Daniar Wikan Setyanto, M.Sn

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Objek Ilmu Menjual; ada 3 objek yang harus diketahui agar seorang penjual berhasil dalam menjalankan usahanya yaitu: Diri penjual; seorang penjual harus.
Advertisements

(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
DEFINISI, PERANAN DAN TERMINOLOGI DESAIN
Persepsi Dalam Dunia iklan
MARKETING COMMUNICATION
TESTING DAN QA SOFTWARE PERTEMUAN 5 & 6
FUNGSI DAN PROSES PERENCANAAN SERTA PENGENDALIAN
KELOMPOK 05 1.FITRI NUR B A 2.ANGGUN KUSUMA W 3.DWI KARNO WATI 4.NUR PUSPITA DEWI 5.TRI WAHYUNI FAJAR R 6.ESTI INDRIYASTUTI.
KONSTRUKTIVISME PTIK Adriy.weebly.com.
What is design INTRODUCTION OF DESIGN METHODE.
KONSEP PERIKLANAN Part 1.
Riset Bisnis.
THE REQUIREMENTS ANALYSIS PHASE
Manajemen Proyek: Overview
Berpikir.
PEMBUATAN KEPUTUSAN Pembuatan keputusan adalah bagian kunci kegiatan manajer. Kegiatan ini memainkan peranan penting, terutama bila manajer melaksanakan.
Oleh: SARIPUDIN Jurusan SISTEM INFORMASI
Pengembangan & Manajemen Diri ( Self Management )
KLASIFIKASI MODEL.
Pendekatan & Kategori Iklan Pertemuan 2
TINJAUAN DKV Agus Setiawan, M.Sn
Definisi Desain BERASAL DARI KATA (ITALIA): DISEGNO INTERNO (KONSEP UNTUK KARYA YANG AKAN DILAKSANAKAN) DAN DISEGNO ESTERNO (KARYA YANG SUDAH TERLAKSANA)
EIS (Executive Information Systems)
RUANG LINGKUP KEILMUAN DESAIN
What is design INTRODUCTION OF DESIGN METHODE.
Bismillahirrohmaanirrohiim
Model Proses Analisis Bisnis
Testing & Implementasi Sistem -Pengenalan
BERFIKIR Tujuan Pembelajaran : Memahami elemen Kognisi
METODOLOGI DESAIN KOMUNIASI VISUAL TOPIK 14 KONSEP MEDIA DAN KREATIF
PROSES PEMBUATAN KEPUTUSAN
TEKNIK KOMUNIKASI DALAM HUMAS
Minggu 4 Estetika Sebagai Media Komunikasi.
Attitude and Personality
TEORI BELAJAR & APLIKASINYA
KONSEP PERIKLANAN MELLY MAULIN P.Sos M.Si.
KONSEP PERIKLANAN ADVERTISING Melly Maulin P.S.Sos.,M.Si
KONSEP PERIKLANAN.
IKLAN YANG EFEKTIF Program periklanan harus disusun dengan memperhatikan lima M (Kotler, 2003), yaitu: Mission (misi): apakah tujuan periklanan? Money.
Psikologi Persepsi dalam Desain Komunikasi Visual
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Seni Sebagai Ekspresi Mukhsin Patriansah S.Sn., M.Sn.
P-Process Tahapan pada Komunikasi Strategis
KLASIFIKASI MODEL.
FAKULTAS TEKNIK PERENCANAAN
Desain dan Proses Kreatif
KONSEP PERIKLANAN.
Berpikir dan Berbahasa
EIS (Executive Information Systems)
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TRANSLATION Kadaruddin, S.Pd., M.Pd.
PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN STIE HAS
Kelompok 8 Generic Structure Language Features NARRATIVE TEXT
Media Pembelajaran dalam PAKEM
MEMBANGUN MODEL SIMULASI YANG VALID DAN KREDIBEL
Decision Making Process
LANGUAGE SENTENCE (The Unity of words that has a pattern and the function is to express an activity that we do)
PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS
Iklan media cetak (copywriting)
Pengaruh Faktor-Faktor Non-Rasional Dalam Pengambilan Keputusan
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL MEDIA CETAK
Komponen Sistem Pembelajaran
TESTING DAN QA SOFTWARE PERTEMUAN 10 & 11
Menebar Rasa di Dunia Maya
KONSEP PERIKLANAN Muhamad Husni Mubarok, S.Pd. M.IKom Part 1.
PT. Tayang Visi Aplikasi Digitasi (TVaD)
Design Methodology Desi Dwi Kristanto, M.Ds. Week 1.
Pengantar MK Tinjauan Desain Daniar Wikan Setyanto, M.Sn.
METODE RISET (Research Method)
2. Discussion TASK 1. WORK IN PAIRS Ask your partner. Then, in turn your friend asks you A. what kinds of product are there? B. why do people want to.
Transcript presentasi:

Daniar Wikan Setyanto, M.Sn TERMINOLOGI DESAIN Daniar Wikan Setyanto, M.Sn

THE MEANING OF DESIGN Terminologi kata DESAIN Asal kata “designo” (Itali) : gambaran KBBI : desain/de·sain/ /désain/ n kerangka bentuk; rancangan:

M. Asimow (Amerika Serikat, 1962) Decision making in the face of uncertainty with high penalties for error. (Pengambilan keputusan menghadapi ketidak-pastian dengan risiko tinggi bila melakukan kekeliruan). Christopher Alexander (Amerika Serikat, 1962) Finding the right physical components of a physical structure (Menemukan komponen fisik yang tepat untuk menciptakan suatu struktur fisik).

DESAIN P.J. Booker (Inggris, 1964) Simulating what we want to make (or do), before we make (or do) it as many times as may be necessary to feel confident in the final result (Melakukan simulasi atas sesuatu yang ingin diciptakan atau dilakukan sebelum benar-benar menciptakan atau melakukan sesuatu yang diinginkan tersebut. Simulasi dilakukan berulang-ulang, sesering yang dianggap perlu sehingga dirasa yakin akan hasil akhirnya).

DESAIN J.B. Reswick (Amerika Serikat, 1965) A creative activity – it involves bringing into being something new and useful that has not existed previously (Aktivitas kreatif yang di dalamnya terkandung penciptaan sesuatu yang baru dan bermanfaat yang sebelumnya tidak ada). J.K. Page (Inggris, 1963) The imaginative jump from present facts to future possibilities. (Lompatan imajinatif atau maya dari suatu keadaan atau fakta yang ada menuju ke kemungkinan-kemungkinan yang dapat dicapai pada waktu yang akan datang.

DESAIN Bruce L. Archer (Inggris, 1965) A goal directed problem-solving activity (Aktivitas atau upaya pemecahan suatu masalah yang dipandu oleh suatu sasaran yang telah ditetapkan).

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL Desain Komunikasi Visual bisa dikatakan adalah seni menyampaikan pesan (arts of commmunication) dengan menggunakan bahasa rupa (visual language) yang disampaikan melalui media berupa desain. Dengan tujuan menginformasikan, mempengaruhi hingga merubah perilaku target audience sesuai dengan tujuan yang diinginkan

DKV merupakan profesi yang mengkaji dan mempelajari desain dengan pertimbangan komunikasi, media, citra, tanda, dan nilai. Desain komunikasi visual dari aspek keilmuan, mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi dan pesan, teknologi percetakan, penggunaan teknologi multimedia, dan teknik persuasi pada masyarakat. Men’DESAIN Mendesain merupakan kegiatan : DEFINISI PERMASALAHAN – SOLUTION Proyek Konsep Desain DESAIN Adalah PROSES Desain merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang - produk yang dihasilkan berupa rancangan

Fungsi Desain Komunikasi Visual: 1. To inform, memberi informasi, menjelaskan, menerangkan, dan mengenalkan. 2. To enlighten, memberi penerangan, membuka pikiran dan menguraikan. 3. To persuade, membujuk atau menganjurkan. Dengan menggunakan unsur kepercayaan, logika, dan daya tarik. 4. To protect, melindungi objek lain seperti desain kemasan dan kantong belanja.

SKEMA ILMU DKV

PERANAN DESAIN Peranan desain bagi manusia ? Mendesain adalah kegiatan manusia untuk meningkatkan kehidupan manusia – membuat hidup manusia lebih baik.