Algoritma dan Pemrograman

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Flowchart
Advertisements

Teknologi Informasi ~ Komputasi dan Pemrograman ~ Oleh : Tim Hibah Pengajaran Mata Kuliah Teknologi Informasi Jurusan Matematika Pertemuan 9.
Komunikasi Dasar Manusia dan Komputer
Oleh : Tim Hibah Pengajaran Mata Kuliah Teknologi Informasi Jurusan Matematika Pertemuan 9.
Pengenalan Algoritma Ardian Maretta Prastiawan, Ssi
All sections to appear here
Algortima dan Pemrograman
Introduction to Algorithm and Programming
Algoritma Program Pemrograman
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
Algoritma dan Pemrograman
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
Dasar- Dasar Algoritma
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Algoritma Pemrograman
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Tenia Wahyuningrum, SKom., MT Dasar-dasar Algoritma.
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
IS 114 Semester Ganjil TA 2010/2011 Politeknik Telkom 2010.
Dasar-Dasar Pemrograman
 Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan untuk mendeskripsikan proses komputasi dalam format yang dapat dibaca oleh komputer dan manusia.
Algoritma dan Pemrograman
Dasar Algoritma dan Pemrograman
Mahasiswa diharapkan dapat:
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
Bahasa Pemrograman dasar
Dasar Algoritma & Pemrogramn KUG1C3
Algoritma dan Pemrograman 1
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Pendahuluan TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman Dosen: Abdillah, MIT
Pendahuluan TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman Dosen: Abdillah, MIT
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Komputasi dan Pemrograman
Pengantar Pemrograman
Algortima dan Pemrograman
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
YOHANA NUGRAHENI Pengantar Algoritma YOHANA NUGRAHENI
PENDAHULUAN.
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Dasar-Dasar Pemrograman
Pengantar.
Pertemuan 1.
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
Introduction to Algorithm and Programming
Perangkat Lunak (Software) Komputer
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Introduction to Algorithm and Programming
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Dasar-Dasar Pemrograman
Pemrograman Visual I D3 Manajemen Informatika
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Logika dan Algorithma 2 SKS
Dasar-Dasar Pemrograman
Pengantar Pemrograman
Pendahuluan Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
Introduction to Algorithm and Programming
Algoritma pemrogaman komputer
Kontrak Perkuliahan Algoritma dan Pemrograman
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 2017.
Pengantar Pemrograman
Kontrak Kuliah Dasar Pemrograman Semester gasal 2010/2011
Pengantar Pemrograman
Dasar Konstruksi Pemrograman
Transcript presentasi:

Algoritma dan Pemrograman PERTEMUAN I

Aturan Selama Mengikuti Kuliah Harus punya niat untuk belajar Perkuliahan diawali dengan doa Berpakaian rapi (baju berkerah, sepatu) Silent/matikan HP saat perkuliahan berlangsung Keterlambatan maksimal 30 menit Mengikuti perkuliahan min 14 kali pertemuan Wajib hadir UTS & UAS Kalau mau izin, HARUS menyertakan surat dokter/surat resmi. Komting/ketua kelas

Sistem Penilaian Tugas 40% UTS 30% UAS 30%

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER RPS RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

Kompetensi Dasar Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat: Memahami tujuan kuliah algoritma pemrograman Mengetahui pokok bahasan yang merupakan cakupan pembelajaran dalam mata kuliah algoritma pemrograman Mengetahui paradigma pemrograman

REKAYASA PERANGKAT LUNAK(RPL) ???

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak Menurut IEEE 610.12 “Rekayasa perangkat lunak adalah sebuah studi dan aplikasi dari sebuah pendekatan kuantifiabel, disiplin, dan sistematis kepada pengembangan, operasi dan pemeliharaan perangkat lunak yang kesemuanya itu merupakan aplikasi rekayasa yang berkaitan dengan perangkat lunak.” “Suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan” (Sumber https://www.it-jurnal.com)

Tahapan dalam RPL Analisis Desain Coding Pengujian Pemeliharaan

Coding/Pengkodean/Pemrograman Pemrograman = Algoritma + Bahasa Pemrograman (Program) adalah kumpulan dari pernyataan yang dapar dieksekusi oleh computer Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis dalam sebuah program Bahasa yang dimaksud disini adalah bahasa yang dimengerti oleh komputer

Bahasa Pemrograman Sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. (Sumber wikipedia)

Contoh Bahasa Pemrograman Bahasa Tingkat Tinggi Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasa tersebut mendekati bahasa manusia. Contohnya bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java, PHP. Bahasa Tingkat Menengah Disebut tingkat menengah karena bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi maupun rendah. Contohnya bahasa C. Bahasa Tingkat Rendah Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasanya masih jauh dari bahasa manusia Contohnya bahasa Assembly.

Masih ngga ngerti, apa sih maksudnya  Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110 Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode- kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.

Contoh Bahasa Pemrograman A# .NET A# (Axiom) C C-- C-script C++ - ISO/IEC 14882 C# - ISO/IEC 23270 C shell (csh) Java JavaScript Python Ruby Visual Assembler Visual Basic Visual Basic .NET Visual DataFlex Grass Green dsb

Definisi Algoritma Yaitu susunan logis dan sistematis yang digunakan untuk memecahkan atau pun menyelesaikan suatu permasalahan tertentu Dalam dunia pemrograman, algoritma digunakan untuk membangun berbagai macam software yang digunakan pada perangkat computer, Tanpa algoritma yang tepat, susunan sintax atau pun baris - baris kode bahasa pemrograman yang telah dibuat tidak akan ada artinya sama sekali. Hal ini dikarenakan seluruh baris - baris kode yang dibuat itu diatur sepenuhnya oleh algoritma yang dibuat

Contoh Kasus Pencarian Algoritma B Bagaimana caranya menukar isi cairan di kedua ember? A B Terdapat dua buah ember. Ember A dan ember B. Ember A berisi cairan berwarna biru, ember B berisi cairan berwarna kuning.

Tambahkan 1 ember kosong (Ember C) Tuangkan cairan biru dari ember A ke ember C Tuangkan cairan kuning dari ember B ke ember A Tuangkan cairan kuning dari ember C ke ember B

Kasus I Case : Membuat Nasi Goreng Requirement : Bahan Baku Algoritma : Panaskan minyak dalam wajan Masukkan bumbu Tumis hingga wangi Masukkan nasi Aduk nasi dan bumbu hingga merata

Tugas Kelompok 4 orang Buat contoh kasus beserta algoritma penyelesaian kasus tersebut

PR Pahami mengenai materi hari ini Cari tahu mengenai flowchart dan pseudocode Download dan install Netbeans di PC masing-masing Sumber : https://netbeans.org/