tidak tahu berapa kali interasi akan berlangsung, tetapi tahu kapan iterasi berhenti dari sebuah kondisi tertentu. Bentuk sintaks while sangat sederhana dan hanya memerlukan satu saja parameter kondisi yang bernilai boolean true atau false, selama kondisi ini masih bernilai true maka iterasi akan terus dilaksanakan. Kalau nilai kondisi adalah false maka iterasi while akan berhenti.

9 Statement DO WHILE Aturan penulisanya:

10 Bentuk iterasi do-while digunakan kalau kita ingin agar setidaknya satu iterasi terjadi baru kemudian ditest kondisinya apakah iterasi berikutnya dilaksanakan atau tidak. Sama dengan bentuk iterasi while, bentuk iterasi do-while juga memerlukan satu parameter kondisi di dalam while-nya.

11 Sebagai bahasa yang memiliki fitur object oriented, jawa mendukung konsep dasar berikut:
Polymorphism Objects Inheritance Instance Encapsulation Method Abstraction Message Parsing Classes

12 Konsep Objects Objects Objek memiliki keadaan dan prilaku
Anjing memiliki keadaan  warna, nama, berkembang biak Serta perilaku -wagging, menggonggong, makan. Sebuah objek adalah instance dari kelas.

13 Konsep Classes Classes
Sebuah kelas dapat didefinisikan sebagai template / blueprint yang menggambarkan perilaku / keadaan menyatakan bahwa objek dari dukungan jenisnya.

14 Objects Pada Java Pada dunia nyata banyak benda-benda di sekitar, mobil, anjing, manusia, dll Semua benda-benda memiliki keadaan dan perilaku. Contoh seekor anjing, maka keadaan adalah - nama, jenis, warna, dan perilaku yang - menggonggong, bergoyang-goyang, berjalan Membandingkan objek perangkat lunak dengan objek dunia nyata, mereka memiliki karakteristik yang sangat mirip.

15 Objects Pada Java cont…
Software juga memiliki keadaan dan perilaku. Keadaan Sebuah objek perangkat lunak disimpan di field dan perilaku ditunjukkan melalui metode. Jadi dalam pengembangan perangkat lunak, metode beroperasi pada keadaan internal suatu objek dan komunikasi antar objek dilakukan melalui metode.

16 Classes Pada Java Kelas adalah sebuah blueprint yang diciptakan oleh sebuah objects Contoh class

17 Tipe Variabel A class can contain any of the following variable types.
Local variables Variabel yang didefinisikan dalam metode, konstruktor atau blok disebut variabel lokal. Variabel akan dideklarasikan dan diinisialisasi dalam metode dan variabel akan hancur ketika metode telah selesai. Instance variables adalah variabel di dalam kelas tetapi di luar metode apapun. Variabel-variabel ini diinisialisasi ketika kelas dipakai. variabel misalnya dapat diakses dari dalam metode, konstruktor atau blok dari kelas tertentu.

18 Tipe Variabel cont… Class variables:
variabel kelas adalah variabel dideklarasikan dalam kelas, di luar metode apapun, dengan kata kunci statis.

19 Constructors Setiap kelas memiliki konstruktor.
Jika tidak secara eksplisit menulis konstruktor untuk kelas compiler java membangun konstruktor default untuk kelas tersebut. Setiap kali sebuah objek yang baru dibuat, setidaknya satu konstruktor akan dipanggil. Peran utama konstruktor adalah mereka memiliki nama yang sama dengan kelas. Sebuah kelas dapat memiliki lebih dari satu konstruktor.

20 Contoh Constructors

21 Membuat sebuah Object Seperti disebutkan sebelumnya, kelas menyediakan blueprint untuk sebuah objek. Jadi pada dasarnya sebuah objek dibuat dari kelas. Pada Java, kata kunci baru digunakan untuk membuat objek baru.

22 Ada tiga langkah saat membuat sebuah objek dari kelas:
Declaration  Sebuah deklarasi variabel dengan nama variabel dengan jenis objek. Instansiasi  kata kunci ‘new’ digunakan untuk membuat objek. Inisialisasi  kata kunci ‘new’ diikuti dengan panggilan untuk konstruktor. Panggilan ini menginisialisasi objek baru.

23 Contoh Pembuatan Object


Download ppt "Pertemuan 4 Class, object & Variable"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google