TRANSFORMASI & Flipping Coin

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 03: Grafika Komputer: Windows dan Viewport
Advertisements

Titik yang terletak di tengah-tengah alas dan tutup tabung disebut titik….alas dan titik….tutup tabung.
STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN DAN STRUKTUR KONTROL LOMPATAN
BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK
TRANSFORMASI GEOMETRI
Transformasi geometri.  Pemindahan objek (titik, garis, bidang datar) pada bidang.  Perubahan yang (mungkin) terjadi: Kedudukan / letak Arah Ukuran.
ARRAY (Lanjutan).
Praktikum Grafika Komputer
Pembahasan soal-soal pemrograman terstruktur
PENGENALAN c++ DAN STRUKTUR DASAR C++
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
ARRAY OF STRUCT Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Imam Cholissodin| 04 |Transformations Imam Cholissodin|
Dasar Komputer & Pemrograman 2A (BAHASA C)
STRUCT OF ARRAY Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
PERTEMUAN KE-9 IFII SAINTEC UIN SGD. FUNCTION (FUNGSI) Function (fungsi) adalah kumpulan pernyataan/statement yang diberi nama, dimana nama tersebut dapat.
contoh aplikasi sederhana yang terpaksa menggunakan
Pertemuan 11 Interaksi User Diadaptasi dari paint.c E. Angel.
Bab 4 Tools untuk Menggambar : Window dan viewport
Praktikum 2.
Tipe Data - Variabel Di dalam memprogram sering dilakukan penyimpanan nilai dalam suatu variabel (mis: a = b+c ). Terlebih dahulu dilakukan deklarasi variabel.
TRANSFORMASI 2D.
Elemen Dasar C Identifier :
Transformasi Geometri Sederhana
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Transformasi Geometri Sederhana
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Transformasi 2D Grafika Komputer.
GEOMETRI Probolinggo SMK Negeri 2 SUDUT DAN BIDANG.
Anna Dara Andriana, S.Kom., M.Kom
Transformasi geometri
2. Pengenalan Program C++
TYPE DATA ,VARIABEL &KONSTANTA Dalam C++
THREAD (Multi Threading).
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Transformasi.
Program komputer Sebuah program komputer yang ditulis dengan bahasa apapun dapat dipandang sebagai sebuah himpunan operasi yang dikerjakan pada data-data.
BAB 4 Tools untuk Menggambar : Window dan viewport
Transformasi 2D.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
~ PERTEMUAN 4 KONSEP TIPE DATA ~
Kelompok 2 Agra Ahmad Afandi Ahmad Afif Alfian Hadi Pratama
Pertemuan 5 (Variabel dan konstanta) .:: Erna Sri Hartatik ::.
BAB VI – FRIEND (KHUSUS C++)
Transformasi 3 Dimensi Disampaikan oleh: Edy Santoso, S.Si., M.Kom
Pertemuan 2 Pengantar Bahasa C dan Lingkungan Pemrograman Grafik dengan OpenGL Senin Wage, 28 September 2009.
Assalamu ‘alaikum Wr Wb
Algoritma Struktur Data
Grafika Komputer Transformasi 2 Dimensi.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
Transformasi Translasi
DIMENSI DUA transformasi TRANSLASI.
ANALISIS ALGORITMA DALAM PENERAPAN GAMBAR
Transformasi 3D Grafika Komputer Defiana Arnaldy, M.Si
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Bani Saleh
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
KELOMPOK 4 : 1. BASKORO YOGA 2. MUDIONO 3. MOHYAR ARI SISWANTO 4. SITI SUHAMI 5. TUTI SURYATUL AZMI.
Peta Konsep. Peta Konsep C. Penerapan Matriks pada Transformasi.
Peta Konsep. Peta Konsep A. Macam-Macam Transformasi.
Peta Konsep. Peta Konsep B. Transformasi pada Garis dan Kurva.
Peta Konsep. Peta Konsep A. Komposisi Transformasi.
Peta Konsep. Peta Konsep C. Transformasi Geometris.
Peta Konsep. Peta Konsep A. Komposisi Transformasi.
Disusun oleh : miftakhul huda, S.Pd. TRANSLASI TUJUAN : SISWA DAPAT MENJELASKAN KONSEP DAN PENGERTIAN TRANSLASI SISWA DAPAT MENENTUKAN SIFAT-SIFAT TRANSLASI.
Oleh : Devi Viatnasari, S.Pd ( SMPN 1 SUMUR ). Pokok Bahasan : LINGKARAN.
Masih Tentang Luas.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
TRANSFORMASI.
Transcript presentasi:

TRANSFORMASI & Flipping Coin

Transformasi Translasi  objek dipindah kelokasi baru tanpa mengubah bentuk ukuran atau orientasinya. Skala  objek diperbesar/diperkecil. Rotasi/Putar  objek diputar terhadap titik tertentu tanpa mengubah bentuk dan ukurannya.

contoh skala translasi before rotasi after

Pengenalan Konsep yang terpenting dalam grafika komputer adalah Transformasi Affine. Pada dasarnya, transformasi ini adalah memindahkan objek tanpa merusak bentuk.

Transformasi Affine Transformasi Affine mempertahankan garis dan bidang. – Mempertahankan keliniearan dan kedatarannya Garis tetap sebagai garis Bidang tetap datar

. . . Transformasi Affine mempertahankan garis dan bidang. – Jika 2 garis paralel dikenakan transformasi yang sama maka hasil setelah transformasi tetap juga paralel. – Demikian juga untuk bidang

glTranslated Akan ditranslasikan bangunan persegi dengan glTranslated( x, y, z) dan warnanya diganti dengan warna biru void myDisplay(void) { glColor3f (0.0, 1.0, 0.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glPushMatrix(); glTranslated(150,150,0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glPopMatrix(); glFlush (); }

Coding : #include <windows.h> #include <gl/Gl.h> #include <gl/glut.h> void myInit(void) { gluOrtho2D(0.0, 640.0, 0.0, 480.0); } void myDisplay(void) glColor3f (0.0, 1.0, 0.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glPushMatrix(); glTranslated(150,150,0); glPopMatrix(); glFlush (); void main(int argc, char** argv) glutInit(&argc, argv); glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); glutInitWindowSize(640,480); glutInitWindowPosition(100, 150); glutCreateWindow("transformasi"); glutDisplayFunc(myDisplay); myInit(); glutMainLoop();

glRotate Bangun persegi diputar glRotate(degrees, x, y, z); , warnanya diganti dengan warna merah. void myDisplay(void) { glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (1.0, 0.0, 0.0); glPushMatrix(); glRotatef(30.0f, 0.0f, 0.0f, 1.0f); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glPopMatrix(); glFlush (); }

Coding : #include "stdafx.h" #include <windows.h> #include <gl/Gl.h> #include <gl/glut.h> void myInit(void) { gluOrtho2D(0.0, 640.0, 0.0, 480.0); } void myDisplay(void) glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (1.0, 0.0, 0.0); glPushMatrix(); glRotatef(30.0f, 0.0f, 0.0f, 1.0f); glPopMatrix(); glFlush (); void main(int argc, char** argv) glutInit(&argc, argv); glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); glutInitWindowSize(640,480); glutInitWindowPosition(100, 150); glutCreateWindow("transformasi"); glutDisplayFunc(myDisplay); myInit(); glutMainLoop();

glScaled Atau diskala glScaled(x, y, z); dan warnanya diganti dengan kuning. void myDisplay(void) { glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glPushMatrix(); glScalef(0.5f, 0.5f, 1.0f); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glPopMatrix(); glFlush (); }

Coding : #include "stdafx.h" #include <windows.h> #include <gl/Gl.h> #include <gl/glut.h> void myInit(void) { gluOrtho2D(0.0, 640.0, 0.0, 480.0); } void myDisplay(void) glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glPushMatrix(); glScalef(0.5f, 0.5f, 1.0f); glPopMatrix(); glFlush (); void main(int argc, char** argv) glutInit(&argc, argv); glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); glutInitWindowSize(640,480); glutInitWindowPosition(100, 150); glutCreateWindow("transformasi"); glutDisplayFunc(myDisplay); myInit(); glutMainLoop();

Coding Flipping Coin : #include <stdlib.h> #include <math.h> #include <gl/glut.h> const double phi = 3.141592653589793; int A; float sudut = 0; void lingkaran(int jari2, int titik, int lebar, int tinggi) { glBegin(GL_POLYGON); for (A = 0; A <= 400; A++) { float sudut = A * (2 * phi / titik); float x = lebar + jari2 * cos(sudut); float y = tinggi + jari2 * sin(sudut); glVertex2f(x, y); } glEnd(); void shape() { glPushMatrix(); lingkaran(1, 320, 0, 0); glPopMatrix(); void myDisplay(void) { glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); glClearColor(1.0, 1.0, 1.0, 1.0); glScalef(sudut*0.001, sudut*0.001, 1.0f); glTranslated(sudut / 500, 0.2, 0); glRotated(sudut * 100, 0, sudut, 0); glColor3f(sudut*0.003, 1 - sudut * -0.003, 1 - sudut * 0.001); shape(); glFlush(); void timer(int value) { sudut -= -0.06; glutPostRedisplay(); glutTimerFunc(1, timer, 0); void main(int argc, char**argv) { glutInit(&argc, argv); glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); glutInitWindowSize(640, 480); glutInitWindowPosition(100, 150); gluOrtho2D(-1000, 1000, -1000, 1000); glutCreateWindow("Tranformasi"); glutDisplayFunc(myDisplay); glutTimerFunc(100, timer, 0); glutMainLoop(); }s