Pseudocode & Flowchart

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 2 Struktur Dasar.
Advertisements

DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
Pemrograman Dasar Pengantar Algoritma - 2 PTIIK - UB.
Spesifikasi Proses.
Pseudocode Dengan Modularisasi
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Komunikasi Antar Modul,
(Lanjutan Tugas Pertemuan ke 1)
Flowchart dan Pseudocode
Materi 2 PSEUDOCODE Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI.
Materi 7 ARRAY Processing
Metode Perancangan Program
Fungsi Lecture 7. Motivation Complexity of programming problem  more difficult to consider the solution as a whole  clue: dividing the problem into.
Dasar Pemrograman Komputer
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002 ] Pertemuan 01.
Array Processing & Modular
Algoritma Umum untuk Masalah Bisnis
Langkah Awal Modularisasi
Algoritma (Struktur, Tipe Data, Input/Output)
Metode Perancangan Program
Flowchart (Diagram Alur)
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
REPETITION CONTROL STRUCTURES
Algoritma dan Pemrograman
Pertemuan Pengembangan Algoritma
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Structure English dan Decision Table
BAB 2 BAHASA PEMROGRAMAN
DASAR PEMROGRAMAN & ALGORITMA
Flowchart.
Penulisan Algoritma dan Flowchart
Flowchart (Diagram Alur)
Pengantar Pemrograman Basis Data (PPBD)
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
Algoritma.
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
APSI.
MODUL 3 PSEUDOCODE.
Metode Perancangan Program
Ucu Nugraha, ST. Algoritma.
penyusunan algoritma (flowchart)
Flowchart.
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
Pemrograman Terstruktur
Metode Perancangan Program
Flowchart (Diagram Alur)
Algoritma dan Pemrograman Pertemuan 1
Flowchart (Diagram Alur)
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Flowchart.
minggu ke-3 Imam Fahrur Rozi
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
minggu ke-2 Imam Fahrur Rozi
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 4.
Structure Theorem Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Bab 2 Struktur Dasar.
Keterampilan komputer 1AB
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
UJIAN TERDIRI ATAS 50 SOAL
BAB II METODOLOGI PENGEMBANGAN SIA
Flowchart (Diagram Alur)
Materi 2 PSEUDOCODE Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI.
Flowchart.
Flowchart (Diagram Alur)
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Dasar Konstruksi Pemrograman
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Pseudocode & Flowchart Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng

Pseudocode What is Pseudocode? Salah satu representasi populer dari algoritma Umum dipakai karena : - mudah dibaca dan ditulis - memungkinkan programer berkonsentrasi pada logika dari permasalahan - tersusun dalam bahasa inggris Tidak ada standar pada penulisan pseudocode

Pseudocode Convention Pernyataan dituliskan dalam bahasa Inggris sederhana Setiah perintah ditulis dalam satu baris terpisah Setiap set perintah ditulis dari atas ke bawah, dengan hanya satu masukan dan satu keluaran. Kumpulan dari pernyataan-pernyataan dapat dibentuk menjadi modul-modul dan dapat diberikan nama.

Six Basic Computer Operations A computer can receive information A computer can put out information A computer can perform arithmetic A computer can assign a value to a variable or memory location A computer can compare two variables and select one of two alternate actions A computer can repeat a group of actions

A computer can receive information Verb used: Read : digunakan ketika algoritmanya adalah menerima input/masukan dari sebuah rekaman pada sebuah file Get : digunakan ketika algoritmanya menerima input/masukan dari keyboard. Read student name Get system date Read number_1, number_2 Get tax_code

A computer can put out information Verb used: Print : digunakan ketika output/keluaran di kirim ke printer. Write : digunakan ketika output/keluaran ditulis ke sebuah file Put, Output, Display : digunakan ketika output/keluaran ditampilkan ke screen. Prompt : diperlukan sebelum sebuah input Get, karena pesan-pesan yang dikirim ke screen memerlukan tanggapan dari user/pemakai, biasanya disediakan input. Print `Program Completed´ Write customer record to master file Put out name, address and postcode Output total_tax Prompt for student_mark Get student_mark

A computer can perform arithmetic Verb used: Compute and Calculate Symbols used: +, -, *, /, () Add number to total Total = total + number Divide total_marks by student_count Sales_tax = cost_price * 0.10 Compute C = (F – 32) * 5/9

A computer can assign a value to a variable or memory location Three cases : Memberikan data sebagai nilai awal dalam pseude-code, kata kerja Initialise atau Set digunakan. Menetapkan sebuah nilai sebagai hasil dari beberapa proses, simbol “=“ atau “←” dituliskan Menyimpan sebuah variabel yang nanti akan digunakan, kata kerja Save atau Store digunakan. Initialize total_price to zero Set student_count to 0 Total_price = cost_price + sales_tax Total_price ← cost_price + sales_tax Store customer_num in last_customer_num

A computer can compare two variables and select one of two alternate actions Keyword used: IF, THEN, ELSE IF student_attendance_status is part_time THEN add 1 to part_time_count ELSE Add 1 to full_time_count ENDIF

A computer can repeat a group of actions Keyword used: DOWHILE, ENDDO DOWHILE student_total < 50 Read student record Print student name, address to report Add 1 to student_total ENDDO

Meaningful names Ketika mendesain sebuah algoritma penyelesaian, seorang programer seharusnya memperkenalkan nama-nama yang unik, yaitu : Representase variabel-variabel atau object dalam masalah. Arti contoh: number1, number2, number3 ➙ lebih berarti daripada A, B, C Gunakan tanda pemisah jika lebih dari satu kata Contoh : sales_tax, word_count Atau huruf besar sebagai pemisah Contoh : salesTax, wordCount

Flowcharts Terminal Symbol: Menyatakan logika titik mulai dan titik berhenti Input/Output Symbol: Menyatakan sebuah proses input atau output dalam algoritma Process Symbol: Menyatakan proses tunggal dalam algoritma Predefined Process Symbol: Decision Symbol: Menyatakan sebuah pilihan dalam logika yang melibatkan dua pilihan nilai

Contoh Jika diberikan tiga buah bilangan, buatlah pseudocode dan flowchart dari algoritma untuk mencetak hasil penjumlahan ketiga bilangan tersebut. Solusi : Penjumlahan_tiga_bilangan Get number1, number2, number3 Total = number1+number2+number3 Print Total end

Total = number1+number2+number3 Contoh start Number1, number2 number3 Total = number1+number2+number3 Total start

Latihan Diberikan tiga buah bilangan, buatlah pseudocode dan flowchart dari algoritma untuk membandingkan mana dari ketiga buah bilangan tersebut terbesar dan mana yang terkecil

Latihan Pseudocode : Perbandingan_tiga_bilangan Get bil1, bil2, bil3 If bil1 > bil2 Then If bil1 > bil3 Bil1 = terbesar End if else if bil2 > bil3 then bil2 = terbesar end if Else Bil3 = terbesar