Membuat Electronic Book (e-book) Short Training Membuat Electronic Book (e-book) Aplikasi Kotobee
E-book (electronic book) atau, buku elektronik atau dikenal juga dengan digital book, adalah evolusi dari buku cetak yang biasa kita baca sehari-hari. E-book adalah buku yang dipublikasikan dalam format digital berisi menggabungkan teks, grafik, audio, video, yang dapat dibaca melalui perangkat komputer atau perangkat digital lainnya yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi Short Training E-Book
Kelebihan E-Book Minat baca semakin meningkat, di jaman sekarang ini, orang menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar monitor daripada di depan buku cetak. Daya tahan buku lebih awet, e-book tidak mengenal umur atau tahan lama (tidak terbakar, berjamur, keropos, busuk, atau hancur lebur). E-book juga menjamin bahwa literatur akan tetap ada Memperbaharuinya lebih mudah, untuk memperbaiki kesalahan atau me- nambah informasi baru. Bisa dibawa kemana saja (portable). Kita dapat membawa koleksi seluruh perpustakaan di dalam satu DVD. Dapat dilengkapi dengan multimedia: gambar diam, gambar bergerak, dan suara
Kekurangan E-book Membutuhkan suatu perangkat lunak untuk membukanya, baik komputer atau alat lainnya. Sehingga kita membutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk membukanya, sedangkan buku biasa dapat langsung kita buka dan tutup sesuka hati. E-book memiliki berbagai format, yang terlihat dari extension filenya seperti pdf, txt, doc, chm, dejavue, iSilo, dan lain-lain. Hal ini membuat dibutuhkan berbagai aplikasi berbeda untuk membukanya maupun membuatnya Mata yang tidak terbiasa untuk membaca di monitor. Hal ini membuat kebanyakan orang cenderung mencetak e-book dengan printer, setelah membaca beberapa halaman dari e-book.
Penetapan isi dan model Alat bantu mengajar Guru Guru Media Media Penetapan isi dan model Tujuan Siswa Belajar mandiri siswa Apa yang ingin Anda buat dengan aplikasi E-Book ini untuk pembelajaran ?
Prinsip yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan mengembangkan E-Book Menyajikan pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit Menyajikan pelajaran yang terkendala keterbatasan ruang dan waktu Sumber belajar; untuk pengayaan dan remedial Dapat menyajikan objek pembelajaran yang langka dan bahaya ke dalam kelas Modul; kesatuan bahan belajar yang disajikan dalam bentuk “self- instruction”, Menyajikan pelajaran yang keterbatasan indra manusia
Langkah menyusun E-Book 4 tahapan dasar proses pengembangan suatu intruksional media berbasis multimedia Planning Intructional design Prototype Test berkaitan dengan perencanaan data media berdasarkan kurikulum dan tujuan pembelajaran. perencanaan direalisasikannya dalam bentuk rancangan hasil rancangan kemudian diwujudkan dalam bentuk purwarupa atau produk. produk yang dihasilkan kemudian diujicoba, ujicoba dilakukan untuk menguji reliabilitas, validitas, dan objektivitas media.
Tahap planning
Tahap Intructional design Rancangan Buku Rancangan Modul PENDAHULUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 Ø TUJUAN PEMBELAJARAN URAIAN: contoh - contoh, ilustrasi/diagram, ump an balik LATIHAN/AKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 ilustrasi/diagram, umpan balik KEGIATAN PEMBELAJARAN …. LATIHAN/AKTI VITAS PENUTUP/TES
Tahap Prototype Aplikasi Kotobee hasil rancangan kemudian diwujudkan dalam bentuk purwarupa atau produk. Aplikasi Kotobee Kotobee Author adalah perangkat lunak pembuat ebook untuk Windows dan Mac yang memungkinkan Anda membuat ebooks yang kaya dengan konten interaktif yang didukung untuk berbagai format Kotobee Author cocok untuk pendidikan, pelatihan, dan penerbitan. Penulis Kotobee adalah pemenang Smart Media Award 2016 dari Academics 'Choice 2016. Anda dapat dengan mudah membuat ebook interaktif dengan video, audio, 3D, widget buku, pertanyaan, dan banyak lagi.
Instal Kotobee Download Aplikasi dan sesuaikan Instal sesuai dengan keadaan computer WIN 32 atau WIN 64
Mendapatkan seriar number untuk lisensi gratis Buka aplikasi kotobee Membuat e-book dengan tampilan menyesuaikan dengan perangkat.
Mendapatkan seriar number untuk lisensi gratis Masukan e-mail Anda seriar number untuk lisensi gratis yang akan dimasukan ke dalam aplikasi kotobee Lengkapi identitas disamping lalu klik submit
Area kerja kotobee Klik enter seriar number Seting tampilan Manajemen Menu kerja Publish akhir Area kerja kotobee
Menu penyutingan Membuka berkas baru Menyimpan berkas Import PDF Import EPUB Memberikan judul buku Import WEB Insert cover Memberikan judul buku Memberi ISDN Mencantumkan penerbit Mengganti penyajian tampilan Memberi deskripsi singkat ebook Menambah bab dan sub bab menghapus bab dan sub bab duplikasi bab dan sub bab Mengatur urutan bab dan sub bab Keluar manager
Menu formating Menu sisipan Digunakan untuk mengatur formating dari tulisan yang kita buat. Dalam menu ini kita dapat mengatur bentuk, besar dan jenis huruf yang kita gunakan seperti yang terdapat pada aplikasi word. Menu sisipan Menyisipkan 1 buah gambar Menyisipkan banyak gambar Fokus kita dalam pelatihan singkat ini adalah menyisipkan : Menyisipkan anchor Membuat link Membuat pertanyaan Menyisipkan video Menyisipkan suara Menyisipkan widget (aplikasi luar) membuat gambar 3d Membuat kotak isian
Menyisipkan gambar Mengatur ukuran gambar Mengatur letak gambar Mengatur posisi gambar
Mengatur ukuran gambar Menyisipkan galeri Mengatur ukuran gambar Mengatur letak gambar Beri judul gambar
Menyisipkan video Mengambil dari youtube Mengatur ukuran gambar Mengatur letak gambar
Mengambil dari internet Menyisipkan suara Mengambil dari internet
Isikan alamat web di internet Menyisipkan link Isikan alamat web di internet
Jenis soal dan nambah soal Membuat soal Judul tes Jenis soal dan nambah soal soal
Export hasil Menjadi epub Publish secara online
Hasil publish Publish secara online Menjadi epub
Melihat hasil kerjaan (KOTOBEE reader) Instal kotobee di HP
Terima Kasih