FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #1 - 2

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Sistem terdistribusi
Advertisements

Teknik Pemrograman Terstruktur
TEORI ALGORITMA.
ALGORITMA ERIK HADI SAPUTRA.
RPG Report Program Generator
Pengujian Sofware – strategi
Pengembangan program terstruktur
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Sistem Komputer Hardware (perangkat keras) Software (perangkat lunak)
6 Managing Software Requirement Perancangan
PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Metode Perancangan Program
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
SOFTWARE QUALITY ASSURANCE (SQA)
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
Q: Jika Anda harus menulis sebuah program baris dalam C untuk memecahkan masalah, berapa lama waktu yang dibutuhkan? Jawaban: umumnya berkisar.
Pertemuan Pengembangan Algoritma
Konsep dasar sistem informasi
MERANCANG PROGRAM DAN PSEUDOCODE 1 Metode Perancang Program.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Mahasiswa diharapkan dapat:
Flowchart dan Pseudocode
DASAR PEMROGRAMAN & ALGORITMA
Pembangunan / Pengembangan Sistem Informasi
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2
Komponen teknologi informasi
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
ALGORITMA PEMEROGRAMAN
System Development Part 1
Metode Perancang Program
DESAIN SISTEM Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT TEKNIK ELEKTRO
Struktur Seleksi (Percabangan)
Pengantar Pemrograman
Metode Perancangan Program
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
Pendahuluan.
Pengertian Algoritma dan Flowchart
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #1
Pengantar By Serdiwansyah N. A..
Materi Habis Uts IMK Prototyping
FAKTOR FAKTOR MUTU SOFTWARE
Proses Software & Project Metrics
TEKNIK PEMROGRAMAN.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Nency Extise Putri, M.Kom
Algoritma & Pemrograman 1
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Algoritma dan Struktur Data
Pendahuluan.
TEORI ALGORITMA.
KUALITAS SISTEM INFORMASI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Logika & Algoritma Kompetensi dasar
Rekayasa Perangkat Lunak
Teknik Pemrograman Terstruktur
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Perancangan Basis Data
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2 - 2
ALGORITMA PEMROGRAMAN DOSEN : KARTIKA DWI PUTRI, S.KOM.
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2 - 3
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #1 - 1
Transcript presentasi:

FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #1 - 2 Program dan Langkah-langkah Pengembangan Program

Ciri-ciri Program Baik Maintainability Correctness Reusability Reliability Portability Efficiency

Maintainability Kemudahan untuk dilakukan perubahan agar memenuhi kebutuhan/persyaratan baru atau untuk memperbaiki kekurangan. Program yang dirancang dengan baik harus mampu mengakomodasi perubahan yang diperlukan di masa depan. Untuk memenuhi karakteristik maintainability ini maka program harus memiliki dokumentasi program yang baik.

Correctness Suatu tingkat di mana program memenuhi kebutuhan/persyaratan yang ditentukan. Program yang dirancang dengan baik harus memenuhi semua kebutuhan/persyaratan yang diminta/ditetapkan, selain itu program harus berjalan sesuai yang diharapkan. Untuk memenuhi karakteristik Correctness ini maka dalam merancang program dimulai dengan melakukan melakukan user requirement, Selain itu program juga harus diuji untuk memastikan bahwa program berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Reusability Kemudahan dimana program dapat digunakan kembali dalam mengembangkan perangkat lunak lainnya. Program yang dirancang dengan baik harus dapat digunakan oleh program lain untuk digunakan ulang (reuse). Untuk memenuhi karakteristik reusability ini maka dalam membuat program harus menerapkan konsep modular dan berbasis object.

Reliability Kehandalan program terhadap kegagalan yang mungkin terjadi pada kondisi operasi normal dan suatu kondisi yang dimungkinkan terjadi. Program yang dirancang dengan baik harus sudah mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan kegagalan yang dapat terjadi pada suatu kondisi tertentu. Untuk memenuhi karakteristik reliability ini maka dalam membuat program harus mempertimbangkan beberapa kondisi yang memungkinkan terjadinya kegagalan (spt: human error, dsb) .

Portability Kemampuan program untuk digunakan pada berbagai konfigurasi komputer. Program yang dirancang dengan baik harus sudah mempertimbangkan portabilitas (kemampuan program untuk digunakan pada komputer lain dengan konfigurasi yang berbeda) Untuk memenuhi karakteristik portability ini maka dalam membuat program harus mengarah pada konsep multiplatform.

Efficiency Kemampuan program untuk memenuhi tujuannya tanpa pemborosan sumber daya. Program yang dirancang dengan baik akan efisien dalam penggunaan sumber daya (seperti: ram, bandwidth, dsb) Untuk memenuhi karakteristik Efficiency ini maka dalam membuat program harus mempertimbangkan untuk menggunakan sumber daya se-efisien mungkin (seperti; alokasi variable, metode input, dsb).

Langkah–langkah Pengembangan Program Definisikan masalah Rancang outline pemecahan masalah Buat algoritma berdasarkan outline pemecahan masalah Test algoritma Coding Execute Dokumentasi dan pemeliharaan

1. Definisi Masalah Keluaran (Output) Masukan (Input) Proses (Proces) Contoh tabel definisi masalah: Input Process Output

Contoh Definisi Masalah Diketahui kebutuhan untuk membuat program bagi perhitungan: C = A + B selanjutnya Z = X * C Program akan membaca nilai A dan nilai B, selanjutnya melakukan perhitungan untuk mendapatkan nilai C dan menampilkan nilai C. Selanjutnya program membaca nilai X dan melakukan perhitungan untuk mendapatkan nilai Z dan menampilkan nilai Z. Input Process Output Baca nilai A Baca nilai B C = A + B Tampilkan nilai C Baca nilai X Z = X * C Tampilkan nilai Z A, B, X C, Z

2. Outline Pemecahan Masalah Buat langkah – langkah proses Buat rincian/detail Proses Tentukan Variable dan/atau record Tentukan struktur kontrol (pengulangan, kondisi, dsb) Buat logika ‘Mainline’ (logika utama)

Contoh Outline Pemecahan Masalah Definisi Masalah Outline Pemecahan Masalah Input Process Output A, B, X Baca nilai A Baca nilai B C = A + B Tampilkan nilai C Baca nilai X Z = X * C Tampilkan nilai Z C, Z Deklarasi variable A Deklarasi variable B Deklarasi variable C Deklarasi variable X Deklarasi variable Z Tampilkan tampilan untuk input A Baca nilai A Tampilkan tampilan untuk input B Baca nilai B C = A + B Tampilkan nilai C Tampilkan tampilan untuk input X Baca nilai X Z = X * C Tampilkan nilai Z

See You Next Session Thanks