Metode penelitian Usability Nielsen Julio Warmansyah
Usability Suatu metode untuk mengukur tingkat kualitas dari sistem yang mudah dipelajari.seberapa
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan user untuk menyeleseikan tugas dasar ketika pertama kali mereka melihat atau berhadapan dengan system yang ada.
Efficiency menjelaskan seberapa cepat pengguna dapat menyelseikan tugas-tugas yang ada saat user pertama kali mempelajari web tersebut
Memorability menjelaskan tentang tingkat kemudahan user dalam menggunakan web dangan baik setelah beberapa lama tidak mengunakan
Errors menjelaskan kemungkinan terjadinya error atau kesalahan yang dilakukan oleh user dan seberapa mudah mengatasinya
User satisfaction Menjelaskan tentang tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan web yang telah dibuat
Skala Likert 5untuk mengukur sikap , pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang kejadian atau gejala sosial.
Instrumen Penelitian Instrumen penelitian adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur fenomena alam maupun sosial yang diamati. Secara spesifik semua fenomena ini disebut variabel penelitian (Sugiyono, 2009, p. 102). Dalam penelitian ini untuk memudahkan penelitian digunakan alat instrument penelitian
Skala Likert Skala likert digunakan untuk mengukur sikap , pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang kejadian atau gejala sosial (Suryo Guritno:2011). Skala Likert merupakan suatu skala psikometrik yang umum digunakan dalam kuesioner, dan merupakan skala yang paling banyak digunakan dalam riset berupa survei. Penggunaan yang penelitian yang sering menggunakan skala ini adalah bila penelitian menggunakan jenis penelitian SURVEI DESKRIPTIF (Gambaran). Nama skala ini diambil dari nama penciptanya Rensis Likert, yang menerbitkan suatu laporan yang menjelaskan penggunaannya. Sewaktu menanggapi pertanyaan dalam skala Likert, responden menentukan tingkat persetujuan mereka terhadap suatu pernyataan dengan memilih salah satu dari pilihan yang tersedia. Biasanya disediakan lima pilihan skala dengan format seperti:
Karakteristik dari pertanyaan Pertanyaan Positif (+) Skor 1. Sangat (tidak setuju/buruk/kurang sekali) Skor 2. Tidak (setuju/baik/) atau kurang Skor 3. Netral / Cukup Skor 4. (Setuju/Baik/suka) Skor 5. Sangat (setuju/Baik/Suka) Pertanyaan Negatif (-) Skor 1. Sangat (setuju/Baik/Suka) Skor 2. (Setuju/Baik/suka) Skor 3. Netral / Cukup Skor 4. Tidak (setuju/baik/) atau kurang Skor 5. Sangat (tidak setuju/buruk/kurang sekali)
Usability Merupakan bagian dari bidang disiplin ilmu Human Computer Interaction (HCI). Disampaikan oleh (Nugroho:2009)Human Computer interaction merupakan bisang ilmu yang berkembang sejak tahun 1970 yang mempelajari bagaimana mendesain tampilan layar komputer dalam suatu aplikasi sistem informasi agar nyaman dipergunakan oleh pengguna.
Usability Usability adalah tingkat kualitas dari sistem yang mudah dipelajari, mudah digunakan dan mendorong pengguna untuk menggunakan sistem sebagai alat bantu positif dalam menyelesaikan tugas. Dalam konteks ini, yang dimaksud sebagai sistem adalah perangkat lunak. Usability adalah suatu ukuran, dimana pengguna dapat mengakses fungsionalitas dari sebuah sistem dengan efektif, efisien dan memuaskan dalam mencapai tujuan tertentu. Terdapat banyak definisi usability menurut beberapa referensi baik itu perorangan maupun lembaga. Menurut Jakob Nielsen usability adalah mendefinisikan usability sebagai ukuran kualitas pengalaman pengguna ketika berinteraksi dengan produk atau sistem apakah situs web, aplikasi perangkat lunak, teknologi bergerak
Pendekatan Metode Usability Nielsen Pengumpulan Kuesioner Kerangka pemikiran Identifikasi Masalah Pendekatan Metode Usability Nielsen Penyebaran Kuesioner Pengumpulan Kuesioner Analisis Data Hasil Analisa Kesimpulan
Terimakasih