Analisis, Penjelasan, dan Implikasi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
FILSAFAT & ETIKA PEKERJAAN SOSIAL/KESEJAHTERAAN SOSIAL
Advertisements

MPK Kuantitatif Program Ekstensi Ilmu Komunikasi Semester Genap 2007/2008.
ONTOLOGI ILMU POLITIK  .
Mutia Rahmi Pratiwi Jurusan Ilmu Komunikasi UDINUS Semarang
PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN
Dédé Oetomo, PhD Badan Penelitian & Pengembangan Kesehatan Pusat Penelitian Humaniora, Kebijakan Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat.
Uun Sancahya Hendrayana Sukma
«Sosiologi Komunikasi»
Paradigma Positivistik & Konstruktivistik
FILSAFAT ILMU BEBERAPA PENGERTIAN
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Paradigma Ilmu Sosial dan Implikasi Metodologi
Teori perubahan sosial dan hukum
REFERENSI BURHAN BUNGIN : PENELITIAN KUALITATIF -KOMUNIKASI, EKONOMI,KEBIJAKAN PUBLIK DAN ILMU SOSIAL LAINNYA (2008) DEDDY MULYANA: METODOLOGI PENELITIAN.
TEORI SOSIOLOGI KONFLIK KLASIK
PERSPEKTIF FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI Pertemuan 3
PARADIGMA ILMU SOSIAL DUA paradigma besar yang mendasari perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu sosial dan ilmu tentang manusia, yaitu: 1.
PERBEDAAN ONTOLOGIS Klasik Kritis Konstruktivis Critical Realism:
Peta Paradigma dalam Penelitian Sosial
Kuantitatif VS Kualitatif
TEORI ILMU SOSIAL Oleh: TRISNAWATI.
Pengertian Filsafat Dalam wacana ilmu pengetahuan filsafat adalah merupakan bidang ilmu yang rumit, kompleks dan sulit dipahami secara definitif. Pengetahuan.
KE ARAH PEMIKIRAN FILSAFAT
Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan logos berarti ilmu pengetahuan.
TEORI KOMUNIKASI KRITIS
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
PARADIGMA PENELITIAN KUALITATIF
Peran Filsafat dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Bab 1. PENGETAHUAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN TELAAH FILOSOFIS
Paradigma Positivistik & Konstruktivistik
PERBEDAAN ONTOLOGIS Klasik Kritis Konstruktivis Critical Realism:
KUALITATIF VS KUANTITATIF
METODOLOGI PENELITIAN HUKUM
TOKOH PARADIGMA KRITIS DALAM ILMU KOMUNIKASI
PETA SINGKAT ILMU ILMU SOSIAL
«Sosiologi Komunikasi»
TOKOH DAN PEMIKIRANNYA TENTANG BIROKRASI
Muhammmad Noor Hidayat Jurusan Ilmu Komunikasi UDINUS Semarang
JENIS-JENIS PENELITIAN
BAB 1 – Paradigma & Perspektif Dalam Penelitian Sosial
BAB II RUANG LINGKUP FILSAFAT ILMU Pertemuan 02
Manusia dan peradaban.
PENDEKATAN PENELITIAN (Strategi Penelitian) KUALITATIF
KEGIATAN KEILMUAN SEBAGAI SUATU PROSES
PARADIGMA PENELITIAN KOMUNIKASI; KUANTITATIF DAN KUALITATIF
Soal Ujian Bacalah dengan seksama, kemudian jawablah pertanyaan berikut !! Mulai Selamat Mengerjakan Bagus Mustofa Rombel 2.
Paradigma Kajian Komunikasi
Social Change.
PARADIGMA DAN RAGAM PENELITIAN
Filsafat Ilmu Pendidikan Dosen : Dr. H. Deddy Setiawan, M.Si. Ridwan Komara (NIM : ) Qurotu’aini (NIM : ) Bagus S Tsaury (NIM : )
KONSTRUCTED REALITIES
FENOMENA KOMUNIKASI DALAM PRESPEKTIF EPISTEMOLOGIS
Pendiri Sosiologi Yang pertama kali memakai istilah sosiologi.
Tujuan: Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan konsep, objek, cakupan, problematika dan manfaat belajar Filsafat Ilmu dalam kehidupannya sebagai seorang.
Paradigma Pendekatan Penelitian
HAKIKAT PENELITIAN 1. Ilmu Kealaman dan Ilmu Sosial Humaniora
Pengetahuan yang Benar
Metode dan Strategi Penelitian Kualitatif
Metode Penelitian Komunikasi – 2
FILSAFAT ILMU Dosen Pembimbing : Subhan Kelompok 1 Wulan Anggraini Rahmah hidayati Faradhiba Dosen Pembimbing : Subhan Kelompok 1 Wulan Anggraini Rahmah.
BAB 1 – Paradigma & Perspektif Dalam Penelitian Sosial
Paradigma Positivistik & Konstruktivistik
PENELITIAN KUALITATIF
Pengantar Sosiologi.
POSITIVISME DAN POSTPOSITIVISME Pertemuan 4
Kuliah Komunikasi Sosial Pascasarjana Magister STIK-PTIK
KEDUDUKAN FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN Filsafat Filsafat: upaya untuk mempelajari dan mengungkapkan pengembaraan manusia di dunia 1.
Metode Penelitian Sastra
DUA ALIRAN POSITIVISTIK POSTPOSITIVISTIK JENIS KUANTITATIF KUALITATIF Bebas nilai.
MANUSIA DAN PERADABAN. KOENTJARANINGRAT : PERADABAN ADALAH BAGIAN2 KEBUDAYAAN YANG HALUS DAN INDAH SEPERTI KESENIAN. PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN YANG.
Transcript presentasi:

Analisis, Penjelasan, dan Implikasi Paradigma Ilmu Sosial Analisis, Penjelasan, dan Implikasi Gita Meina Amalia - 23681 Salman Firdaus - 23497 Shofi Awanis - 23479

Asal Mula Paradigma Ilmu Sosial Paradigma Klasik ? Cara pandang ( framework) seseorang dalam mencari kebenaran Paradigma Konstruktif Paradigma Kritis Landasan teori

Landasan Analisis Asumsi Ontologis Asumsi Epitomologis Hakikat dari sesuatu yang ingin peneliti ketahui, hakikat mengenai suatu fenomena Asumsi Epitomologis apa hakikat hubungan antara peneliti dan objek yang diteliti Asumsi Metodologis bagaimana cara untuk memperoleh kebenaran Asumsi Aksiologis pemilihan nilai dan moral dari si peneliti

Paradigma Klasik ONTOLOGIS Membahas tentang kenyataan. Realitas yang ada diluar selalu mengikuti kaidah-kaidah yang telah diatur secara universal. EPISTIMOLOGIS Meyakini jadi seorang peneliti harus bersifat objektif agar menciptakan suatu kebenaran yang diterima. METODOLOGIS Membentuk hipotesis dalam memperoleh kebenaran. AKSIOLOGIS Nilai, etika, dan moral, tidak dimasukan dalam proses penelitian.

Teori Paradigma Klasik Karl Marx Materi adalah esensi kebutuhan manusia. Jadi akan selalu ada konflik dan perubahan antar kelas sosial. Emile Durkheim Tatanan sosial itu merupakan faktor kekuatan yang ada dalam masyarakat. Jadi, diperlukan solidaritas untuk mempertahankannya.

Paradigma Konstruktif Ontologi Kebenaran realitas sosial itu relatif tergantung dari pelakunya Epistimologi Kebenaran realitas sosial yang bersifat relatif merupakan hasil interaksi dari sesama pelaku Metodologi Cara yang digunakan untuk mengetahui kebenaran adalah cara dialektis dengan metode kualitatif. Aksiologi Nilai, etika, dan moral harus terkandung dalam penelitian dan tidak boleh dipisahkan. Jadi si peneliti bertindak sebagai pengamat subjektivitas pelaku sosial.

Teori Paradigma Konstruktif Max Weber Analisisnya lebih berfokus kepada status sosial, bukan kelas sosial. Karena Max meyakini bahwa politik dan pendidikan bisa dijadikan landasan untuk stratifikasi sosial Georg Simmel Kenyataan sosial itu sifatnya pribadi. Perubahan yang terjadi di masyarakat itu dapat terjadi dari yang paling sederhana sampai paling kompleks.

Paradigma Kritis Ontologi Realitas sosial merupakan sesuatu yang semu, nyata tapi tidak absolute. Epistimologi Hubungan antara peneliti dan objek yang diteliti diikatkan oleh nilai2 tertentu dan nilai tersebut hanya peneliti yang tahu. Metodologi Peneliti merupakan partisipan dari perubahan a.k.a. bahan penelitian. Aksiologi Nilai, etika, dan moral tidak dapat dipisahkan tapi tidak dilibatkan. Aktivis.

Teori Paradigma Kritis Louis Althusser Dunia nyata itu bukan sesuatu yang objektif, tapi merupakan produk relasi manusia dengan alam Anthonio Gramsci Hegemoni sosial atau politik dapat dilakukan lewat cultural leadership, karena dengan adanya leadership, suatu sistem dapat dikontrol dan dikuasai.