Event Handling di JAVA.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Pemrograman JAVA (TIB09)
NAMA: MUSTIKO AJI NIM: Secara garis besar pemrograman (terutama untuk aplikasi desktop) dibedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional.
Instalasi dan pengenalan visual basic 6
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan1 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. GUI dan IDE 2013.
Menggunakan Event dan Property
Pemrograman Visual Basic 6.0
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
Mata Pelajaran TIK Kelas X Semester 2
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan 2 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. Penggunaan Komponen Dasar 2013.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Java Review Oleh: Idris Winarno.
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
Java GUI.
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Menu.
Membangun Aplikasi GUI
PERTEMUAN II CONTROLS DAN SINTAK DASAR
Layout Managers and Event Handling
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
GUI Event Handling.
PEMOGRAMAN 1 Pertemuan 2. TOOLBOX Toolbox adalah sebuah “kotak peranti” yang mengandung semua objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membentuk suatu.
GUI event handling.
Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript.
PEMBUATAN DOKUMEN DENGAN STAR WRITE
PENGENALAN PEMROGRAMAN VISUAL
Pengenalan Pemrograman Jaringan dengan GUI Materi 2
Graphical User Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek
STUDY CLUB “Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek”
KONSEP SWING.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Graphical User Interface (GUI)
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
High Level User Interface
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Java User Interface (Swing)
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
GUI Event Handling.
GUI Event Handling Alpro-2.
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Struktur Kode Aplikasi Java (2)
Menggunakan Event dan Property
Matakuliah : M0864/Programming I
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Menu.
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
Pengenalan Borland Delphi 7.0
GUI Event Handling Sussi.
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Pemrograman Berorientasi Obyek
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Pemrograman Berorientasi Obyek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pemrograman GUI dengan Java
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pemrograman Fery Updi,M.Kom.
VISUAL PROGRAMMING DALAM JAVA
Transcript presentasi:

Event Handling di JAVA

Pengantar Aplikasi GUI bersifat event driven Saat user berinteraksi dengan komponen GUI, interaksi tsb dikenal sbg event, akan memicu program untuk melaksanakan sebuah proses (task). Contoh interaksi yang memicu event : Klik tombol Menulis di textfield Memilih dari check box Menggerakkan mouse di frame Memilih menu, dsb

Pengantar (lanjutan) Kode program yang akan dijalankan saat terjadi event disebut dengan event handler. Dan keseluruhan proses penanganan event disebut dengan event handling.

Komponen event Komponen-komponen yang terkait dg event : Event object : objek yang terbentuk saat terjadi event Event source : objek yang memunculkan event Event handler/listener : kode program yang mengenali event dan memprosesnya

Event Listener

Model Pendelegasian Event

Model Pendelegasian Event (2) Sebuah event listener/handler harus didaftarkan ke event source. Setelah terdaftar, maka listener hanya tinggal menunggu sampai terjadi event. Ketika terjadi event, maka : Terbentuk sebuah event objek Event objek kemudian diarahkan ke listener yang sesuai Ketika listener menerima event, maka : Listener menerjemahkan event Mengeksekusi kode penanganan event

Beberapa kelas-kelas event Nama Kelas Kegunaan ComponenEvent Objek event terbentuk ketika sebuah komponen dipindahkan, di-resize, diset visible atau hidden. ActionEvent Objek event terbentuk ketika sebuah tombol ditekan, melakukan double-klik daftar item, atau memilih sebuah menu ItemEvent Objek event terbentuk ketika sebuah item dipilih atau di-deselect oleh user, seperti sebuah list atau checkbox. KeyEvent Objek event terbentuk ketika sebuah key ditekan, dilepas atau diketikkan MouseEvent Objek event terbentuk ketika sebuah tombol mouse ditekan, dilepas, atau di-klik (tekan dan lepas), atau ketika sebuah kursor mouse masuk atau keluar dari bagian visible dari komponen.

Beberapa kelas-kelas event Nama Kelas Kegunaan WindowEvent Objek event terbentuk ketika sebuah objek Window dibuka, ditutup, diaktifkan, nonaktifkan, iconified, deiconified, atau ketika focus ditransfer kedalam atau keluar window. TextEvent Objek event terbentuk ketika nilai dari text field atau text area dirubah

Cara Membuat Event Handler Kode untuk penanganan event (event handling) dapat diimplementasikan dg cara : Dibuat di kelas yang sama dengan frame Dibuat sebagai kelas bersarang (nested class) pada kelas frame

Langkah-langkah Membuat tampilan GUI nya Membuat kode event listener  misalnya dengan implements interface actionListener Mendaftarkan objek-objek komponen yang akan menjadi event source, contohnya : JButton bt = new JButton(“OK”); bt.addActionListener(new DemoEvent2.Listener());

Kelas Adapter Merupakan kelas yang digunakan untuk membuat event listener Tidak harus mengimplementasikan seluruh method Digunakan dengan cara meng-extends dari kelas adapter

Macam-macam Kelas Adapter ComponentAdapter ContainerAdapter FocusAdapter KeyAdapter MouseAdapter MouseMotionAdapter WindowAdapter