Setelah mengikuti kegiatan belajar 1 ini siswa diharapkan dapat : 1) Memahami paradigma pemrograman berorientasi obyek 2) Menganalisis perbandingan pemrograman procedural dan pemrograman berorientasi obyek
Apa yang Anda Ketahui apa itu Paradigma? Pemrograman? Berorientasi Obyek?
– Paradigma adalah suatu cara pandang atau cara berpikir – Paradigma objek adalah cara pandang yang memandang SEGALA SESUATU sebagai OBJEK – OBJEK Berbagai benda di sekitar kita adalah objek nyata,yang dapat dilihat seperti : kucing, meja, rumah,orang, dll
- Objek adalah abstraksi dan sesuatu yang mewakili dunia nyata seperti benda, manusia, satuan organisasi, tempat, kejadian, struktur, status,atau hal-hal lain yang bersifat abstrak. - - Objek merupakan suatu entitas yang mampu menyimpan informasi (status) dan mempunvai operasi(kelakuan) yang dapat diterapkan atau dapat berpengaruh pada status objeknya. A. Objek (object)
Objek Object adalah gabungan antara beberapa data dan fungsi yang masing-masing bekerja bersama-sama dan tidak dapat dipisahkan. Gabungan dari data dan fungsi tersebut akan membentuk suatu object-object yang aktif. Dari kumpulan beberapa object yang sama akan membentuk struktur baru yang disebut class.
Kelas adalah kumpulan objek-objek dengan karakteristik. Kelas merupakan bentuk struktur pada kode program yangmenggunakan metodobgl berorientasi objek.
Karakteristik Objek Suatu contoh : Singa merupakan objek dari binatang buas, Manusia merupakan dari makhluk hidup ciptaan Allah SWT, keyboard merupakan objek dari perangkat keras komputer, mobil merupakan objek dari alat transportasi.
Objek didunia nyata sangatlah sederhana, tetapi dalam pemrograman mempunyai penanganan yang unik dan tidak sederhana di dunia nyata. Penanganannya bias saja dinyatakan beberapa cara, seperti alamat, indeks, dari array atau nilai unik dari atribut.
Operasi atau metode atau method pada sebuah kelas hampir sama dengan fungsi atau prosedur pada metodologi struktural. Sebuah kelas boleh memiliki lebih dari satu metode atau operasi. metode atau operasi yang berfungsi untuk memanipulasi objek itu sendiri.
Metode >> Selain memiliki atribut(STATE) yang diimplementasikan sebagai data member di atas, manusia juga dapat melakukan suatu aksi atau pekerjaan tertentu (BEHAVIOR) – Contoh aksi/behavior yang umum adalah menangis dan tertawa –behavior tsb bisa dipindahkan ke dalam bahasa pemrograman menjadi method sbb :
Atribut dari sebuah kelas adalah variabel global yang dimiliki sebuah kelas. Atribut dapat berupa nilai atau elemen-elemen data yang dimiliki oleh Objek dalam kelas objek. Atribut dipunyai secara individual Oleh sebuah objek, misalnya berat, jenis, nama, dan sebagainya.
SILAHKAN PERWAKILAN KELOMPOK TULIS HASIL PENGAMATAN KELOMPOK ANDA DI PAPAN TULIS
Pemrograman tidak terstruktur atau Programming Monolithic Pemrograman prosedural Pemrograman struktural Pemrograman Berorientasi Objek