KP3K Kementerian Kelautan & Perikanan Team building session KP3K Kementerian Kelautan & Perikanan
Tema : Synergy through 3 pillars Tema ini mengandung makna : Kerjasama tim yang efektif adalah hasil dari sinergi para anggota tim. Tanpa sinergi, kerjasama yang dilakukan tidak akan optimal Sinergi dimaksud adalah penggabungan kekuatan yang dimiliki oleh masing-masing anggota tim Ada 3 kekuatan utama didalam sinergi: individu yang tangguh, rasa saling percaya, & kecerdasan interaksi
Garis besar Pelaksanaan Pelaksanaan Team Building session ini dilakukan dengan 3 metode : Indoor lecturette : ceramah dan tanya jawab interaktif Indoor games : permainan dalam ruangan tentang pemecahan masalah secara tim Outdoor/Outbound games : permainan luar ruangan tentang kecerdasan emosional intra personal dan interpersonal Pokok bahasan dalam setiap kegiatan adalah mengupas teknik dan prinsip-prinsip dasar pengembangan 3 pilar dalam sinergi tim (pengembangan faktor individu, faktor rasa saling percaya, faktor ketrampilan antarpribadi)
Manfaat & Hasil yang diperoleh Peserta semakin menyadari apa yang disebut dengan sinergi Peserta memiliki acuan dalam membangun kerjasama yang efektif Peserta lebih saling memahami kebiasaan/karakter satu dengan yang lain Peserta memiliki pengetahuan tentang bagaimana membangun rasa saling percaya, dan membangun komunikasi antar pribadi yang efektif
Pokok-pokok kegiatan : hari 1 Opening/ice breaking Ceramah dan tanya jawab : Posisi sinergi dalam produktivitas kerja dan keberhasilan Pilar pembentuk tim yang berkinerja tinggi Teknik dasar membangun sinergi Pembentukan Team, penetapan ketua tim, kontes yel-yel tim Permainan tim (kompetisi antar tim)-indoor
Pokok-pokok kegiatan : hari 2 Olahraga Pagi Ceramah dan tanya jawab : Bagaimana membangun Rasa saling percaya Bagaimana mengimplementasikan komunikasi kerja untuk memecahkan masalah secara efektif Permainan tim (kompetisi antar tim)-outdoor Implementasi sinergi melalui pengembangan 3 pilar sinergi Praktek pemecahan masalah kerja melalui komunikasi yang efektif Kesimpulan & Penutup Video feedback : memutar video rekaman kegiatan Pokok-pokok kesimpulan dari peserta
Beberapa Jenis team games (optional) Tim ditugaskan mensuplai air di seberang “sungai” dengan menggunakan sejumlah cangkir yang tersedia, menyeberangkan anggota dengan alat bantu menyeberang dingklik & balok Tim harus menyeberangkan seember air tanpa boleh tumpah, dengan melewati 6 kotak yang bila sudah disentuh, tidak boleh dilewati lagi Tim harus menyeberangkan seluruh anggota dengan menggunakan sebilah papan kecil, 1 bambu panjang dan bambu-bambu kecil sebagai rodanya Seluruh anggota tim diatas dingklik, bertugas mengalirkan bola yang tidak boleh jatuh, dengan menggunakan pipa pralon Jembatan Sultan Kotak enam Rakit Sibuk Bola Nuklir
Jenis games (2-optional) Way we were Menebak foto masa kecil peserta, tiap peserta diberikan foto2 masa kecil peserta yang mana ybs harus mengisi nama pemilik foto itu Great communicator Seorang harus menyampaikan secara lisan gambar yang dia lihat sehingga yang lain mampu menggambarnya secara tepat Attack me Seorang harus bicara tentang satu topik, dimana audiens menanggapi presenter sesuai dengan perintah yang ditempel di dahi presenter (mis: cela aku, motivasi aku, acuhkan aku) Human Roullette Masing2 tim ditugaskan untuk menginjak matras kecil sesuai urutan angka 1-30 secepat mungkin. tim berkompetisi dengan tim lain untuk menghasilkan proses tercepat untuk menyelesaikan tugas ini. Kesempatan diberikan lebih dari 1 kali A team Anggota tim (mata tertutup) harus menyelamatkan rekannya dengan jalan menggunakan tali menyingkirkan baki berlubang yang diatasnya terdapat ember kecil penuh air dari atas rekannya One vision 1 orang anggota tim membawa bola diatas karton dikalungi dengan 2 buah hula hop melewati rintangan di sepanjang perjalanannya. Hula hop dihubungkan dengan tali yang dipegang anggota tim yang lain. Hula hop tidak boleh terkena badan Kotakkatikkotak Anggota tim berada didalam kotak sebanyak 10x10 buah bersama 3 orang yang lain. Secara bergiliran masing2 harus melangkah 1 langkah. Setiap melangkah berarti kotak yang sebelumnya diinjak sudah tidakbisa dipakai lagi. Tugas : menjadi orang yang terakhir kehabisan kotak tsb.
Biaya Penyelenggaraan Biaya penyelenggaraan adalah sebesar Rp. 15.000.000,-/paket 2 hari 1 malam (diluar akomodasi) maksimal 50 orang Biaya sudah termasuk : Survei dan persiapan Komunikasi dan transportasi kru Games equipment Design Fasilitator, instruktur dan kru Sertifikat Biaya Akomodasi : Rp.185.000,-/orang/malam (2 kali snack 3 kali makan)