Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Advertisements

Nama : Sang Nyoman Liga Putra PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Pemanfaatan Komputer - 1
Toni Setyawan BPMP - Kemdikbud
SILABUS 2012 Status Mata Kuliah Pengantar Kuliah Materi E-Learning
RANCANGAN E-LEARNING REPDIS BERMUTU 2014
LAYANAN SUBSTANSI PENDIDIKAN
SEKOLAH RinTIK PENINGKATAN MUTU LULUSAN PENINGKATAN MUTU PBM
Kusnandar, Pustekkom Diklat Konvensional vs DJJ AspekDiklat KonvensionalDiklat Jarak Jauh Tempat dan waktu Belajar Terpusat di tempat.
WELCOME TO MYPRESENTATION
SELAMAT DATANG DI PRESENTASI HJ.RENIH WIARSIH
Roni Eka Sahputra,MD Orthopaedic Surgeon. Pengaruh IT pada Berbagai Aktivitas.
9/11/20141 Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional 9/11/20141 Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.
RUMAH BELAJAR Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Update Progress [
Kegunaan Web Bagi Pendidikan
Metode Pembelajaran E-Learning
Terintegrasi dengan e-Learning, Keuangan, dan Asrama Oleh Kamshory, ST.
Oleh : Kepala BTKIP KAL-TENG
ICT Muhammadiyah Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sekolah Muhammadiyah Jaringan Pengembangan Sekolah Muhammadiyah Provinsi DIY.
APLIKASI CREDIT TRANSFER PERGURUAN TINGGI
Komputer untuk Pendidikan
Lokakarya Pendampingan Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Khusus
DIKLAT TEMATIK Pengenalan E Learning ICT TERAPAN PPPPTK PKn IPS
Tanggal 10 September 2013 Pukul WIB Orientasi Pedoman Diklat Online Pejabat Fungsional PTP.
UJIAN NASIONAL COMPUTER BASED TEST (CBT)
Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (JF-PTP) Oleh
Product Knowledge Radio Suara Edukasi
MATERI PELATIHAN E-LEARNING
PENGANTAR.
SISTEM BELAJAR MENGAJAR ON-LINE
Ayo Belajar di.... Merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan kebudayaan dengan alamat url http//:belajar.kemdikbud.go.id Menyediakan.
Simulasi Digital Kelas Maya.
PEMANFAATAN TIK UNTUK PEMBELAJARAN
PEMANFAATAN MEDIA (VIDEO) PEMBELAJARAN
PELATIHAN PEMANFAATAN TIK UNTUK PEMBELAJARAN
4/19/20151 Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional 4/19/20151 Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.
MUSDALIFAH DJ PTIK-A Blended Learning Versus E-Learning.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT
E-Learning SMKN 2 Kediri
MUNIR UPT-TEKKOMDIK DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
Kementerian pendidikan nasional
Sistem Informasi Akademik Sekolah
Metode Pembelajaran E-Learning
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
Model Pembelajaran pada SMPT Online
Komponen E-Learning
Oleh Slamet Zakaria, M.Pd
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Blended Learning Versus E-Learning
Peran Admin dalam Sistem DJJ online Tenaga Teknis Keagamaan
JANIS – JENIS PEMBELAJARAN BERBASIS IT
Learning Management System
RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN PERBASIS TIK
Pengantar Penyusunan Silabus Pelatihan
LABKOM SMA NEGERI 34 JAKARTA April 2013
Katalog Bahan Belajar Pustekkom 2008.
( Sinkronisasi dan Pelaksanaan )
Bimbingan Belajar Online
PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING God Bless & & SIMULA SI KOMUNIKAS I DIGITAL Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya (cyber class) merupakan.
PEMILIHAN DUTA RUMAH BELAJAR TAHUN 2018
Pemerataan Akses TIK dalam Pembelajaran abad 21; Senarai Rumah Belajar
SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET
Literasi Digital NAZARUDDIN 10/05/2019DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH - LPPKS1.
Belajar di Kelas Maya.
Kelas maya merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran virtual antara siswa.
Aplikasi Motivasi (Modul Tes Inovasi Siswa Indonesia) Program Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia AKSI for School PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN Badan Penelitian.
Kelompok 5 Hasri Novidawati Purba Kristin Nanda Sitorus Marisa Monika Artauli Nainggolan.
Transcript presentasi:

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Center of ICT For Education Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia setjen.kemdikbud.go.id/pustekkom pustekkom@kemdikbud.go.id

Tugas Pustekkom Melaksanakan pengembangan, pembinaan dan evaluasi kegiatan di bidang teknologi pendidikan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN Layanan Pustekkom saat ini KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Rumah Belajar http://belajar.kemdikbud.go.id Rumah Belajar adalah portal pendidikan yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi dan interaksi antar komunitas pendidikan. Pemanfaatan Rumah Belajar ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas.

Fitur Rumah Belajar Kelas Maya Pengembangan Profesi Berkelanjutan Sumber Belajar Sosialisasi Kurikulum 2013 Wahana Jelajah Angkasa

Kelas Maya Kelas Maya merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran virtual antara siswa dan guru kapan saja dan di mana saja. Pada waktu tertentu yang terjadwal oleh guru, siswa dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan guru melalui tool komunikasi sinkronous (chat, video conference, audio conference, desktop sharing, whiteboard, dll). Strategi pembelajaran yang dikembangkan di Kelas Maya yaitu strategi pembelajaran lebih bersifat konstruktivistik yang menuntut pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa untuk mendorong keterampilan siswa.

Sarana pembelajaran online bagi siswa dan guru Belajar kapan saja, dimana saja, dengan siapa saja

Virtual Classroom

di mana saja, tapi pada saat bersamaan Proses Pembelajaran Asinkronous Mempelajari materi terstruktur Kegiatan awal Kegiatan inti Kegiatan penutup Sinkronous Tutorial maya terjadwal Video conference Chatting Whiteboard Desktop sharing kapan saja di mana saja di mana saja, tapi pada saat bersamaan

Pengembangan Profesi Berkelanjutan Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PPB) merupakan salah satu fasilitas yang tersedia pada Portal Rumah Belajar. PPB mencakup kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dapat diambil oleh guru secara online. Seorang guru dapat mengambil pelatihan, yang terdiri dari rangkaian diklat sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya. Setiap pengguna dapat mengakses aplikasi melalui web

Seluruh aktivitas belajar, mencakup membaca ataupun mendownload bahan belajar, mengikuti forum diskusi, tutorial, chatting, mengerjakan tugas, latihan, ujian on line, dll dapat dilakuan melalui komputer yang terhubung ke internet Pembelajaran dikelola dalam sebuah sistem aplikasi LMS, yang dapat mencatat dan mengolah seluruh aktitas peserta dalam mengikuti diklat.

Sarana Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh Online bagi penyelenggara pendidikan dan pelatihan di lingkungan Kemdikbud maupun non Kemdikbud untuk pendidik dan tenaga kependidikan dan kebudayaan dan tenaga profesi lainnya

profesi berkelanjutan Fitur Utama Fasilitas e-learning untuk pelatihan dan pengembangan profesi berkelanjutan Fasilitas e-learning untuk persekolahan Pusat repositori bahan belajar digital

Penata Muda Tingkat I Gol III/b Penata Gol III/c Guru Pratama Penata Muda Gol III/a; Penata Muda Tingkat I Gol III/b Guru Muda Penata Gol III/c Penata Tingkat I Gol III/d Guru Madya Pembina Gol IV/a Pembina Tingkat I Gol IV/b Pembina Utama Muda Gol IV/c Guru Utama Pembina Utama Madya Gol IV/d Pembina Utama Gol IV/e PEDAGOGI PROFESI KEPRIBADIAN SOSIAL INTEGRASI DENGAN TIK

di mana saja, tapi pada saat bersamaan Proses Pembelajaran Asinkronous Sinkronous kapan saja di mana saja di mana saja, tapi pada saat bersamaan Mempelajari materi terstruktur Mempelajari materi Mengikuti forum diskusi Mengerjakan tugas Mengerjakan tes online Tutorial maya terjadwal Video conference Chatting Whiteboard Desktop sharing

Sumber Belajar RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Guru dapat mendownload dan mengupload materi rancangan pembelajaran (RPP) BAHAN BELAJAR Guru dapat mendownload multimedia pembelajaran seperti:materi pokok, modul online, animasi, simulasi, video, audio, buku elektronik. AKTIVITAS BELAJAR (FORUM – KELAS MAYA – BIMBINGAN BELAJAR) Forum interaktivitas pembelajaran, mencakup; forum guru mata pelajaran, forum siswa, forum bimbingan belajar baik sinkronus maupun asinkronus.

BANK SOAL Sarana evaluasi belajar berisi kumpulan soal, yang terbagi ke dalam dua kategori, yakni; Soal-soal latihan interaktif di mana siswa dapat memilih materi atau topik tertentu yang diminatinya. Soal-soal ujian, try out sesuai dengan bidang studi KATALOG MEDIA pembelajaran, terdiri dari; teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi yang dapat dimanfaatkan langsung dalam proses pembelajaran dengan cara di unggah ataupun di buka langsung dari portal rumah belajar.

13508 bahan belajar digital GRATIS! Sumber Belajar Telah tersedia lebih dari 13508 bahan belajar digital GRATIS! cetak, image, audio, video, animasi, simulasi, game, latihan, untuk semua jenjang dan jenis pendidikan

Wahana Jelajah Angkasa

Informasi Konten Offline Merupakan kumpulan konten yang ada di rumah belajar dan TV serta Radio Edukasi, Jenis media yang ada : Buku Sekolah Elekteronik (Pdf) Teks Gambar Video Audio Animasi Simulasi

Buku Sekolah Elektronik (BSE) –Teks Animasi – Simulasi - Gambar DATA KONTEN Ada 10.090 judul : Buku Sekolah Elektronik (BSE) –Teks Audio Animasi – Simulasi - Gambar Video SD : 2.646 judul Pokok 250 241 3 273 Penunjang 230 89 1.280 280 SMP : 4.027 judul Pokok 329 95 - 519 Penunjang 790 1.380 914 SMA : 1.662 judul Pokok 356 - Penunjang 6 821 479 SMK : 940 judul 230 - 60 650 PAUD : 6 judul - 6 Video Umum Penunjang : 809 Judul

Tahap ke 1 Buka Folder “KONTEN”

Cara Penggunaan Konten Offline Tahap ke 2 Double Klik File “Konten SD” atau “Konten SMP” atau “Konten SMA” untuk membuka konten interaktif

Tahap ke 3 Klik Jenjang Pendidikan misalnya, SD

Tahap ke 4 Klik Kelas yang diinginkan, misal : Kelas 4, Kelas 5 atau 6

Tahap ke 5 Klik Mata Pelajaran, misal : Pkn, Matematika, atau Bahasa Inggris

Rumah Belajar Offline Panduan Penggunaan Rumah Belajar OFFLINE

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. Guru dapat mendownload dan mengupload materi rancangan pembelajaran (RPP) BAHAN BELAJAR. Guru dapat mendownload multimedia pembelajaran seperti:materi pokok, modul online, animasi, simulasi, video, audio, buku elektronik. AKTIVITAS BELAJAR (FORUM – KELAS MAYA – BIMBINGAN BELAJAR) Forum interaktivitas pembelajaran, mencakup; forum guru mata pelajaran, forum siswa, forum bimbingan belajar baik sinkronus maupun asinkronus.

BANK SOAL. Sarana evaluasi belajar berisi kumpulan soal, yang terbagi ke dalam dua kategori, yakni; Soal-soal latihan interaktif di mana siswa dapat memilih materi atau topik tertentu yang diminatinya. Soal-soal ujian, try out sesuai dengan bidang studi KATALOG MEDIA pembelajaran, terdiri dari; teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi yang dapat dimanfaatkan langsung dalam proses pembelajaran dengan cara di unggah ataupun di buka langsung dari portal rumah belajar.

RPP Interaktif

Bahan Belajar Interaktif

Katalog Media - Animasi

Video

Audio

Buku

Kementerian pendidikan dan kebudayaan Penggunaan Rumah Belajar Offline PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Kementerian Pendidikan dan kebudayaan

Requirement Minimal Hardware Memory 512 MB Software Web Browser (Firefox) Flash Player Reader (Acrobat Reader) Windows Media Player/Winamp

Tahap ke 1 Buka Folder “WEB RUMAH BELAJAR”

Tahap ke 2 Klik dua kali file “usbwebserver”

Tahap ke 3 Klik pada menu “localhost”

Tahap ke 4 Rumah Belajar Offline sudah siap digunakan

Any Questions? setjen.kemdikbud.go.id/pustekkom Facebook : www.facebook.com/pustekkom Email : pustekkom@kemdikbud.go.id twitter : @pustekkom Helpdesk Pustekkom 021-500 005