Visual Swing Java JTable

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemograman 1 Pertemuan 7.
Advertisements

Penggunaan Kontrol Array
MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Java Database Connectivity dan Studi Kasus Online BookShop
Java array.
Hubungan Antar Kelas.
Pemrograman Dasar Java
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
PERTEMUAN III SINTAK LANJUT VB
Pemrograman Database Nyimas Artina, S.Kom, M.Si.
Komponen-Komponen dalam J2ME
07 Advanced Class Features
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
LOOPING dan array Tinaliah, S. Kom.
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
Dasar-dasar Visual Basic
Pemrograman Berorientasi Obyek Lanjut (IT251)
Pemrograman VB.NET Pertemuan 3.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Presented by : Herianto
1 Pertemuan 09 Menu Matakuliah: T0063/Pemrograman Visual Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Graphical User Interface
STACK.
Java array.
Bahasa Pemrograman Operasi File Oleh: Chaerul Anwar, MTI.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman Pertemuan 2-3
Step by step membuat Kalkulator.java menggunakan Java GUI
Membuat File Database & Tabel
Pemrograman Database dengan ADO Data Control pada Visual Basic
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Graphical User Interface (GUI)
JAVA ARRAY.
Pemrograman Visual I Outline: File Namespace io File teks
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #8
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Objek-Oriented Programming (OOP)
Java array.
PERTEMUAN VII ARRAY Tujuan Instruksional Umum :
Java array.
Mengenal Integrated Development Environment (IDE) VB 6
Membuat File Database & Tabel
Bahasa Pemrograman 1 ACTIVE X DAN MDI Chapter 05 bimocahyo bimocahyo.
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Java array.
Membuat File Database & Tabel
Interface.
Java array.
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Dhefi Cahyadi, S. Kom ARRAY / LARIK Lanjutan Dhefi Cahyadi, S. Kom
Pemrograman Berorientasi Obyek
GUI Stiki © 2014.
Java array.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Java array.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pemrograman Berorientasi Objek
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Procedure dan Function
Bahasa Pemrograman Latihan Database.
Create Read Update Database
Bahasa Pemrograman Review - Latihan.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Visual Swing Java JTable Bahasa Pemrograman Visual Swing Java JTable

JTable JTable adalah class java pada paket javax.swing, JTable adalah class yang mempunya bentuk visual, sehingga perlu membentuk kontainer sebagai penampung JTable. TableModel hanya mendefinisikan penanda metoda yang sifatnya umum dan belum mempunyai implementasi sama sekali. Sebagian besar implementasi metoda berada di kelas abstrak AbstractTableModel.

Jtable – DefaultTableModel Kelas konkrit DefaultTableModel merupakan perluasan dari kelas abstrak AbstractTableModel dan mengimplementasikan secara default sedikitnya tiga metoda yang belum diimplementasikan di kelas abstrak AbstractTableModel. Ketiga metoda tersebut adalah getColumnCount, getRowCount getValueAt. Data yang terdapat di kelas DefaultTableModel disimpan di vektor (obyek dari kelas Vector) dimana elemen vektor tersebut adalah larik obyek.  TableModel interface methods and descriptions.

Latihan 1: Class:frmTable1 title: Table Mahasiswa

Latihan 1: Class:frmTable1 title: Table Mahasiswa

Latihan 1: Class:frmTable1 title: Table Mahasiswa variable name : tblMhs Delete Row hingga habis semua

Event btnTambah Untuk menambah Row DefaultTableModel tbl = (DefaultTableModel)tblMhs.getModel() ; String[] isi = {"","","",""}; tbl.addRow(isi) ; }

Runing Program Klik Tambah Row Akan menghasilkan Row kosong

Latihan 2 : Class:frmBiodata Title form : Biodata Jika Tombol Tambah Diklik maka akan menambah data sesuai dengan text yang Ditulis Object : txtNo, txtNama, txtAlamat, txtHobi. private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { DefaultTableModel tbl = (DefaultTableModel)tblMhs.getModel() ; String[] isi = {txtNo.getText(),txtNama.getText(),txtAlamat.getText(),txtHobi.getText()}; tbl.addRow(isi) ; }

Running Program private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { DefaultTableModel tbl = (DefaultTableModel)tblMhs.getModel() ; String[] isi = String[] isi = {txtNo.getText(),txtNama.getText(),txtAlamat.getText(),txtHobi.getText()}; tbl.addRow(isi) ; } txtNo.setText(“”); txtNama.setText(“”); txtAlamat.setText(“”); txtHobi.setText(“”);

Latihan 3 : Modifikasi Latihan 2 dengan menambahkan button Hapus Pada event jTable1.FocusGained Capture lokasi Row index ke variable i. Kita jadikan variable i sebagai variable global yang bisa diakses di semua object Pada saat ada pesan kesalahan klik lampu lalu pilih addfield Untuk tombol hapus .. Click dahulu row yang hendak dihapus.. Lalu klik hapus private void jTable1FocusGained(java.awt.event.FocusEvent evt) { i =tblMhs.getSelectedRow(); }

Event pada tombol hapus private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { DefaultTableModel tbl = (DefaultTableModel)tblMhs.getModel() ; tbl.removeRow(i) ; }

Latihan 4 : frmTabelPangkat

Code BtnCari private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { int i = Integer.parseInt(jTextField1.getText()); int y = Integer.parseInt(jTextField2.getText()); DefaultTableModel tbl = (DefaultTableModel)jTable1.getModel() ; for (int x=i; x<=y;x++) { int kwadrat = x*x; int pangkat3 = x*x*x; String[] baris = {String.valueOf(x),String.valueOf(kwadrat),String.valueOf(pangkat3)}; tbl.addRow(baris); } //akhir for } *Kelemahannya apabila dicari kembali maka akan terus menambah row sebelumnya * Angka di textfield1 kiri harus lebih kecil dari yang textfield2 dikanan.

Code BtnCari-Edited private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { int i = Integer.parseInt(jTextField1.getText()); int y = Integer.parseInt(jTextField2.getText()); int j = jTable1.getModel().getRowCount() ; DefaultTableModel tbl = (DefaultTableModel)jTable1.getModel() ; //cek jika sudah ada isinya atau belum if (j > 0) { tbl.setNumRows(0); } //Cek apakah i lebih besar dari y, jika iya maka tukar nilai y jadi i dan i jadi y If (i > y) { int w = y; //utk menampung nilai y sementara y = i; i= w; } for (int x=i; x<=y;x++) int kwadrat = x*x; int pangkat3 = x*x*x; String[] baris = {String.valueOf(x),String.valueOf(kwadrat),String.valueOf(pangkat3)}; tbl.addRow(baris); } //end for

Latihan 5 Bahasa Pemrograman , Chaerul Anwar, MTI Buatlah form mencari Deret ===================================== JText Area Bersihkan nilai jTextArea terlebih dahulu untuk menghapus nilai sebelumnya (jika sudah pernah dijalankan ) Gunakan if untuk menentukan nilai tertinggi dan terendah Gunakan loop for () Gunakan method append untuk mengisi nilai Pada JTextArea jTextArea1.append(String.valueOf(i) + " ");

Latihan 5 Bahasa Pemrograman , Chaerul Anwar, MTI Buatlah form mencari Deret ====================================

TERIMA KASIH