Penggunaan Kartu SD PEMROGRAMAN MOBILE 2.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
User Account Dan Login Windows XP merupakan suatu sistem yang multiuser (berbagai pengguna) Dalam arti, user yang berbeda dapat melakukan log on ke Windows.
Advertisements

Administrasi System Windows XP 2
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
8 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.. ANDROID (2)
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Ta’aruf Bersama Windows 8
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.
ANDREW WUISAN ARLEY PAKAYA ARTHUR TOLIU CHRISTIAN TOTOPANDEY JONATHAN TASYAM JONATHAN TOMPODUNG KORINUS GEFILEM.
Pengenalan Visual Studio 2008
Pengantar Hadware Komputer Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2013.
BLUESTACKS Nama Kelompok : Adelina Muliawati ( )
Mobile Programming Pertemuan 2 Presented by Mulyono
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Instroduksi Pemrograman Android
Mobile Programming Intro Android.
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
Perancangan dan pembuatan irama musik menggunakan angklung dengan media penyimpanan micro sd Dalam judul TA saya terdapat 3 variabel yang akan dijelaskan.
Pemrograman Perangkat Mobile
SISTEM AUDIO DAN VIDEO.
SISTEM AUDIO DAN VIDEO.
Pengantar Teknologi Mobile
Aplikasi Teknologi Informasi 1
Pengantar Hadware Komputer
PEMROGRAMAN PIRANTI BERGERAK
Mengkonfigurasi dan menguji peralatan yang telah dipasang untuk multimedia BASUKI ERYANTO KELOMPOK 3 KELAS N MULTIMEDIA.
PENGENALAN BY : MOH. CHOZEN.
Android Virtual Device Manager
Pemrograman Perangkat Mobile
Materi Agung Brastama Putra.
Pemrograman Mobile Android # 4
As’ad Djamalilleil Pengenalan Android As’ad Djamalilleil
Pengantarmukaan Periferal Komputer
Pengembangan Aplikasi Mobile
Pengenalan Pemrograman Mobile.
SISTEM OPERASI - CHAPTER 1 SISTEM KOMPUTER
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Sistem Operasi Komputer
iPhone Mempermudah Kehidupan
PEMROGRAMAN MOBILE PMO TI 15 Sore.
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
Oleh : Novella Ayu Oktaviani – 2 MI D
Panduan Instalasi Virtual Box
PEMROGRAMAN MUTLIMEDIA
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
ANDROID MULTIMEDIA.
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Android Multimedia PENGOLAHAN GAMBAR DAN VIDEO.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
ANDROID MULTIMEDIA Nama anggota :
Android database mysql dan webservice
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Tutorial Photo Geotag Untuk Monitoring Kemajuan Garapan Kebun
Pemrograman GUI dengan Java
Blackberry, Windows Phone, Ios , android
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
MEDIA PENYIMPANAN [STORAGE]
Apa itu USB dan Port USB? Apasih USB itu? USB atau Universal Serial Bus adalah sebuah jalur koneksi serial elektronik yang diciptakan dengan tujuan untuk.
Pemrograman Mobile Location Based Service
Pengenalan Komputer dan Perangkatnya
Pengenalan Dasar Fungsi SD Card dan Penggunaan Melalui Aplikasi
Penggunaan kartu SD dalam Aplikasi Mobile
Instalasi Aplikasi VirtualBox pada Sistem Operasi Windows Novita Wulandari, M.Pd. PTI UNIMUDA SORONG.
External storage Kelompok 4 RPS 2.
MATERI PERANGKAT KOMPUTER HARDWARE DAN SOFTWARE Kompetensi Dasar : 3.1. Memahami Interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna Indikator.
Pertemuan ke 3 : Pengenalan XML Parsing
Transcript presentasi:

Penggunaan Kartu SD PEMROGRAMAN MOBILE 2

Kelompok 1 Syamsul falah 16.11.0029 Muhammad Aris nur Aziz 16.11.0046 Linatun Masrohah 16.11.0055 ZaenurRochman 16.11.0068 Yahya Dani Lisharyanto 16.11.0070 Muhammad Ali Hasani 16.11.0071 Muhammad Yunus 16.11.0076 Sofyan Fathur Rohim 16.11.0082 Hamid Ashari 16.11.0086 Asep Tri Wibowo 16.11.0091 Firmansah Putra 16.11.0093

Pengenalan Dasar SD Card Apa itu SD Card? SD Card merupakan sebuah alat penyimpanan berukuran kecil yang digunakan untuk menyimpan data. Dengan ini, kebutuhan kita akan penyimpanan data menjadi dimudahkan. Kini, kartu yang satu ini akan sering kita temui, karena mereka akan tertanam pada ponsel yang kita miliki.

External / SD Card pada perangkat bergerak SD Card memiliki fitur yang memungkinkan pengguna atau aplikasi untuk mengakses (menyimpan atau membuka) file pada SD Card. SD Card merupakan media penyimpanan medium yang digunakan Perangkat Android dan beberapa perangkat mobile lain non Android sebagai media penyimpanan

Jenis – Jenis External Storage / SD Card

1. Ukuran a. SD Card SD Card (Secure Digital Card) merupakan bentuk SD Card yang paling besar. Memiliki ukuran 32mm x 24mm. Ukuran ini paling populer digunakan untuk kamera. Beberapa jenis komputer juga memiliki slot untuk SD Card.

b.    Mini SD Card Memiliki ukuran 21,5mm x 20mm, Mini SD Card adalah ukuran kedua dari SD Card yang diproduksi. Mini SD Card sudah sangat jarang digunakan untuk perangkat elektronik saat ini. Mini SD Card memiliki adapter khusus agar dapat dihubungkan pada SD Card. c.     Micro SD Card Micro SD Card merupakan ukuran SD Card yang paling populer digunakan. Memiliki ukuran fisik 15mm x 11mm x 1mm, Micro SD digunakan sebagai media penyimpanan pada kebanyakan perangkat elektronik saat ini seperti handphone, tablet, gps, mp3 player, dll. Micro SD Card memilki adapter khusus untuk dihubungkan pada Mini SD dan SD Card.

2. Kapasitas a. SDSC SDSC (Secure Digital Standard Capacity) merupakan generasi pertama SD Card. Memiliki kapasitas penyimpanan hingga 2 GB.

b. SDHC SDHC (Secure Digital High Capacity) merupakan perkembangan dari SDSC. Mulai dipasarkan pada Januari 2006. Memiliki kapasitas penyimpanan 2 GB – 32 GB. c. SHXC SHXC (Secure Digital Extended Capacity) merupakan perkembangan terbaru dari SD Card. SD Card ini hadir pada tahun 2009. Memiliki kapasitas 64 GB – 2 TB dan 512 GB untuk Micro SD. SDXC hanya dapat digunakan pada perangkat yang telah support memori jenis ini

3. Kecepatan Transfer Data Kecepatan transfer data pada SD Card ditandai dengan Class (tanda “C”). Semakin besar angka “C” maka semakin cepat pula transfer data pada SD Card tersebut. Class Kecepatan Penulisan Minimum Penggunaan Class 2 2 MB/s Untuk merekam video  Class 4 4 MB/s Merekam Video HD (High-Definition), 720p  Class 6 6 MB/s  Class 10 10 MB/s Merekam Video Full HD, 1080p

Ada pula SD Card yang menggunakan tanda “U” (Ultra-High Speed). Class Kecepatan Minimum Penggunaan  UHS Speed Class 1 (U1) 10 MB/s Merekam & Mengirim Video Live  UHS Speed Class 3 (U3) 30 MB/s Merekam Video 4K Micro SDXC UHS Class 1

SD Card pada Android Emulator Device(AVD). Android Emulator menyimulasikan sebuah perangkat dan menampilkannya pada komputer. Itu memungkinkan Anda membuat prototipe, mengembangkan, dan menguji aplikasi Android tanpa menggunakan perangkat keras. Emulator mendukung ponsel Android, tablet, Android Wear, dan perangkat Android TV. Dilengkapi dengan tipe perangkat yang telah ditentukan sehingga Anda bisa memulai dengan cepat, dan dapat menentukan perangkat dan skin emulator Anda sendiri. Sebuah AVD berisi profil perangkat keras, citra sistem, tempat penyimpanan, skin, dan properti lainnya.

Konfigurasi Android Virtual Device Emulator menggunakan konfigurasi Android Virtual Device (AVD) untuk menentukan tampilan, fungsionalitas, dan citra sistem dari perangkat yang disimulasikan. AVD memperbolehkan Anda untuk menentukan aspek perangkat keras tertentu dari perangkat yang disimulasikan dan memungkinkan Anda membuat banyak konfigurasi untuk menguji berbagai platform Android dan perangkat keras yang berbeda. Setiap AVD berfungsi sebagai perangkat independen, dengan penyimpanan tersendiri untuk data pengguna, kartu SD, dan sebagainya. Ketika dijalankan dengan konfigurasi AVD, emulator secara otomatis akan memuat data pengguna dan data kartu SD dari direktori AVD. Secara default, emulator menyimpan data pengguna, data kartu SD, dan cache di direktori AVD.

Cara membuat Virtual Device (AVD) Emulator Android Studio Pada Android Studio, silahkan langsung menuju menu Tools>AVD Manager 1 2 Setelah itu akan muncul jendela baru, klik tombol + Create Virtual Device..

3 Di sini kita akan disuruh untuk memilih Hardware yang akan kita gunakan sebagai Android Emulator. Sebagai contoh, kami memilih Nexus 7 di dalam kategori tablet Namun kami menyarankan untuk memilih hardware yang resolusinya rendah dan tidak membutuhkan RAM terlalu besar agar nanti saat digunakan tidak lambat atau lemot karena aplikasi Android Studio di Windows ini memang sangat berat dan lambat sekali jika spesifikasi komputer atau laptop kamu pas-pasan atau bahkan rendah. Namun jika PC anda spesifikasi nya mumpuni, maka tidak ada masalah.

4 Langkah selanjutnya adalah System Image. Untuk ini saya memilih Nougat (versi 7.1.1.) lalu klik tombol Download terlebih dahulu sebelum melanjutkan tahapan selanjutnya, jika sudah klik tombol Next

5 Untuk tahap ini, Anda dapat menyunting konfigurasi pada jendela ini. Sebagai contoh, untuk startup orientation (jenis orientasi yang muncul pertama saat Emulator dijalankan), saya memilih Portrait dan untuk Emulated Performance, saya pilih Automatic lalu klik tombol finish. Jika selesai, Virtual Devices siap digunakan.

Tutorial Project Sederhana Buat Project Baru dengan nama SDCard

Tutorial Project Sederhana Tentukan Target android OS

Tutorial Project Sederhana Pilih Empty Activity

Tutorial Project Sederhana Configurasi Activity

Tutorial Project Sederhana Buka Manifests kemudian edit isi Manifests

2. Tambahkan baris berikut di bagian AndroidManifest. xml 2. Tambahkan baris berikut di bagian AndroidManifest.xml. Fungsi dari sintak tersebut ialah meminta isin untuk mengakses folder-folder atau penyimpanan yang ada di dalam telepon.

Tutorial Project Sederhana Pada activity_main.xml tambahkan Button dan Listview Output

Tutorial Project Sederhana Buat satu activity lagi untuk player musicnya dengan nama PlayerActivity

Tutorial Project Sederhana Pada activity_player.xml tambahkan Seekbar dan 5 Button

Tutorial Project Sederhana OUTPUT

Tutorial Project Sederhana Pada MainActivity.java inisialisasikan variable variable yang dibutuhkan seperti listview,button,url dll.

Tutorial Project Sederhana Pada MainActivity.java buat method untuk menampilkan seluruh data audio yang ada di suatu device, baik itu dari internal maupun eksternal

Tutorial Project Sederhana Pada MainActivity.java tambahkan method permission untuk mendapatkan akses izin oleh user

Tutorial Project Sederhana Pada PlayerActivity.java inisialisasikan variable yang dibutuhkan, seperti button seekbar dll.

Tutorial Project Sederhana Kemudian tambahkan code berikut untuk mengambil data dari intent dan event ketika seekbar di geser kanan kiri

Tutorial Project Sederhana Kemudian tambahkan event setiap button sesuai fungsinya play/pause,next,prev,forward,reverse

Tutorial Project Sederhana Output

Pengembangan Aplikasi Mobile Pengembangan aplikasi mobile secara exclusive di mulai saat di luncurkannya smartphone BlackBerry. Aplikasi yang dibuat meliputi BBM, Facebook Mobile, Twitter Mobile, dll.

😉😉 Referensi : https://arfarizz.blogspot.com/2015/02/internal-eksternal-storage-media.html https://prezi.com/ng0d-f3j1zvd/sejarah-perkembangan-aplikasi-mobile/ https://stackoverflow.com/questions/46272053/how-to-create-sd-card-to-use-in-android-studios-emulator https://langitkomputer.wordpress.com/2016/07/27/jenis-jenis-sd-card/ https://www.plazakamera.com/perbedaan-memory-card-micro-sd-sdhc-dan-sdxc/ http://www.treq.co.id/content/68-pengertian-ram-rom-internal-storage-phone-storage-dan-usb-storage-android https://developer.android.com/studio/run/managing-avds?hl=id