Perancangan Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pemrograman Sistem terdistribusi
KONSEP PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 3 PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK….cont Febriyanno Suryana, S.Kom, MM SI
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)
21-Aug-14 OO Concept E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Kuliah 3 : Administrative dan Introduction 8 Oktober 2010.
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Model Basis Data Pertemuan 6.
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak
Analisis Model.
TESTING & IMPLEMENTASI SISTEM
Pengembangan dan Perancangan Perangkat Lunak
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Dasar-dasar Konsep Object & Metode Pengembangan Sistem
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Desain Berorientasi Obyek dan UML
Analisa dan Desain dalam Penelitian
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI TEKNIK INFORMATIKA
PEMODELAN PERANCANGAn
System Development Life Cycle
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Suwirno Mawlan, S.Kom., M.T.I. Tata tertib 1.Tidak boleh memakai sendal 2.Berbaju rapih (berkerah) 3.Tidak boleh makan dan minum di kelas 4.Mematikan.
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
Analisis Model.
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Desain Sistem.
OOidentity, state and behavior
PENDEKATAN UNTUK MEMBANGUN SISTEM
Perancangan Sistem Informasi
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
ANALISIS BERORIENTASI OBJEK
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Konsep Pemrograman berorientasi Objek
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pengembangan Perangkat Lunak
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Perancangan Perangkat Lunak
ALFIARINI.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Analisis Model.
Pengembangan Perangkat Lunak
Perancangan PL berorientasi objeck
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
REKAYASA KEBUTUHAN PL.
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
Desain Sistem.
Perancangan Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pemrograman Terstruktur
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Tahapan pengembangan sistem basis data
Pengembangan Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
Perancangan Perangkat Lunak
Transcript presentasi:

Perancangan Perangkat Lunak Minggu 2

Tahapan Rancangan Perangkat Lunak 2 Pendekatan rancangan perangkat lunak Rancangan perangkat lunak terstruktur Rancangan perangkat lunak berorientasi objek Tahap rancangan perangkat lunak : Rancangan Perangkat Lunak Pengkodean perangkat Lunak Pengujian Perangkat Lunak Pemeliharaan Sistem

Alat perancangan perangkat lunak terstuktur Kamus data Model data logik ERD DFD STD

Karakteristik rancangan untuk program terstruktur Modul disusun secara hirarkis (bagan struktur,diagram jackson,diagram warnier-orr) Menggunakan Logika CALL-based atau PERFORM-based Menggunakan control flow dan rancangan top-to-bottom dan pengkodean top-to-bottom atau bottom-to-top Merancang repetisi atau loop Menerapkan konsepsi kendali standar untuk urutan

Rancangan Perangkat Lunak Berorientasi Obyek Adalah Strategi perancangan dimana perancang sistem memikirkan ‘benda’ dan bukan operasi atau fungsi.

Objek dan kelas objek Objek Kelas Objek Memberi identitas kepada orang atau benda Merepresentasikan entitas dari aplikasi yang dirancang Kelas Objek Dibuat untuk menurut definisi kelas objek Definisi kelas objek berfungsi sebagai template untuk membuat objek

Objek dan kelas objek Superkelas : kumpulan kelas Subkelas : kejadian dari suatu kelas Inheritance : kemampuan untuk mendefinisikan subkelas objek dari suatu kelas objek Didefinisikan pada UML

Representasi alternatif dari kelas berorientasi objek Atribut Operasi Nama kelas atribut operasi

Representasi alternatif dari kelas berorientasi objek Kelas objek persegi panjang Atribut objek bagian atas Operasi /metode/servis bagian bawah Pesan Memodel pewarisan Satu dari pembeda kunci di antara sistem OO dan konvensional

Penelusuran rancangan perangkat lunak(software design walkthrough) Derajat formalitas atau struktur dari penelusuran Pengaturan waktu Selama SDLC atau SWDLC

Hirarki kelas operasi meja kursi bangku “chable” Instance kursi atribut operasi meja kursi bangku “chable” Instance kursi Subkelas dari Superkelas furniture

Tahapan perancangan berorientasi objek Mendefinisikan Konteks sistem dan model penggunaan Merancang arsitektur sistem Mengidentifikasi obyek utama sistem Mengembangkan model desain Menspesifikasi interface obyek