Pengantar Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Advertisements

Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Perencanaan Perangkat Lunak
1. What and Why Sofware Engineering ?
PENGANTAR CBIS KELOMPOK 1 ADVENT ARAMANA ANTON PURNAMA ATIKA WULANDARI
PENDAHULUAN Pertemuan 1.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Pengembangan PL Ahmat Adil.
Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Perancangan Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Methods for Software Engineering
SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGETAHUAN PERANGKAT LUNAK & REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Methods for Software Engineering CHAPTER 5 Software Project Planning Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
Managing Software Requirement 1
SOFTWARE.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Teknologi Sistem Informasi C
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Spesifikasi Perangkat Lunak
Perangkat Lunak 1.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
1. What and Why Sofware Engineering ?
Pertemuan 09 Materi: Perangkat lunak, pemrograman, dan kecerdasan buatan. Sumber materi: Alter, Steven “Information Systems” a management perspective.
Pengenalan Software Engineering
Pengenalan Software Engineering
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Rekayasa Perangkat Lunak
SOFTWARE.
Software Engineering ( Pressman )
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISIS DAN PEMODELAN
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Software Engineering ( Pressman )
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan #1: Software & Software Engineering
Perencanaan Perangkat Lunak
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
ANALISA & PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
11/15/2018 Pertemuan 1 Siti Mukaromah,S.Kom.
Pengenalan Perangkat lunaK
Pengenalan Perangkat lunaK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

Pengantar Perangkat Lunak Rekayasa Perangkat Lunak Ramos Somya

Overview Materi ini bertujuan memberikan pemahaman tentang pengertian dasar bidang perangkat lunak dan istilah-istilah yang berkaitan dengan hal tersebut. Materi mencakup: Pengertian perangkat lunak Pengertian rekayasa perangkat lunak (software engineering) Pengenalan proses rekayasa perangkat lunak Pengenalan tentang faktor sosial yang berkaitan dengan teknologi informasi

Perangkat Lunak (Software) Perintah (program komputer) yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan. Perangkat lunak (software) adalah program komputer yang terasosiasi dengan dokumentasi perangkat lunak seperti dokumentasi kebutuhan, model desain, dan cara penggunaannya (user manual).

... Sebuah perangkat lunak  sistem perangkat lunak. Sistem: kumpulan komponen yang saling terkait dan mempunyai satu tujuan yang ingin dicapai.

Sistem perangkat lunak Sistem perangkat lunak  sebuah sistem yang memiliki komponen berupa perangkat lunak yang memiliki hubungan satu sama lain untuk memenuhi kebutuha pelanggan (customer). Pelanggan (customer) adalah orang atau organisasi yang memesan atau membeli perangkat lunak dari pengembang perangkat lunak.

... User atau pemakai perangkat lunak adalah orang yang memiliki kepentingan untuk memakai atau menggunakan perangkat lunak untuk memudahkan pekerjaannya.

Karakter / Sifat Perangkat Lunak Perangkat lunak dibuat dengan rekayasa (software engineering), bukan diproduksi secara manufaktur atau pabrikan. Perangkat lunak tidak pernah usang (wear out), karena kecacatan dalam perangkat lunak dapat diperbaiki. Barang produksi pabrikan biasanya produk barunya akan terus diproduksi, sedangkan perangkat lunak biasanya terus diperbaiki seiring bertambahnya kebutuhan

Katagori Perangkat Lunak Perangkat Lunak Sistem (Software sistem) kumpulan program dalam hal ini program yang satu ditulis untuk memenuhi kebutuhan program lainnya. Contoh: compiler, editor, file manager utility. Perangkat Lunak Waktu Nyata (real-time software) perangkat lunak yang memonitor, menganalisis, mengontrol sesuatu secara nyata (real-time). Contoh: remote sensing.

... Perangkat Lunak Bisnis (business software) / Software Aplikasi Perangkat lunak pengelola informasi bisnis (seperti akuntansi, penjualan, pembayaran, penyimpanan (inventory). Contoh: ERP, POS Perangkat Lunak Ilmiah (engineering and scientific software) Perangkat lunak untuk keperluan keilmuan, misal dalam bidang matematika, kedokteran, dan lainnya. Contoh: software simulasi, R, matlab.

... Perangkat Lunak Tertanam (embedded software) perangkat lunak yang ditanamkan pada perangkat lain. Contoh: program untuk mesin, microwave, mesin cuci. Perangkat Lunak Produk (personal computer software) perangkat lunak untuk PC, misalnya software pemrosesan teks, grafik dan multimedia.

... Perangkat Lunak Berbasis Web (web based software) perangkat lunak yang dapat diakses menggunakan web browser. Misalnya: aplikasi e-commerce, social media application. Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan (AI software) perangkat lunak yang memiliki algoritma tertentu untuk mengelola data sehingga seakan-akan memiliki intelijensia seiring bertambahnya data yang diproses. Misalnya: software pengenalan pola retina mata, wajah, sidik jari.

Jenis Produk Perangkat Lunak Produk Generik perangkat lunak yang dibuat oleh pengembang perangkat lunak untuk dijual atau dipopulerkan (open source) tanpa ada yang memesan terlebih dahulu. Contoh: perangkat lunak sistem operasi, pembuat / pemroses dokumen kantor. Produk Pemesanan / Bespoke (Custom) perangkat lunak yang dibuat karena ada pelanggan yang memesan (dibuat untuk suatu pengguna tunggal sesuai dengan spesifikasinya). Misalnya: web company profile, aplikasi untuk suatu instansi.

Rekayasa Perangkat Lunak Rekayasa perangkat lunak (software engineering) adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi perangkat lunak. RPL mengadopsi pendekatan yang sistematis dan terorganisir terhadap pekerjaannya dan menggunakan tool yang sesuai serta teknik yang ditentukan berdasarkan masalah yang akan dipecahkan, kendala pengembangan dan sumber daya yang tersedia.

Jangkauan Perangkat Lunak Software dikatakan sukses jika: Dapat memenuhi kebutuhan penggunanya (usability) Dapat melakukan proses tanpa kerusakan atau kekurangan dalam jangka waktu yang panjang. Dapat terus dipelihara seiring perkembangan teknologi dan proses bisnis (maintainability). Mudah digunakan. Mudah dimodifikasi.

... Rekayasa perangkat lunak memberi bimbingan / petunjuk dalam membangun perangkat lunak seperti: model proses apa yang digunakan mengumpulkan kebutuhan dari pengguna perancangan dan analisis manajemen proyek pembangunan penjaminan mutu produk Pengujian Rekayasa kembali (reengineering)

Tantangan dalam Rekayasa Perangkat Lunak Tantangan Warisan (legacy), di mana perangkat lunak dikembangkan bertahun-tahun oleh pengembang / orang yang berbeda-beda. Tantangan Heterogenitas, di mana perangkat lunak harus dapat beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang. Tantangan Pengiriman, di mana perangkat lunak dengan skala besar dan kompleks dapat sampai ke tangan pelanggan (customer) atau user dengan cepat dan kualitas tetap terjaga.

Proses Rekayasa Perangkat Lunak Proses rekayasa perangkat lunak dilakukan selama pembangunan perangkat lunak. Secara umum, proses tersebut adalah: Analisis Mulai Perancangan Pengujian Implementasi

... Perkembangan teknologi informasi sangat mempermudah dan mempercepat proses rekayasa perangkat lunak dengan adanya bermacam-macam tools desain, tools pengembangan seperti IDE, application framework.

... Proses perangkat lunak (software process) adalah sekumpulan aktifitas yang memiliki tujuan untuk mengembangkan atau mengubah perangkat lunak. Secara umum proses RPL terdiri dari: Pengumpulan Spesifikasi (Specification) Pengembangan (Development) Validasi (Validation) Evolusi (Evolition) Proses RPL akan dijelaskan lebih detail dalam materi Model Proses.

Teknologi Informasi Sosial Teknologi Informasi Sosial (Social Information Technology) merupakan faktor atau aspek sosial yang berkaitan dengan implementasi suatu teknologi informasi. Faktor sosial berpengaruh dalam proses RPL.

... Hal-hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan faktor sosial tersebut adalah: Pengetahuan lingkungan tentang teknologi informasi dan komputer Social knowledge atau local knowledge (pengetahuan tentang budaya lokal) di lingkungan yang akan dikembangkan perangkat lunak. Pengetahuan tentang apa saja yang bisa dibatasi dan yang tidak. Perlu juga dilakukan sosialisasi atau pelatihan penggunaan software.

... Perlu juga dilakukan konversi cara kerja lama ke cara kerja yang baru (menggunakan perangkat lunak). Konversi tersebut ada 4 macam, yaitu: Konversi Paralel: dilakukan dengan beberapa waktu transisi di mana sistem lama dan baru berjalan bersamaan untuk keperluan transisi sampaui sistem yang baru dapat berjalan mandiri. Konversi Langsung: dilakukan secara langsung, yaitu sistem lama langsung diganti dengan sistem yang baru. Konversi per Fase: dilakukan per tahap (per fungsi sistem). Konversi pilot (single location): konversi per unit kerja.

Materi bisa diunduh di: ramos672006005.wordpress.com

Terima Kasih 