MEDIA PEMBELAJARAN
LATAR BELAKANG Agar penyampaian materi pelajaran dapat diterima dengan baik serta menarik bagi peserta didik, tidak cukup hanya dengan memanfaatkan indera pendengaran saja
10 % dari apa yang kita baca 20 % dari apa yang kita dengar 30 % dari apa yang kita lihat 50 % dari apa yang kita lihat dan dengar 70 % dari apa yang kita katakan 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan (Vernon A Magneson)
PENGERTIAN Menurut R.M.W Travers (1970), "istilah media biasanya digunakan untuk mewakili satu komunikasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu. Oleh itu kita menyebut tentang media televisi atau media film bergerak. Mungkin media pendidikan mewakili sesuatu yang lebih sedikit dari golongan bahan- bahan mendidik." Menurut B.J Enright (1972) pula, "media ialah cara- cara untuk memperoleh, memproses atau menyusun kembali penglihatan, pendengaran atau gabungannya dengan cara grafik, fotografik, elekronik ataupun cara mekanik".
PENGERTIAN Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi
GURU A A A2 C A1
GURU A A A A A Media A
Kelas Tradisional Lebih kurang 60% waktu anak untuk mendengarkan guru atau menonton temannya mengerjakan tugas di papan tulis. Pengaturan bangku berjajar Lebih banyak menyalin dari papan tulis dan menjawab pertanyaan yang ditulis oleh guru.
MEDIA GRAFIS Gambar/Foto Sketsa Diagram Bagan Grafik Kartun Poster Peta dan Globe Papan Planel Papan Buletin
MEDIA AUDIO Radio Alat Perekam Pita Magnetik
MEDIA PROYEKSI DIAM Film Bingkai Film Rangkai Transparensi (OHT) Proyektor Tak Tembus Pandang Mikrofis
MEDIA PROYEKSI GERAK Film Film Program Siaran TV Program Siaran TV Program Siaran TV Video (Cassette, LD, CD, DVD) Video (Cassette, LD, CD, DVD) Video (Cassette, LD, CD, DVD)
MULTI MEDIA File Program Komputer Multi Media
BENDA Benda Nyata Benda Tiruan/Miniatur Perlu adanya pembanding
Gambar/Foto Autentik Sederhana Ukuran
Sketsa Ganbar sederhana Menarik pehatian Murah
DIAGRAM Simbolik dan Abstrak Sulit dipahami Memperjelas suatu
Bagan/Chart Sederhana dan Lugas Mudah di Mengerti Up to Date
Grafik Media Visual Data kuantitatif dan hubungannya Jelas Hanya satu ide Mudah dibaca
Grafik Batang PETA MUTU PENDIDIKAN KAB. BELITUNG TIMUR BERDASARKAN SEBARAN SEKOLAH PER KECAMATAN KECAMATAN JUMLAH DIKNAS DEPAG JUMLAH MANGGARDENDANGGANTUNGK.KAMPITJUMLAH
Gafik lingkaran PETA MUTU PENDIDIKAN KAB. BELITUNG TIMUR BERDASARKAN JUMLAH SEKOLAH
KARTUN Komunikasi Grafis Simbol-simbol Menarik perhatian Menggambarkan sesuatu
POSTER Sederhana Menyajikan satu ide untuk satu tujuan Berwarna Ringkas dan jitu Jelas Desain Menarik
PETA DAN GLOBE Menyajikan data-data lokasi Peserta didik cepat memahami Merangsang minat Peserta didik
PAPAN FLANEL Mudah Penggunaannya Serbaguna
PAPAN BULETIN Mudah Penggunaannya Serbaguna
RADIO Harga Murah Mobile Mengembangkan imajinasi Cocok untuk Musik dan Bahasa
Alat Perekam Pita Magnetik Dapat diputar berulang Relatif Mahal Merekam, menampilkan, dan mengapus
Film Bingkai Materi yang sama dapat disebarkan secara serentak Program dapat di buat dengan cepat
Film Rangkai Dapat menggabungkan beberapa media Cocok untuk mengajarkan keterampilan Kecepatan film dapat diatur
Transparensi (OHT) Perlu keahlian dalam membuatnya Dipakai berulang Perlu persiapan yang baik
Proyektor Tak Tembus Pandang Mudah dalam penggunan Cocok untuk semua pelajaran Tanpilan bisa diperbesar
Mikrofis Mahal Mudah rusak Bisa diproyeksikan kedalam layar lebar
Film Gerak Menarik Perhatian Dapat Mengatasi keterbatasan penglihatan
Program Siaran TV Banyak pilihan siaran Menarik Bisa di copy dan diputar lagi
Video (Cassette, LD, CD) Menarik perhatian pada periode singkat Menghemat waktu dan dapat diputar berulang Perlu persiapan sebelum pembelajaran
Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan Anak berpraktek dan menggunakan lingkungan sosial/ alam Hasil kerja ditulis dengan kata-kata sendiri Lebih banyak menggunakan alat bantu/ media belajar.
Fleksibel dalam pengelolaan kelasMemanfaatkan setiap sudut ruangan Hasil karya anak dipajangkan Praktek pengamatan tumbuhan
Masyarakat ikut berperan dalam proses pembelajaran PETANIPEDAGANG BAKSO
Singapura Belajar melalui permaian-permainan Mengerjakan “proyek”, di luar ruangan kelas.
Australia Memanfaatkan lingkungan alam sebagai bahan/ sumber belajar Ruang kelas penuh dengan pajangan
China Pembelajaran dengan MULTIMEDIA KOMPUTER Sumber belajar dari situs INTERNET sangat luas dan beragam
Lesson Study di Jepang Sejak 100 tahun yang lalu.