Permainan dan cara memainkannya

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK
Advertisements

Pengantar Game untuk membuka dan menutup kelas ini dimaksudkan bukan untuk mempengaruhi guru melainkan memberikan nuansa tambahan dari guru dalam.
Dosen: Fitri Catur Lestari, S. Si., M. Si. Metode Statistik Nonparametrik Semester Genap Tahun Akademik 2012/2013 GAMBARAN UMUM PERKULIAHAN Maret 2013.
Sepakbola Oleh: Guru Penjas SMA.
Metaplan dan walking seminar
Tugas Disain Pelatihan Nama: Siti Rohana NPM:
funny girls c0lection  HASNIATI  LISMAWATI  NURHAFIZAH  YELNI HIDAYAH -
Meningkatkan kekompakan ketrampilan serta kepercayaan anggota kelompok
TUGAS DESAIN PELATIHAN NGATILAH MEMASANGKAN CINCIN Kelompok : terdiri dari 8 sampai 15 orang Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan : a. Satu pensil.
MEMAHAMI TYPE-TYPE KECERDASAN ANAK by. MOH. YANI,S.Ag, MM,M.Pd.I
CHAOS Grup size: 15 sampai 30 Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan: kertas dan pena Nurmiyati. NPM :
MATERI IPS KELAS XI SEMESTER GANJIL
MODEL PENDEKATAN BERNUANSA KONSTRUKTIF
PROSES, TUGAS, DAN HUKUM PERKEMBANGAN
PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN
Nama Permainan : MENYEBUT NAMA TEMAN KENALAN DAN TOKOH
Tujuan: Untuk meningkatkan komunikasi kelompok. Langkah-langkah: 1.Meminta peserta untuk berdiri pada dua baris yang berhadapan satu ysng bertanya.
5 macam permainan dalam pelatihan
Sepakbola Oleh: Nawan Primasoni
SALBATRIL Materi P E L U A N G Belajar Individu Oleh :
Gaya.
Matakuliah Pembelajaran
Paket 5 Matakuliah Pembelajaran BI MI
PEMBELAJARAN MATERI BENDA DAN SIFATNYA
DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )
Paket 9 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
TEBAK KATA.
NAMA: FAJARRUDIN NPM: Tugas Desain Pelatihan MID Semester Genap 2012 UMY.
PARAGRAF 2.
Tata Tertib Pengawas Ruangan Dan Peserta UN
Tugas desain pelatihan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
PETUNJUK SELAMAT! Tim Anda terpilih untuk mengikuti THE AMAZING RACE on KEBUN RAYA BOGOR Pastikan Tim Anda menerima 1 bingkisan yang berisikan PETA, ATURAN.
Nama Permainan : Benda Apa Ini ? Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si
WARNA Ria Lestari NPM : NEXT. Tujuan Untuk meningkatkan interaksi dalam team Bahan : Tidak ada Waktu : 10 menit Jumlah peserta : 15 s/d 30.
Paket 4 Pengembangan Materi Pembelajaran PKn MI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Nama Permainan : petani dan pencuri Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si
Nama Permainan : KURSI DAN POHON
Games and ice breakings
PEMBELAJARAN KOOPERATIF YANG DIMODIFIKASI
LEMBAR KEGIATAN SISWA OLEH Laila Nurhayati ( )
Jumlah Peserta Waktu Tujuan Alat dan bahan Langkah - langkah.
0.5 SIMETRI DAN PENCERMINAN
KEMAMPUAN BEKERJA SAMA
ATLETIK : LARI SAMBUNG, LEMPAR CAKRAM
TEAM TEACHING.
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
KONSTRUKSI BATU BATA.
ETIKET & ETIKA DALAM BERGAUL.
PEMBAGIAN KELOMPOK KELOMPOK I : SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG
Penjaskes Jilid 2 Penjaskes Permainan
STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK
MEMPERSIAPKAN DAN MENCAMPUR PASIR UNTUK CETAKAN LOGAM
LOMBA CALISTUNG.
Ketangkasan I (Rawa Beracun) Jumlah peserta 4 anak
Kelompok : Nur Halimah ( ) Suliza ( )
KOMUNIKASI.
BINA DIRI untuk Tunagrahita
KOMUNIKASI.
MENGGAMBAR TEKNIK 1.
MATERI IPS KELAS XI SMK N 3 PACITAN SEMESTER GANJIL
LOMBA CALISTUNG.
SUBTEMA I AKU DAN TEMAN BARU.
KEMAMPUAN BEKERJA SAMA
PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA KELOMPOK 3 1. FRANSISKA WENY NDRAHA( ) 2. PUTRI WIDYA SARI( ) 3. SRI DEVIANI NAINGGOLAN( ) 4. TURIA.
PENGORGANISASIAN KELAS DAN UNGKAPAN HARAPAN PESERTA
BAB XI Peranan Guru Dan Kelakuan Murid
ETIKET DALAM PERGAULAN. Etiket dalam Pergaulan Etiket Makan Etiket Merperkenalkan Diri dan Orang Lain Etiket Menggunakan Fasilitas Umum.
Kecerdasan Majemuk.
MATERI IPS KELAS XI SMK KYAI AGENG GIRI SEMESTER GANJIL.
Transcript presentasi:

Permainan dan cara memainkannya Oleh : Nama : Ari Fitra Salim NPM : 20090720163 Semester : VI ( enam ) Mata Kuliah : Desain Pelatihan Dosen : Drs.Mujiyana,M.Si. Sebagai tugas pengganti Ujian Mid Semester genap

Nama Permainan 1 : Simpul rapiah Tujuan permainan : untuk menjaga dan melatih kekompakan serta melatih kepemimpinan,karena hanya akan ada satu komando dalam permainan ini,kalau semua menjadi komando tidak bisa berhasil. Alat & bahan : Tali rapiah 6 helai dengan panjang sekitar 2 meter. Jumlah pemain : 6 orang

Teknis permainan : Siapkan tali rapiah sebanyak 6 helai dengan panjang kurang lebih 2 meter

Pelintir tali dan buatlah supaya tali saling terurai dan ruwet tapi tidak terikat.

Peserta berdiri melingkar kemudian kedua tangan masing-masing peserta mengambil tali dari sisi yang berbeda,misal tangan kanan mengambil tali bagian sisi atas dan yang kiri ambil yang bawah.

Setelah semua peserta mendapatkan satu tali di tangan kanan dan satu tali ditangan kirinya maka tarik kdua tali itu sehingga tali akan tertarik kencang dan membentuk simpul di tengah,supaya lebih jelas perhatikan gambar berikut :

Langkah berikutnya setelah tali tertarik semua seperti digambar dan kedua tangan masing- masing peserta sudah memegang tali maka tugasnya adalah untuk melepaskan tali itu sehingga tali dapat lepas dari ikatan dengan peraturan tanpa boleh melepas tali dari genggaman tangan.sehingga nanti akan sukses hasilnya seperti gambar berikut :

Permainan selesai........

Permainan 2 Nama Permainan : Piramida Aqua Tujuan Permainan : Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan dalam sebuah kelompok atau komunitas karena harus bekerjasama satu dengan yang lain sehingga tidak bisa menuruti egonya sendiri tapi harus kompak dan bersama- sama saling mengerti. Alat dan bahan : Dalam permainan ini kita membutuhkan sejumlah tali sesuai jumlah pemain dan gelas air mineral yang sudah tidak ada airny. Misalny : Tali 8 helai dan 6 buah gelas mineral Jumlah Pemain : Permainan ini bisa dimainkan sampai 8/9 orang

Cara permainan : Siapkan tali dengan keadaan tengah tali dibuat lingkaran supaya bisa untuk menjepit gelas aqua. Serta siapkan gelas aqua ditata secara acak disuatu tempat Lebih jelasnya lihat gambar berikut :

Langkah selanjutnya peserta diharapkan berdiri melingkar melingkari gelas aqua yang sudah ditata secara acak. kemudian permainan dapat dimulai yaitu memindahkan gelas-gelas aqua yang masih acak tadi supaya disusun menjadi sebuah piramid yang rapi dan bagus dengan bantuan tali itu dengan cara menjepitnya.

Permainan ini dapat dilombakan diantara kelompok lain kemudian bisa saling berlomba yang paling cepat menyusun piramid ini. Sehingga nanti hasil yang didapatkan seperti gambar berikut : Jika kelompok sudah berhasil menyusun piramid seperti gambar diatas maka permainan selsai dan berhasil

Permainan 3 Nama Permainan : Kekuatan Indra Pencium Tujuan Permainan : Permainan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguatkan indra penciuman dan melatih kesetia kawanan dan kepekaan. Alat dan bahan : Sapu tangan atau slayer penutup mata Minyak wangi/parfum dengan berbagai aroma yang berbeda Jumlah pemain : tidak terbatas tapi paling efektif 10 orang

Cara permainan : Teknis permainan ini nanti setiap kelompok ada salah satu yang mewakili untuk ditutup matanya dan yang mencari atau yang bermain,sementara anggota kelompok yang lain diam ditempat tidak boleh bersuara dan pemain yang ditutup matanya harus mencari temanya dalam kelompok itu tapi denga cara mencium wangi-wangian yang telah disepakati baunya. siapkan alat dan bahan yaitu berupa penutup mata dan parfum dengan beberapa aroma.

Bagi peserta dengan berbagai kelompok misalkan 3 kelompok dengan jumlah orang masing-masing 10 orang.dan setiap kelompok ada satu perwakilan yang akan mencari anggota temannya dengan cara hanya mencium wangi-wangian yang ada dan dengan mata tertutup.

Setiap kelompok dan satu orang yang akan ditutup anggotanya diberi satu aroma parfum yang berbeda dengan yang lain supaya saling mengenali dahulu.kemudian jika sudah dikenalkan dengan aroma parfum kelompoknya maka semprotkan satu aroma parfum kepada setiap anggota kelompok kemudian barulah salah satu peserta ditutup matanya kemudian 3 kelompok yang ada dicampur dijadikan satu. Disinalah tugas peserta yang ditutup matanya untuk mengenali aroma kelompoknya kemudian mengumpulkannya menjadi satu kelompok lagi.

jika salah satu kelompok sudah berhasil berkumpul menjadi satu dan anggota kelompoknya benar dengan orang-orang itu maka permainan dianggap berhasil dan selesai ........................

Permainan 4 Nama Permainan : “Jika Saya......” Jumlah Pemain : 10 sampai 30 Waktu : 45 hingga 60 menit Tujuan : Mengembangkan kepandaian/pengetahuan untuk memahami perbedaan laki-laki dan perempuan Digunakan ketika : Pada sebuah kelompok yang sedang membicarakan tentang analisis peranan laki- laki dan perempuan

Langkah-langkah : Siapkan Bahan yaitu dua kartu dengan warna yang berbeda dan spidol untuk semua peserta

Bagi peserta dalam dua kelompok: " grup wanita" dan " grup pria" .

Beri dua kartu ( satu warna untuk pria dan satu warna untuk perempuan )dan satu spidol ke masing-masing orang

Perintahkan kepada kelompok wanita menyelesaikan kalimat berikut: -saya gembira saya wanita karena. . . . - jika saya pria, saya akan. . . . . setiap pengikut pria harus menyelesaikan kalimat berikut: - saya gembira saya pria karena. . . . . - jika saya wanita, saya akan. . . . .

Bila mereka telah menyelesaikan menulis, tanya pengikut meletakkan kartu secara acak dan terbalik di atas lantai dan pisahkan menurut warna kartu. Ambil satu kartu dengan warna yang berbeda pada waktu yang sama dan sematkan kartu itu di papan dan suruh salah satu peserta membaca dengan keras. Kemudian diskusikanlah. Kemudian wawancarailah perwakilan tadi dengan pertanyaan: - Apa yang terjadi jika kamu seperti yang ditulis pada kartu itu? bagaimana rasanya ? -Puaskah kamu dengan menjadi pria atau wanita? mengapa? Dan permainan selesai....................

Permainan 5 Nama : Kereta peka Tujuan permainan : Untuk meningkatkan kepekaan indra peraba dan percaya kepada sahabat/team. Bahan : Rapiah dan bak sampah serta dirigen bensin Banyak pemain : 5 orang

Langkah Permainan cara permainan ini adalah 5 orang berjajar kebelakang dan sema mata ditutup kecuali yang bagian paling belakang sebagai penunjuk arah kereta sampai tujuan dengan cara menepuk punggung bagian kanan depannya maka kereta belok kekanan,tepuk punggung kiri kereta belok kekiri,dan tepuk bagian tengah punggung maka kereta lurus dan tepuk kedua tangan kanan dan kiri maka kereta berhenti.

Siapkan alat dan bahan serta jalur yang akan dilewati yaitu berupa jalan yang dibuat dari rapiah dan letakkan rintangan-rintangan ditengah jalan.

Jika lintasan yang akan dilalui sudah siap dan dirigen bahan bakar yang akan dituju sebagai maskot telah dipasang di garis finish maka permainan dapat dimulai dengan cara seperti penjelasan sebelumnya dan permainan ini dapat dilombakan dengan berbagai kelompok kemudian yang tercepat maka yang menang dan prmainan Selesai.........

Demikian 5 Permainan yang dapat saya sajikan beserta gambar dan penjelasannya untuk memenuhi tugas pengganti ujian MID Semester Genap semoga bermanfaat dan mudah difahami. Sekian & Terima kasih....... Oleh : Ari Fitra Salim NPM : 20090720163 Kelas : Reguler 2009