Pengantar Beberapa Pemikiran : Beberapa Pemikiran : Faham Jabbariyyah : Faham Jabbariyyah : Segala sesuatu yang telah “diatur” tanpa ada daya manusia.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
JUDUL : QS. AL INSYIRAH SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi.
Advertisements

IMAN KEPADA MALAIKAT ALLAH
BAB 4 TAUBAT DAN RAJA’.
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
Pendidikan Agama Islam Kelas 6
TAQDIR.
Powerfull Ramadhan Hidangan dari Allah Bagi Orang Beriman
Iman Kepada Qadha dan Qadar
 Abdul Ghofur  Setiawan Gusmadi  Tedi Hendrawan  Afniati Fitriah Duru  Indra arif bismantoro
IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
BERIBADAH DENGAN IKHLAS
PERTENTANGAN ALIRAN TRADISIONAL
KAJI UL ANG IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
Bab 8 Iman Kepda Qada dan Qadar Allah swt.
AQIDAH UNIT 9 Kelas Bimbingan Dewasa.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
BAB IX KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
KUNCI JIWA YANG KOKOH.
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
ASPEK AQIDAH Iman Pada Qodho’ dan Qodar
PENGERTIAN TAUHID Tauhid adalah meyakinkan (mengitikadkan bahwa Allah adalah satu, tidak ada syarikat bagi-Nya).
Iman Kepada Qodho dan Qodar Allah SWT
IMAN KEPADA QADA DAN QADAR
Qodho’ dan Qodar Pengertian Dalil Jenis Kisah Hikmah.
IMAN KEPADA QADA & QADAR
Hakikat Beriman Kepada Qadha & Qadar
Iman Kepada Qodho’ dan Qodar
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
AKHLAQ KEPADA ALLAH SWT
MENGENAL ALLAH Melalui asmaul husna
Iman Kepada Qadha dan Qadar
IMAN PADA ALLAH SWT SMKN 22 JAKARTA Oleh : Miswan, S.Ag.S.Kom.
Kontribusi Agama dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Riset
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ISLAM AGAMA PLURALIS DAN UNIVERSAL
[”Katakanlah: “Dialah Allah Yang Maha Esa [”Katakanlah: “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu.
TAFSIR SURAT AL-DZARIYAT 56
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
RAHASIA DI DALAM MENGGAPAI TUJUAN
Assalamualaikum wr.wb.
IMAN KEPADA KADHA DAN KADAR
أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللهَ يَعْلَمُ مَافِي السَّمَآءِ وَاْلأَرْضِ إِنَّ ذَلِكَ فِي كِتَابٍ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللهِ يَسِيرٌ {الحج : 70}
PR Term Break Islamic Nadia.
IMAN KEPADA TAKDIR BAIK DAN BURUK
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
AQIDAH (Implementasi Nilai-nilai Aqidah dalam Kehidupan)
IMAN KEPADA. KELOMPOK 2 Abdul Fattah Cepi supriatna M.Sahirly Ruslan Temi Juliana Khalid Thahaul.
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR.
3.
Iman Kepada Qada dan Qadar
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
AL-’AQIDAH AL-ISLAMIYAH
IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi. Standar Kompetensi : 10. Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar Kompetensi Dasar : Menyebutkan ciri-ciri.
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
PELAJARAN 3 MENGINSAFI KEKUASAAN ALLAH.
MENEGUHKAN Iman Kepada Qada’ dan Qadar
BAB 3 : BERIMAN KEPADA ALLAH S.W.T.
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Surah Al-Qadr Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
KBM 2 Aqidah Islamiah Bab 4 Beriman Kepada Qadak Dan Qadar
Assalamualaikum Tugas Mata Kuliah ILMU KALAM
Surah Al-Lail Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
Pendidikan AGAMA ISLAM untuk SMA kelas X disusun oleh : MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Jombang Keikhlasan Dalam beribadah.
IMAN KEPADA MALAIKAT. 1. Pengertian malaikat Allah Kata ‘malaikat’ berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti.
Modul ke: Fakultas Program Studi Pendidikan Agama Islam Etos Kerja Islam Dian Febrianingsih, M.S.I 08 PSIKOLOGI Psikologi.
IMAN KEPADA MALAIKAT OLEH: ZAINUL ROHMAN. Pengertian malaikat Allah malaikat berarti utusan Allah yang dengan patuh dan tunduk mengemban semua amanat.
Transcript presentasi:

Pengantar Beberapa Pemikiran : Beberapa Pemikiran : Faham Jabbariyyah : Faham Jabbariyyah : Segala sesuatu yang telah “diatur” tanpa ada daya manusia sebagai pelaku kehidupan. Jabariyah adalah paham yang menafikan perbuatan dari hamba secara hakikat dan menyerahkan perbuatan tersebut kepada Allah SWT. Artinya, manusia tidak punya andil sama sekali dalam melakukan perbuatannya. Tuhanlah yang menentukan segala-galanya. Segala sesuatu yang telah “diatur” tanpa ada daya manusia sebagai pelaku kehidupan. Jabariyah adalah paham yang menafikan perbuatan dari hamba secara hakikat dan menyerahkan perbuatan tersebut kepada Allah SWT. Artinya, manusia tidak punya andil sama sekali dalam melakukan perbuatannya. Tuhanlah yang menentukan segala-galanya. Faham Qadariyyah : Faham Qadariyyah : Mempunyai pandangan ekstrim bahwa kita, manusia lah yang sepenuhnya menguasai dan menentukan apa yang terjadi pada kita, bukan Tuhan. Qadariyah adalah sebuah firqah yang mengingkari ilmu Allah terhadap perbuatan hambaNya dan berkeyakinan bahwa Allah belum membuat ketentuan terhadap makhlukNya. Mempunyai pandangan ekstrim bahwa kita, manusia lah yang sepenuhnya menguasai dan menentukan apa yang terjadi pada kita, bukan Tuhan. Qadariyah adalah sebuah firqah yang mengingkari ilmu Allah terhadap perbuatan hambaNya dan berkeyakinan bahwa Allah belum membuat ketentuan terhadap makhlukNya. Faham Asy’ariyyah : Merangkum kata-kata keduanya. Yaitu sebenarnya Tuhan sudah punya garis-garis ketentuan takdir. Namun kita, manusia diberi beban untuk berusaha hidup sebaik-baiknya. Namun dalam prakteknya, paham asy’ariyah lebih dekat pada konsep jabariyah. Pada akhirnya semua harus dikembalikan pada Tuhan.. Merangkum kata-kata keduanya. Yaitu sebenarnya Tuhan sudah punya garis-garis ketentuan takdir. Namun kita, manusia diberi beban untuk berusaha hidup sebaik-baiknya. Namun dalam prakteknya, paham asy’ariyah lebih dekat pada konsep jabariyah. Pada akhirnya semua harus dikembalikan pada Tuhan..

Definisi : Qadha : Secara etimologi : hukum, ketetapan,perintah, kehendak, pemberitahuan, penciptaan. Secara terminologi : ketetapan Allah sejak zaman Azali sesuai dengan iradah-Nya tentang segala sesuatu yang berkenan dengan makhluk.

Qadar : Secara etimologi : kepastian, peraturan, ukuran. kepastian, peraturan, ukuran. Secara terminologi : Secara terminologi : Perwujudan atau kenyataan ketetapan Allah terhadap semua makhluk dalam kadar dan berbentuk tertentu sesuai dengan iradah-Nya. Perwujudan atau kenyataan ketetapan Allah terhadap semua makhluk dalam kadar dan berbentuk tertentu sesuai dengan iradah-Nya.

Taqdir ‘mubran’ & ‘mu’allaq’ 1. Taqdir ‘mubran (Mutlaq) Qadha dan qadar yang tidak dapat untuk dielakkan, pasti terjadi pada diri manusia, telah ditetapkan oleh Yang Maha Pencipta, yang kita tidak mempunyai kesempatan untuk memilihnya. ketentuan Allah swt. terhadap makhluknya yang tidak bisa diubah lagi, contohnya adalah kematian. "Tiada satu kejadian pun yang menimpa dibumi dan tidak pula pada dirimu melainkan telah tertulis dalam kitab (LAUHIL MAHFUZ) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah." (QS. al Hadiid ayat 22.) Tertutupnya pilihan 2. Taqdir ‘mu’allaq’ qadha dan qadar yang bergantung kepada ikhtiar seseorang, atau usaha menurut kemampuan yang ada pada manusia. takdir yang bisa diubah dengan doa, dan usaha. Adanya Pilihan-pilihan dalam hidup

Ada empat macam takdir Takdir Umum (Takdir Azali) Takdir mengenai segala sesuatu yang ditetapkan sebelum penciptaan langit, bumi, dan seluruh isinya. Takdir Umuri Takdir yang diberlakukan atas manusia pada masa awal penciptaannya dan bersifat umum. Meliputi rizki, ajal, kebahagiaan, dan kesengsaraan. Takdir Samawi Takdir yang dicatat pada malam Lailatul Qadar setiap tahun. Takdir Yaumi, takdir yang ditetapkan untuk peristiwa dalam satu hari, baik berkenaan dengan rizki,kehidupan, kematian, pengampunan dosa, kesusahan dan hilangnya kesusahan

Hikmah Beriman pada Qadha dan Qadar terhadap Keimanan (keyakinan semakin mantab, hindari musyrik) terhadap Ibadah (ritual semakin rajin, ibadah sosial semain tekun) Terhadap Akhlaq (kepada Allah dan kepada sesama)