SENI BUDAYA IX BAB III APRESIASI KARYA SENI MUSIK
MENYANYIKAN LAGU HATI YANG TULUS LIHAT PARTITUR ANDA MASING-MASING
SENI DAN BUDAYA KL. IX PERKEMBANGAN MUSIK DI ASIA Seni musik merupakan Ungkapan pikiran dan perasaan manusia yang diwujudkan dalam alunan tinggi rendahnya suara yang serasi dan merdu, sehingga menimbulkan pesan / kesan. Musik bersumber dari Tubuh kita sendiri dan di sekitar kita. Perkembangan musik di Asia tidak terlepas dari perkembangan peradaban manusia sejak zaman dahulu kala.
Pusat peradaban dunia menurut peninggalan sejarah berasal dari Di sekitar laut tengah, daerah dataran di antara sungai Tigris dan Eufrat sekitar th SM Di sekitar laut tengah, daerah dataran di antara sungai Tigris dan Eufrat sekitar th SM Di sekitar Asia depan, selatan, dan tengah dari daratan Tiongkok pusat peradaban Asia Di sekitar Asia depan, selatan, dan tengah dari daratan Tiongkok pusat peradaban Asia
MUSIK MESIR Banyak gambar alat musik pada prasasti Terdapat gambar paduan suara dan alat musik pada prasasti Musik sebagai pengiring tari-tarian kebaktian Musik untuk jamuan makan raja Musik sebagai warisan raja keturunan dewa seni ISIS Sistem tangga nada tidak begitu terkenal Lagu Mesir kuno hanya memakai 4 nada Tetrachord ( 4 dawai ) merupakan dasar seni musik mesir Alat musik : Harpa, Lyra,Gitar, Mandolin, Seruling ganda
MUSIK ARAB ► Alat musik : Tamborin, Gendang,Lyra, Lute ► Wanita turut berperan dalam bermain musik ► Dikenal musik irama rajaz ( dari langkah unta ) ► Musik Arab dipengaruhi musik Zunani ► Musik tradisional pada dasarnya tidak harmonis ► Menggunakan banyak nada tinggi dalam oktafnya ► Ketukan ditentukan dengan gendang serta tamborin ► Irama dan hiasan melodi menjadi ciri khas musik Arab
MUSIK INDIA Musik tradisional India berdasarkan prinsip risalat-risalat sankrit Aspek pokoknya melodi dan waktu yang diwujudkan dalam bentuk raga dan tala ( irama dan nada ) Suaras ( titi nada ) Sa, RI, Ga, Ma, Pa, Da, Ni Tempo : Dilampat ( Lambat), Madya ( sedang ), dan Drut ( Cepat ) Instrumen : Gendang 300 macam, Vina, Sitar Didruba, Shannai ( suling ), Rabab, Biola, Tambura, Tabla, dan Suling
MUSIK CINA Musik memiliki gaya kontras tempo cepat atau lambat Bisa mengkomunikasikan udara dan temperatur yang seimbang Melodi sederhana Membawa kedamaian Urutanya bisa ketat atau tidak ketat
MUSIK JEPANG Lagu di Jepang dibawakan dengan suara mesra Musik untuk upacara keagamaan Tanggal 7 dan 10 disebut hari musik atau kagura
UNSUR MUSIK ASIA Nada Melodi Ritme / Irama Tempo Dinamika dan Tangga nada
NADA adalah bunyi yang mempunyai getaran teratur dalam tiap detik dengan sifat tinggi, panjang, keras, lembut, dan warna yang berbeda-beda C, D, E, F, G, S, B, C
MELODI Adalah tinggi rendahnya nada yang membentuk lagu
RITME / IRAMA Adalah panjang pendeknya nada yang menjiwai lagu 1 ketukan 1 ketukan 2 ketukan 2 ketukan 3 ketukan 3 ketukan 4 ketukan 4 ketukan ½ ketukan ½ ketukan
TEMPO adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan Lambat: Largo Lambat: Largo Sedang : Moderato Sedang : Moderato Cepat: Allegro Cepat: Allegro Alat pengukur kecepatan lagu Metronom Maelzel ( M.M )
DINAMIKA adalah mebgatur keras lembutnya lagu dinyanyikan p: piano ( lembut ) pp: pianissimo ( sangat lembut ) ppp: Pianissimo posibille ( sangat lembut sekali ) F: forte ( keras ) Ff: fortissimo ( sangat keras ) fff: fortissimo assai (sangat keras sekali) mp: mezo piano ( agak lembut ) mf: mezo forte ( agak keras
<: Crescendo ( mengeras ) >: Decrescendo ( melembut ) : Mezo Divoce ( mengeras kemudian melembut )
TANGGA NADA Adalah : susunan nada yang dimulai dari nada dasar dan diakhiri dengan nada oktafnya yang jatuh pada nana itu do, re, mi, fa, sol, la, si, do’
TANDA KROMATIK Adalah : tanda yang digunakan untuk mengubah nama nada dan juga digunakan untuk menaikkan atau menurunkan nada setengah laras
JENIS TANDA KROMATIK KRES: Untuk menaikkan ½ nada KRES: Untuk menaikkan ½ nada MOL: Untuk menurunkan ½ nada MOL: Untuk menurunkan ½ nada Pugar: Untuk mengubah nada ke nada semula Pugar: Untuk mengubah nada ke nada semula
KROMATIK KRES DAN MOL ► C: Cis ► D: Dis ► F: Fis ► G: Gis ► A: Ais ► D: Des ► E: Es ► G: Ges ► A: As ► B: Bes
INTERVAL Adalah : jaarak antara nada yang satu dengan nada yang lain
NAMA-NAMA INTERVAL Contoh Nada Jarak Nada Nama Interval C – C 0 nada Prim C – D 1 nada Sekon C – E 2 nada Terts C – F 2 ½ nada Kuart C – G 3 ½ nada Kwint C – A 4 ½ nada Sekst C – B 5 ½ nada Septim C – C’ 6 nada Oktaf
Macam-macam tangga nada »Tangga nada kromatik »Tangga nada pentatonik »Tangga nada diatonik
Tangga Nada Kromatik adalah tangga nada yang susunan nadanya berjarak ½ laras Tangga Nada Kromatik Kres ( # ) Tangga Nada Kromatik Kres ( # ) C – Cis – D – Dis – E – F – Fis – G – Gis – A – Ais – B - C ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ Tangga Nada Kromatik Mol Tangga Nada Kromatik Mol C – Des – D – Es – E – F – Ges – G – As – A – Bes – B - C ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ Nada Enharmonis ( Dua nada yang berbeda nama tetapi tingginya sama ) Nada Enharmonis ( Dua nada yang berbeda nama tetapi tingginya sama ) C – Cis – D – Dis – E – F – Fis – G – Gis – A – Ais – B – C C – Cis – D – Dis – E – F – Fis – G – Gis – A – Ais – B – C C – Des - D – Es – E – F – Ges – G – As – A – Bes – B - C C – Des - D – Es – E – F – Ges – G – As – A – Bes – B - C
Tangga Nada Pentatonik Adalah Tangga Nada yang hanya menggunakan 5 nada Tangga Nada Pelog : 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 Ji ro lu pat mo nem pi Tangga Nada Slendro : ji ro lu mo nem
Tangga Nada Diatonik adalah Tangga nada yang menggunakan 7 nada pokok Tangga nada Mayor : Mayor Kres ( # ) Mayor Mol Tangga nada Minor : Minor Kres ( # ) Minor Mol
Tangga nada mayor Kres TGND # C:1CDEFGABC’ 1 # G:1GABCDEFisG’ 2 # D:1DEFisGABCisD’ 3 # A:1ABCisDEFisGisA’ 4 # E:1EFisGisABCisDisE’ 5 # B:1BCisDisEFisGisAisB’ 6 # Fis:1FisGisAisBCisDisFFis 7 # Cis:1CisDisFFisGisAisCCis
Tangga Nada Mayor Mol TGND MolC:1CDEFGABC’ 1MolF:1FGABesCDEF’ 2MolBes:1BesCDEsFGABes’ 3MolEs:1EsFGAsBesCDEs; 4MolAs:1AsBesCDesEsFGAs’ 5MolDes1DesEsFGesAsBesCDes 6MolGes1GesAsBesBDesEsFGes 7MolB:1BDesEsEGesAsBesB’
Tangga Nada Minor Kres ( # ) TGND #a:6abcdefgA 1#e:6efisgabcde 2#b:6bcisdefisgab 3#fis:6fisgisabcisdefis 4#cis:6cisdisefisgisabcis 5#g:6gisaisbcisdefisgis 6#d:6defisgisaisbcisd 7#ais:6aisccisdisffisgisais
Tangga Nada Minor Mol TGND Mol a:6 abcdefga 1 Mol d:6 defga bes cd 2 Mol g:6 ga bes cd es fg 3 Mol c:6 cd es fg asbes c 4 Mol f:6 fg asbes c deses f 5 Molbes:6 bescdesfgesasbes 6 Mol es:6 esfgesasbesbdeses 7 Mol as:6 asbesbdesesegesas
Fungsi Musik India Untuk mengiringi tari-tarian Untuk tata suara teater Untuk upacara keagamaan Untuk musik istana
Fungsi Musik Cina Sebagai pengiring opera Sebagai upacara panen Sebagai upacara adat
Fungsi Musik Jepang Untuk pengantar pemujaan Untuk pengantar pemujaan Untuk pawai tradisi Untuk pawai tradisi
Fungsi Musik Modern / Kontemporer Sebgi musik pribadi Sebagai fungsi sosial Sebagai sarana bisnis
Harmoni Adalah : adanya keselarasan nada-nada, melodi, irama, dan sebagainya. Hal penting yang kita bahas sehubungan dengan keselarasan ini adalah perpaduan antara nada-nada ytang serasi ytang biasa disebut akor
Akor adalah paduan beberapa nada apabila dimainkan atau dinyanyikan secara serempak akan terdengar harmonis adalah paduan beberapa nada apabila dimainkan atau dinyanyikan secara serempak akan terdengar harmonis
Akor C Mayor Tingkat AkorNama AkorAkor trinadaSimbul akor ITonikac-e-gC IISuper tonikad-f-aDm IIIMediane-g-bEm IV Sub Dominan f-a-cF VDominang-b-dG VISub Mediana-c-eAm VIILeading Notb-d-fBm
Akor pokok / Mayor Tonika Tonika Sub Dominan Sub Dominan Dominan Dominan
Akor Minor ►S►S►S►Super Tonika ►M►M►M►Median ►S►S►S►Sub Median ►L►L►L►Leading Not
Akor G Mayor Tingkat Akor Nama Akor Akor Trinada Simbul akor ITonika g – b – d G II Super tonika a – c – e Am IIIMedian b – d – fis Bm IV Sub Dominan c – e – g C VDominan d – fis – a D VI Sub Median e – g – b Em VII Leading Not fis – a - c Fis m
Tingkat Akor TandaTingkatAkor MulaIIIIIIIVVVIVII 0#CDmEmFGAmBm 1#GAmBmCDEm Fis m 2#DEm GABm Cis m 3#ABm DE Fis m Gis m 4#E Fis m Gis m AB Cis m Dm 5#B DmEFis Gis m Ais m 6#Fis Gis m Ais m BCis Dis m Fm 7#Cis FmFisGis Ais m Cm
Tingkat Akor TandaTingkatAkor MulaIIIIIIIVVVIVII 0 mol CDmEmFGAmBm 1 mol FGABesCDE 2 mol BesCDEsFGA 3 mol EsFGAsBesCD 4 mol AsBesCDesEsFG 5 mol DesEsFGesAsBesC 6 mol GesAsBesBDesEsF 7 mol BDesEsEGesAsBes
UJI KOMPETENSI SISWA 1. Partitur lagu Malayan Moon bernada dasar …. a. Do = Cb. Do = Dc. Do = Fd. Do = G 2. Tanda Kromatik yang digunakan untuk menaikan setengah nada adalah …. a. Kresb. Molc. Pugard. Permata 3. Nada A bila mendapat tanda Kres berubah menjadi …. a. Asb. Asesc. Aisd. Asis 4. Berikut ini adalah macam-macam tanda kromatik, kecuali …. a. Kresb. Molc. Pugard. Permata 5. Susunan tangga nada G adalah …. a. G – A - B - C - D - E - F – Gc. G – A - B - Cis - D - E - Fis – G b. G – A – B – C – D – E – Fis – Gd. G – A - B - Cis - D - E - F – G
12. Susunan tangga nada F adalah …. a. F – G – A – B – C – D – E – F c. F – G – As – B – C – D – E - F b. F – G – As – Bes – C – D – E – F d. F – G – A – Bes – C – D – E – F 13. Alat musik Lyra berasal dari Negara …. a. Mesirb. Jepang c. India d. Pilipina 14. Alat musik di bawah ini yang bukan berasal dari India adalah …. a. Didrubab. Rababc. Tablad. Rebab 15. Alat musik yang berasal dari Jepang adalah …. a. Shamisenb. Bianz-bongc. Sasandod. Calung 16. Mesir beranggapan bahwa seni musik merupakan warisan raja-raja dewa seni yang dinamai …. a. ISISb. Siwic. Aosisd. Miosis
17. Irama musik di Arab diambil dari irama langkah unta yang dikenal dengan irama …. a. Lamakb. Bajatic. Tubald. Rajaz 18. Di Turki nama alat musik gendang disebut …. a. Tablb. Duwulc. dawuld. Tabla 19. Alat musik Vina berasal dari …. a. Cinab. Indiac. Jepangd. Arab 20. Tala dalam istilah musik bangsa India sama dengan …. a. Tangga nadab. Pola iramac. Susunan nadad. Birama 21. Not di bawah ini merupakan bagian lagu Kokoronotomo a. 5 4 I I I dst c. 5 4 I I I dst b. I I I dstd. I I I I dst