Dasar dasar GUI programming di Java

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Pemrograman JAVA (TIB09)
Java Applets Pertemuan 7
Array.
Pemrograman Berorientasi Objek
This document is for informational purposes only. MICROSOFT MAKES NO WARRANTIES, EXPRESS OR IMPLIED, IN THIS DOCUMENT. © 2006 Microsoft Corporation. All.
Kontrol Data Set.
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Nama PerangkatSpesifikasi Internet ProcessorPentium lll 500 Hz PAM (Random Access Memory)64 MB Harddisk10 GB VGA card4 MB MonitorTidak.
Pemrograman Visual. Pernyataan IF…THEN…ELSE Pernyataan ini hanya memeriksa apakah suatu blok kode program dapat dieksekusi atau tidak. Jika kondisi pernyataan.
Pemrograman Berorientasi Objek
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
Pemrograman JAVA (TIB09)
Interface Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Oracle Developer/2000. Developer/2000 Products FormsReportsGraphics.
JAVA CLASS Bahasa Pemrogramam BAHASA PEMROGRAMAN PERTEMUAN #9.
Menggunakan OLE Drag-Drop
Menggunakan Drag-Drop
GUI in Java.
NoObjekPropertiNilai 1FrmsegitigaNameFrmsegiitiga 2FrmsegitigaCaptionLuas Segi Tiga MDI ( Multiple Document Interface ) Pendahuluan MDI singkatan dari.
Praktikum 9 Pemrograman Berbasis Obyek
Array
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Sprite Setiap objek dalam game yang memiliki gambar dan karakteristik.
Aplikasi Manipulasi Data
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Java Fundamentals: 3. Java GUI
MEMBUAT DATABASE LEWAT KODE PROGRAM
AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR EMERGING INFECTIOUS DISEASES PELATIHAN EXCEL DASAR.
C REATING FIS S UGENO WITH J AVA Praktikum 13. R EVIEW FIS Metode Penalaran Mamdani Input dan Output berupa himpunen fuzzy Penentuan nilai defuzzifikasi.
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
GUI event handling.
Pemrograman Berorientasi Objek
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
KONSEP SWING.
PBOL Dewi Kusumaningsih
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
DASAR MENGUASAI NETBEANS
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
Java GUI PBO.
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Java Progamming Membangun GUI dengan Swing
GUI AWT & SWING Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
JAVA GUI (Graphical User Interface)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pemrograman Berorientasi Objek
INPUT DATA DI JAVA.
Pemrograman Visual Java
Graphical User Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek
GUI Stiki © 2014.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Dasar dasar GUI programming di Java ratnokustiawan

Getting Started with Swing Pelajaran ini memberikan pengenalan singkat untuk menggunakan Java Foundation Classes (JFC) dan Swing. Setelah bercerita tentang JFC dan Swing, membantu Anda mendapatkan perangkat lunak yang diperlukan dan menuntun Anda melalui cara mengkompilasi dan menjalankan program yang menggunakan paket Swing.

About JFC JFC adalah singkatan dari Jawa Kelas Foundation, yang mencakup sekelompok fitur untuk membangun antarmuka pengguna grafis (GUI) dan menambahkan fungsionalitas yang kaya grafis dan interaktivitas ke aplikasi Java. Hal ini didefinisikan sebagai berisi fitur ditunjukkan dalam tabel di bawah ini.

Menggunakan Komponen Swing package latihan; import javax.swing.*; public class HelloWorldSwing { private static void createAndShowGUI() { //Create and set up the window. JFrame frame = new JFrame("HelloWorldSwing"); frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); JLabel label = new JLabel("Hello World"); frame.getContentPane().add(label); //Display the window. frame.pack(); frame.setVisible(true); } public static void main(String[] args) { createAndShowGUI();

Cara compile dan running javac latihan/HelloWorldSwing.java Running java latihan.HelloWorldSwing

Layout Manager Manajemen Layout adalah obyek yang mengimplementasikan antarmuka menentukan ukuran dan posisi komponen dalam sebuah wadah.Meskipun komponen dapat memberikan petunjuk ukuran dan perataan.

Grid Layout Layout manager ini mengatur komponen dalam bentuk baris dan kolom dengan ukuran sama, dengan kata lain layout ini memperlakukan komponen sebagai sel di suatu tabel

Buat kelas HelloGridLayout yang merupakan turunan Jframe public class HelloGridLayout extends JFrame{ } Tambahkan import javax.swing.*; Deklarasikan objek berikut private Jlabel,lblJarak,lblWaktu,lblKecepatan; private JTextField txtJarak,txtWaktu,txtKecepatan; private JButton btnBersih,btnHitung;

Buat konstruktor public HelloGridLayout(){ } Atur agar layout menjadi GridLayout setLayout(new GridLayout(4,2));

Inisialisasi komponen Tambahkan inisialisasi berikut di konstruktor lblJarak=new JLabel("Jarak : "); lblWaktu=new JLabel("Waktu : "); lblKecepatan=new JLabel("Kecepatan : "); btnBersih=new JButton("Bersih"); btnHitung=new JButton("Hitung"); txtJarak=new JTextField(); txtWaktu=new JTextField(); txtKecepatan=new JTextField();

Tambahkan komponen ke Container add(lblJarak); add(txtJarak); add(lblWaktu); add(txtWaktu); add(lblKecepatan); add(txtKecepatan); add(btnBersih); add(btnHitung);

Agar ketika program di close keluar setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);

Method main public static void main(String[] args){ HelloGridLayout helloGrid=new HelloGridLayout(); helloGrid.setVisible(true); }

Tambahkan interface ActionListener Digunakan untuk menangkap event ketika tombol di klik implements ActionListener{

Implementasi method public void actionPerformed(ActionEvent e){ }

Isi kode program dari actionPerformed if(e.getSource().equals(btnBersih)){ txtJarak.setText(""); txtWaktu.setText(""); txtKecepatan.setText(""); } else if(e.getSource().equals(btnHitung)){ float jarak=Float.parseFloat(txtJarak.getText()); float waktu=Float.parseFloat(txtWaktu.getText()); float kecepatan=jarak/waktu; txtKecepatan.setText(String.valueOf(kecepatan));