Pemrograman JAVA (TIB09)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Event Handling di JAVA.
Java Applets Pertemuan 7
Mendapatkan Input dari Keyboard
Abstract Class & Interface
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Pemrograman JAVA (TIB09)
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Modul 1- Review Java.
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
Java Review Oleh: Idris Winarno.
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
C REATING FIS S UGENO WITH J AVA Praktikum 13. R EVIEW FIS Metode Penalaran Mamdani Input dan Output berupa himpunen fuzzy Penentuan nilai defuzzifikasi.
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Advanced Class 2 Pertemuan 11 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Pemrograman Berbasis Obyek
Membangun Aplikasi GUI
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface
Layout Managers and Event Handling
KELAS INNER, KELAS ABSTRACT, DAN INTERFACE
Koneksi Database Java dan Access
Pertemuan : Object Oriented Programming
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
GUI Event Handling.
GUI event handling.
OOP Java 06 Polymorphism.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Inheritance, polymorphism, dan interface
Kelas Lanjut 2 Oleh Tita Karlita.
Pemrograman Berorientasi Objek
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Algoritma & Pemrograman 1
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Perulangan (Iteration)
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Pemrograman Berorientasi Obyek
KONSEP SWING.
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Java User Interface (Swing)
GUI Event Handling.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
GUI Event Handling Alpro-2.
Struktur Kode Aplikasi Java (2)
Matakuliah : M0864/Programming I
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Membuat Kelas.
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
INPUT DATA DI JAVA.
Pemrograman Visual Java
Graphical User Interface
GUI Event Handling Sussi.
Pemrograman Berorientasi Obyek
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Pemrograman Berorientasi Obyek
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Transcript presentasi:

Pemrograman JAVA (TIB09) Event Handling

Even Handling pada JAVA Untuk menangani aksi yang dilakukan oleh user terhadap GUI ada beberapa cara yang dilakukan JAVA yang semuanya diaplikasikan dengan interface Event Listener  terdapat pada java.awt.event.* Setelah komponen dideklarasikan, listener dapat ditambahkan pada komponen tsb

Untuk memastikan komponen mana saja yang mengimplementasikan class-class turunan EvenHandling ini, sebaiknya dipastikan pada java api docs nya.

ActionListener Listener interface untuk menerima even aksi pada suatu komponen. Class yang mempergunakan even aksi mengimplementasikan sebagai interface Menggunakan method addActionListener untuk mendaftarkan aksi ini pada komponen dengan catatan komponen ini mempunyai class addActionlistener method.

ActionListener (cont) Ketika even aksi terjadi, actionPerformed method akan dipanggil Contoh implementasi JButton b1 = new JButton(“Tombol”); b1.addActionListener(this); . c.add(b1); Cara yang sama dilakukan pada semua interface evenListener

AdjustmentListener Bereaksi pada perubahan komponen untuk penyesuaian Ditambahkan pada komponen dengan method addAdjustmentListener(). Contoh komponen yang mempergunakan: JScrollBar

FocusListener Listener interface untuk menerima keyboard focus events pada sebuah komponen. Didaftarkan pada komponen dengan method addFocusListener() Ketika komponen memperoleh atau kehilangan fokus keyboard, metode yang relevan dalam object listener dipanggil dan FocusEvent dikirimkan.

ItemListener Interface listener untuk for menerima item events. Didaftarkan pada komponen dengan method addItemListener() Ketika sebuah item-selection event terjadi, objek listener itemStateChanged method dipanggil.

KeyListener Untuk menerima keyboard events (keystrokes). Dapat mengimplements inteface ini atau dapat juga mengextends abstract KeyAdapter class (overriding only the methods of interest). Didaftarkan dengan method addKeyListener()

KeyListener (cont) Sebuah keyboard event di hasilkan ketika sebuah key ditekan, dilepas, ataupun diketik. Relevant method pada listener object diminta dan KeyEvent dilewatkan.

WindowListener Untuk menerima aksi atas perubahan pada windows, misal diperbesar, diperkecil, digeser, ditutup class dapat mengimplements interface atau meng extends abstract WindowAdapter class (overriding only the methods of interest).

WindowListener (cont) listener object dibentuk dari class ini kemudian mendaftarkan pada windows dengan addWindowListener method. Ketika status window berubah, opened, closed, activated or deactivated, iconified or deiconified, relevant method pada listener object diminta, dan WindowEvent dilewatkan

MouseListener listener interface untuk menerima mouse events (press, release, click, enter, and exit) pada sebuah component. (untuk melacak pergerakan mouse dan mouse drags gunakan MouseMotionListener.) class yang berkepentingan pada proses even mouse dapat mengimplementasikan interface ini Cara lain adalah dengan extends abstract MouseAdapter class (overriding only the methods of interest).

MouseListener (cont) Ditambahkan pada komponen dengan method addMouseListener(). mouse event akan dihasilkan ketika mouse di tekan atau dilepas mouse event juga dihasilkan ketika cursor mouse memasuki atau meninggalkan komponen. Ketika mouse event terjadi, relevant method pada the listener object diminta, dan MouseEvent dilewatkan.

MouseMotionListener Untuk menerima mouse motion events (untuk clicks dan mouse events lainnya, gunakan MouseListener.) Class melakukan implementes ke interface ini Cara lain dengan extends abstract MouseMotionAdapter class (overriding only the methods of interest).

MouseMotionListener Didaftarkan pada komponen dengan method addMouseMotionListener() mouse motion event dihasilkan ketika when mouse digerakan atau di drag. (banyak events akan dihasilkan). Ketika sebuah mouse motion event terjadi, relevant method pada listener object dipanggil dan MouseEvent dilewatkan melaluinya..

Interface Event Handling Untuk mengendalikan Event menggunakan interface, program listener harus mengimplementasikan satu method yang bernama actionPerformed() public class myClass implements Actionlistener { public void actionPerformed(ActionEvent evt) } Variabel ActionEvent evt meneruskan informasi komponen asal event tersebut.

Contoh ActionListener private static JButton b1 = new JButton(“Pilih”); private static JTextField tf = new JTextField(30); public class myClass extends JFrame implements Actionlistener { ... public void actionPerformed(ActionEvent evt) { Object var_id = ev.getSource(); if (var_id == b1) //proses ; else if (var_id == t1) }

Contoh ComponentListener import javax.swing.*; import java.awt.event.*; import java.awt.*; public class CListener extends JFrame implements ComponenListener { public Clistener() JLabel teks = new JLabel("Component-listener"); getContentPane().add(teks, "center"); addComponentListner(this); setVisible(true); } public void componentMoved(ComponentEvent ev) System.out.println("Digerakkan"); public void componentResized(ComponentEvent ev) { System.out.println("Ukuran diubah"); } public void componentShown(ComponentEvent ev) System.out.println("Tampil"); public void componentHidden(ComponentEvent ev) System.out.println("Hidden"); public static void main(String args[]) new CListener;