PENGARUH ARSITEKTUR JAWA DI DARATAN ASIA TENGGARA?

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kelas : XI IPA 4 Jajar Martono
Advertisements

KERAJAAN-KERAJAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA
SEJARAH DAN PERIODISASI TARI DI INDONESIA
KD : 1. Mendeskripsikan sejarah dan perkembangan Islam di Indonesia.
PANTAI TUMPUAN PERDAGANGAN NUSANTARA MASA AWAL. Enam kerajaan di Nusantara pada abad ke-5 dan ke-6 terletak di selatan Selat Malaka dan di pantai Sumatera.
Paket 2 IPS 2: SEJARAH PERKEMBANGAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA
BAB 6 PERKEMBANGAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDDHA DI ASIA
PERKEMBANGAN POLEKSOSBUD KERAJAAN SINGHASARI
Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
maulfisr.lecture.ub.ac.id Apresiasi Budaya Jawa maulfisr.lecture.ub.ac.id.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Akulturasi kebudayaan Nusantara dengan kebudayaan Hindu Budha
Aplikom ( aplikasi dasar komputer )
Kerajaan Mataram Kuno KELOMPOK 4 : ADI AYU RANI (01) (Notulen)
Kerajaan Mataram Kuno.
Presentasi pembelajaran
MATARAM KUNO.
KERAJAAN MAJAPAHIT ALVENIA MEILINA E (04) ARI HERIA P (06)
KERAJAAN SRIWIJAYA.
Assalamualaikum Wr. WB SRIWIJAYA.
Kerajaan sriwijaya.
Pengaruh Kebudayaan Hindu/Budha dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan 8 Matakuliah: R0772 – Arsitektur Tradisional Tahun: Sept
SENI RUPA TIMUR SENI – SENI ASIA TENGGARA Pertemuan 13
Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
KERAJAAN BERCORAK HINDU-BUDHA DI INDONESIA
Masuknya Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha Berita dari Cina
PENGARUH HINDU – BUDDHA di INDONESIA
SEJARAH INDONESIA.
A.    SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA.
Materi Ips pada masa kerajaan Hindu,Budha,dan islam
Sejarah seni rupa indonesia
KERAJAAN MAJAPAHIT Disusun Oleh : 1. Bagus H.P (11)
Peninggalan Sejarah Hindu
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA REGINA PACIS SURAKARTA
Pengaruh Kebudayaan Asing dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan
1.PROSES PERKEMBANGAN HINDU-BUDHA A.PERTUMBUHAN AGAMA HINDU
Peninggalan Sejarah Hindu dan Buddha di Indonesia
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS
Kebudayaan Jawa Pra Islam Pada Masa Budha
Pertemuan IV TUJUAN PEMBELAJARAN:
KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN ISLAM
Proses Masuknya Pengaruh Hindu-Budha ke Indonesia.
ARSITEKTUR AGAMA HINDU - BUDDHA DI INDONESIA.
WISATA ALAM & SEJARAH DAERAH ISTIMEWA
Presentasi pembelajaran
Disusun oleh : Bias Pantura F. A ( 06 ) Zainuna Ramadhani ( 32 )
Sa hyunh.
ALLPPT.com _ Free PowerPoint Templates, Diagrams and Charts
Summative Assessment Unit 3
ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
Kerajaan Mataram Kuno.
SINGASARI Kerajaan Singasari didirikan oleh Ken Arok.
Kehidupan Negara-Negara Kerajaan Hindu Budha di Indonesia
Sejarah Ekspedisi Bangsa Inggris
Kerajaan Mataram Kuno Oleh : Dhamar Rivai (07) Naurah Nadhifa (21)
Mata Pelajaran: Sejarah Indonesia Nama Kelompok 5: Hefni arbiansyah Ricco widi.w Nurlatifah Nurwafika Muhamad rizki.
KERAJAAN SRIWIJAYA Alfira Yuanita Annisa Salsabila Farah Fakhira
Kerajaan Mataram Kuno KELOMPOK 4 : ADI AYU RANI (01) (Notulen)
KERAJAAN MEDANG KAMULAN Sumber Sejarah Tertulis Kerajaan Medang Kamulan Prasasti Tengaran (933 M) menyebutkan bahwa Mpu Sindok memerintah bersama istrinya,
PENGENALAN.
PERKEMBANGAN NEGARA TRADISIONAL BERLATAR BELAKANG HINDU-BUDHA
Interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Budha
KERAJAAN BERCORAK HINDU-BUDHA DI INDONESIA
Sejarah Peminatan Kelas 11 Sejarah Peminatan Kelas 11 Kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan, sosial,
KERAJAAN AWAL DI ASIA TENGGARA OBJEKTIF PEMBELAJARAN
Kerajaan Hindu–Buddha di Indonesia Sejarah Kelas X / 1.
SEJARAH KERAJAAN HINDU-BUDHA. KERAJAAN-KERAJAAN HINDU BUDHA DI INDONESIA 1. Kerajaan Kutai 2. Kerajaan Tarumanegara 4. Kerajaan Sriwijaya 3. Kerajaan.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Pedagang, Penguasa dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu-Buddha)
Sejarah Kerajaan Mataram Kuno.
Transcript presentasi:

PENGARUH ARSITEKTUR JAWA DI DARATAN ASIA TENGGARA? Hariani Santiko

Penelitian bangunan candi (sisa sarana ritual agama Hindu-Buddha) di Indonesia telah berlangsung 100 tahun lebih: Jawa - Bali - Sumatera

Masih banyak yang perlu diteliti- nasih terpendam, masalah yang belum (Borobudur, candi-candi Muara Jambi dsb), hal yang sederhana :nama candi (prasada, bhavanam, devagrha, köil, dsb) Demikian pula ada kemiripan berbagai struktur bangunan suci di India, Jawa, Kamboja

Gaya India Utara -Arya

Gaya India Selatan -Dravida

Candi Prambanan

Prasat Kravan - Kamboja

Perkembangan agama Hindu-Buddha terkait dengan perdagangan dari India-Asia Tenggara (Nusantara)-Cina, yang dilakukan dengan dua jalur (jalur darat dan jalur pelayaran) Selain perkembangan agama, perkembangan pelayaran perdagangan yang berakibat raja-raja saling berebut hegemoni pelayaran perdagangan, di antara raja-raja tersebut adalah Jayavarman I dari Chenla (Kamboja) dan raja Sriwijaya yang menguasai selat Malaka -berperang dengan kekalahan Jayavarman I- Chenla terpecah belah Seorang pangeran Kamboja ditawan/berkunjung di istana Sailendra di Jawa

Upacara dilakukan oleh pendeta Sivakaivalya dan keturunan-keturunannya Prasasti Sdok Kak Thom (1052 M) menyebut Raja Jayavarman II baru kembali dari Jawa (tawanan/tamu? raja Sailendra di Jawa) tahun 802 M-prasasti Kalasan 778 M Sailemdravansatilaka di Jawa Meresmikan lingga Devarāja di Mahendraparvata (Phnom Kulen) oleh pendeta Hiranyadāma dan Sivakaivalya, dengan tujuan, agar terlepas dari kekuasaan Jawa dan menjadi satu-satunya Cakravartin Jayavarman II mendeklarasikan bahwa pemujaan kepada Devarāja (Raja dewa-dewa) -Kamrateng jagat ta raja (raja pengasa dunia), adalah agama resmi Kamboja Apa kultus devarāja ?  Coedes berpendapat adanya anggapan bahwa raja Jayavarman II (dan raja-raja Kamboja selanjutnya) adalah amśa (bagian) dari Siwa, jadi “wakil dewa” di dunia Upacara dilakukan oleh pendeta Sivakaivalya dan keturunan-keturunannya

Karena tinggal di Jawa, menurut dugaan Jayavarman II di pengaruhi Jawa dalam hal: Kepercayaan? Kultus Devarāja tidak pernah ditemukan di Jawa, Siwa-lingga di Jawa sebagai “Jayacihna-lingga” -tanda kemenangan (prasasti Canggal dan prasasti Ratu Baka) Arsitektur pun tidak dipengaruhi Jawa, kecuali ragam hias a.l. kala-makara, relung-relung di tubuh dan atap prasat, dan ragam hias garuda

Relief Kala-Makara dari Phnom Kulen

Tipe bangunan suci di Kamboja waktu Jayavarman II atau masa sesudahnya (pra-Angkor) ada dua tipe, yaitu prasat (bangunan menara-terdiri atas 3 bagian kaki-tubuh-atap) dan bangunan berundak teras (lambang Mahameru)

Preah Ko

Candi Dieng

Ta Keo

Jayavarman II sendiri tidak mengeluarkan prasasti, apakah betul Jayavarmanan II menganggap dirinya sebagai bagian (amśa) Siwa, atau dia memuja Siwa sebagai “Raja Dewa” (king of gods bukan god-king) Melihat tujuan ritual oleh Hiranyadāma yaitu untuk melepaskan diri dari Jawa dan menjadi satu2nya Cakravartin, menurut penulis lingga yang dipuja Jayavarman adalah Jayacihna-lingga, dan tidak terkait dengan raja sebagai amśa Siwa

Bukti2 tersebut : yang mempengaruhi Kamboja (mulai Javavarman II) bukan arsitektur bangunan suci, tetapi justru “latar belakang gagasan” yaitu pemujaan Siwa-lingga sebagai Jayacihna/ Jayastambha lingga

Terima Kasih