MEKANIKA DALAM SISTEM KOORDINAT Kinematika benda titik : posisi, kecepatan, percepatan Posisi π₯=π₯(π‘) atau sebagai besaran vektor π (π‘) = π (π‘) . π variabel x sebagai fungsi waktu Kecepatan π£ (π‘) = π( π₯ π‘ ) ππ‘ atau dengan bentuk vektor π£ (π‘) = π ππ‘ π (π‘) Percepatan . π (π‘) = π( π£ π‘ ) ππ‘ atau dengan bentuk vektor π (π‘) = π ππ‘ π£ (π‘)
Koordinat Kartesian Koordinat kartesian digunakan untuk mendeskripsikan gerak benda dalam bidang.
Vektor posisi π π = π₯ π π + π¦ π π Kecepetan π£ π = π ππ‘ ( π₯ π π + π¦ π π ) Percepatan π π = π ππ‘ π£ π = π π₯ π + π π¦ π
Kinematika dalam ruang tiga dimensi pada Koordinat Kartesian Vektor posisi π =π₯ π +π¦ π +π§ π Kecepatan π£ = π ππ‘ π = π£ π₯ π + π£ π¦ π + π£ π§ π Percepatan π = π ππ‘ π£ = π π₯ π + π π¦ π + π π§ π
Koordinat Polar
Kartesian ke Polar Polar ke Kartesian x = r cos π π= π₯ 2 + π¦ 2 y = r sin π π= tan β1 y x
Vektor posisi dari koordinat polar π =π π =π π (ο±) Hubungan antara π dan π dengan π dan π π = π cos π + π sin π π =β π sin π + π cos π Kecepatan π£ = π ππ ππ‘ +π π π ππ‘ = π π +π π π
Percepatan π = π π +π π π + π π π +π π π βπ π 2 π =( π βπ π 2 ) π +(π π + π π π π ) π
Koordinat Bola
Vektor posisi dari koordinat bola π =π π =π π (ο±,π) Kecepatan pada koordinat bola π£ = π π +π π π +π π sin π π Percepatan pada koordinat bola π =( π +π π 2 βπ π π π 2 π π 2 ) π +(2 π π +π π βπ sin π cos π π 2 ) π +(2 π π sin π +2π π π cos π +π π sin π ) π Β
Koordinat Silinder
Vektor posisi dari koordinat silinder adalah π =π π +π§ π Kecepatan π£ = π π +π π π + π§ π π π = merupakan kecepatan arah radial π π π = merupakan kecepatan arah tangensial Β Percepatan π = π π + π π π + π π π +π π π βπ π 2 π + π§ π =( π βπ π 2 ) π +( π π + π π +π π ) π + π§ π π βπ π 2 = merupakan percepatan radial π π + π π +π π = merupakan kecepatan tangensial