Pengenalan Pemrograman 1
Deskripsi Pembelajaran Pengenalan Pemrograman 1 membahas tentang pemrograman dengan bahasa pemrograman Java, dan menggunakan Netbeans sebagai Integrated Development Environment (IDE). Sebagai pengenalan, akan dibahas: Perbedaan komponen pada komputer Perbedaan sistem bilangan dan konversinya Strategi-strategi pemecahan masalah Pada setiap topik, akan dimunculkan beberapa panduan penulisan program.
Ketentuan Pembelajaran Tool Pembelajaran J2SE SDK Versi 7.0 NetBeans IDE yang dapat berjalan pada J2SE JDK 7.0 (JavaTM 2 JDK, Standard Edition) Terdiri dari Java Runtime Environment ditambah peralatan pengembang untuk dompiling debugging running aplikasi, yang ditulis menggunakan bahasa JavaTM
Garis Besar Pembelajaran Pengenalan Pemrograman Komputer Komponen dasar pada komputer: Software & Hardware Bahasa Pemrograman Komputer Alur kerja pembuatan program (algoritma) Sistem Bilangan dan Konversi Pengenalan Java Java Background Java Feature Tahap-tahap program Java
Garis Besar Pembelajaran Mengetahui programming environment Program Java My First : “Hello World!” Menulis program menggunakan sebuah text editor dan console Mengatasi error Menulis program menggunakan NetBeans
Garis Besar Pembelajaran Dasar Pemrograman Membahas Program Java my First Comment, Statement, Identifier, Keyword dan Literal Java Tipe data primitif Variabel Operator (arithmetic, relational, logical, conditional) Operator Precedence Memasukkan inputan dari keyboard Menggunakan BufferedReader Menggunakan JOptionPane
Garis Besar Pembelajaran Struktur Kontrol/Kendali Struktur kontrol keputusan (if, else, switch) Struktur kontrol pengulangan (while, do-while, for) Statement bercabang (break, continue, return) Array Java Mendeklarasikan array Mengakses elemen array Array multidimensi Argument Command-Line
Garis Besar Pembelajaran Bekerja dengan Java Class Library Pengenalan Object-Oriented Programming (OOP) atau Pemrograman Berorientasi Objek Class dan Object Method Casting, Converting dan Object Comparing
Garis Besar Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Pendefinisian class Mendeklarasikan attribute (instance variable, static variable) Mendeklarasikan method Reference “this” Overloading method Mendeklarasikan konstruktor Pemanggilan konstruktor this() Paket (Package) Access modifier
Garis Besar Pembelajaran Inheritance Mendefinisikan superclass dan subclass Keyword super Method overriding Method final dan class final Polymorphism Class abstrak Interface Dasar Exception Handling try, catch, dan finally