NoNamaPenjelasan 1 Header Menu utama Blender yang terdiri dari File, Add, Render dan Help 2 Viewport tampilan yang terdiri dari objek 3D dan objek lainnya 3 Toolbar terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya 4Outlinerstruktur data dari objek pada Blender 5 Properties panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi 6 Timeline instruksi yang terkait dengan frame animasi
1.Siapkan installer Blender (dapat diunduh di laman 2.Instal Aplikasi Blender dan tekan next
3. Pilih I Agree
4. Setelah itu muncul tampilan checkbox. Pastikan semua checkbbox sudah dicentang dan tekan next
5. Pilih Instal dan tunggulah sampai proses selesai
6. Tunggu proses instalasi sampai selesai lalu tekan finish, tunggu sampai instalasi Blender selesai.
Pemodelan merupakan salah satu langkah dalam simulasi visual yang membentuk dan mendesain suatu benda atau objek sehingga terlihat seperti aslinya. Proses ini secara keseluruhan dikerjakan dengan bantuan komputer. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam proses ini yang semuanya berpengaruh terhadap hasil akhir simulasi visual yaitu metode deskripsi objek, tujuan model, tingkat kerumitan, biaya dan kemudahan manipulasi model.
Dalam pemodelan 3D ada beberapa metode yang digunakan : 1.Metode Poligon merupakan bentuk segitiga atau segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap poligon atau area menentukan sebuah bidang datar, sehingga kita dapat menciptakan bentuk permukaan objek. Contoh : untuk memperoleh permukaan yang kasar tidak diperlukan banyak poligon, begitupun sebaliknya
Dalam pemodelan 3D ada beberapa metode yang digunakan : 2. Metode Nurbs (Non-Uniform Rational Bezier Spline) metode ini dibentuk dengan menggunakan tiga titik. 3. Metode Subdivision
Texturing merupakan proses pemberian gambar tertentu pada permukaan objek agar terkesan lebih nyata. Texturing juga dapat diartikan sebagai proses pemberian karakteristik permukaan pada objek. Maksud dari karakteristik adalah pewarnaan, bayangan, cahaya, motif dan lainnya.
Setting environment adalah bagian pengaturan suasana setelah pemodelan, secara dasar ada trik yang sering dipakai untuk pemula yaitu dengan memilih mode world (memilih ikon bola dunia) di properties kemudian kita tinggal mengaturnya.