Menggambar dengan Macromedia Flash

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Teknologi Informasi & Komunikasi
Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6 (apabila sampeyan adalah pengguna CorelDRAW versi dibawahnya mungkin ada Tool yang belum ada)
Oleh : Deri Suyatma. Arahkan mouse pada menu View kemudian beri tanda ceklis pada Snap to Grid 7 Snap to Objects.
Tutorial Logo Carrefour
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Perkenalan lingkungan kerja dan tools-tools
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Belajar Adobe Photoshop CS
Variasi Animasi dalam Flash
Pengantar Aplikasi Grafis – Photoshop CS5
Materi 06.ADOBE PHOTOSHOP
Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
Langkah membuat gerak planet
TUGAS GAMBAR RASTER AREA KERJA PHOTOSHOP
LESSON – INTRODUCTION TO COREL
PRESENTASI GAMBAR RASTER TENTANG PAINTING DAN DRAWING
NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto : David Junaedi.
Materi 06.ADOBE PHOTOSHOP
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
Adobe Photoshop CS3 Toolbox
Cara menggambar melengkung
MENGAPLIKASIKAN MENU DAN IKON PADA PROGRAM PHOTOSHOP
Copy selection file adalah Menyalin hasil seleksi yang telah dibuat sehingga bagian yang terseleksi tidak hilang Copy selection file dapat dilakukan.
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
TOOLBOX PADA COREL DRAW 12 BESERTA FUNGSINYA
Area Kerja Macromedia Flash 8
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
DESAIN GRAFIS MENU DAN ICON COREL DRAW.
Membuat Asesori Web.
Teknologi Dan Rekayasa
Animasi Banner dengan Flash
Animasi Banner dengan Flash
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Produksi 3D untuk Desainer
Menggunakan Menu dan Ikon untuk Membuat Desain Sederhana.
MEMBUAT POSTER DENGAN COREL DRAW
Drawing tools Dan aplikasinya
EFEK-EFEK INTERACTIVE
Toolbox Pada CorelDRAW Part 1
Macromedia Flash.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
TUGAS GAMBAR RASTER PRESENTASI
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
Macromedia Flash.
Membuat bentuk & Text Adobe Photoshop.
Animasi Tweening.
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
MENGENAL MACROMEDIA/ADOBE FLASH
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 1 Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop Web Design Team Dosen.
Macromedia Flash.
APLIKASI GRAFIS Pengantar Aplikasi Grafis – Photoshop CS.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi 2 dimensi. Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta didik dapat: Memahami.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Menggambar dengan Macromedia Flash

Selection tools Tools ini biasanya digunakan untuk menseleksi object secara spesifik, dimana objek dalam flash yang divisualisasikan di stage dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu shape dan symbol. Perbedaan mendasar pada shape dan symbol adalah bila kita membuat shape maka shape tersebut tidak akan tersimpan dalam library, objek ini akan tersimpan dalam keyframe dan frame dalam timeline bersangkutan. Selection tool(V) Tools ini digunakan untuk menyeleksi gambar secara langsung. Cara penggunaan : 1. Pilih select area (dengan mengklik kanan mouse lalu ditahan sambil di drag mousenya). 2. Select area terpilih. 3. Lakukan perubahan pada daerah yg terpilih (misal delete, memindahkan tempat,dll)

Modifier yang ada pada tool ini adalah : Straighten, option ini digunakan untuk meluruskan garis-garis outline yang telah dibuat, cara pakai sama seperti smooth.

Subselection Tool (A) ` Tool ini digunakan untuk menyeleksi dan mengedit vertex-vertex yang terdapat dalam suatu objek. 1. Memilih objek. 2. Objek terpilih dengan vertex-vertexnya. 3. Kita bisa mengadakan manipulasi terhadap vertex(contoh ditarik melebar). 4. Objek telah termanipulasi dangan bantuan Subselection Tool.

Lasso tool Tool ini digunakan untuk memilih objek sesuai dengan pergerakan mouse, lain halnya dengan selection tool diatas yang memilih objek dengan bentuk persegi panjang. 1. Pilih objek yang akan dimanipulasi dengan menggerakan mouse melewati objek membentuk pola yang diinginkan. 2. Batasan objek telah terpilih sesuai pola yang diinginkan(daerah yang terasir). 3. Lalu kita gunakan selection tool untuk mendrag daerah terasir tersebut ke arah yang diinginkan.

Modifier yang terdapat pada Lasso tool Magic Wand, Jika pilihan Magic Wand diaktifkan maka daerah yang di select akan sesuai dengan aturan pada magic wand propertiesnya. Magic Wand Properties, Mengatur setingan dari magic Wand seperti apakah edge yang di select akan smooth, Normal, dan sebagainya. Poligon Mode, Jika pilihan Poligon ini diaktifkan maka Daerah diselect dengan menggunakan batas-batas edge Yang lurus.

Drawing tools Dengan tools yang ada pada drawing tools kita dapat membuat ilustrasi sendiri, semua object yang kita buat berupa shape. Line Tool(N) Tool ini digunakan untuk membuat garis. gunakan tombol shift bila ingin mendapatkan aris lurus.

Oval Tool(O) Tool ini digunakan untuk membuat bentuk oval. gunakan tombol shift untuk membuat lingkaran penuh. Rectangle Tool(R) Tool ini digunakan untuk membuat persegi panjang gunakan tombol shift untuk membuat bujur sangkar. pilih custom pada menu properties untuk membuat rectangle lebih unik. PolyStar Tool Tool ini digunakan untuk membuat poligon misal segi-4, segi- 5,dsb. Untuk memilih segi poligon tersebut dpt dilihat di menu plg properties yg ada paling bawah lalu pilih options. Lalu diisi saja Number of Sides yg dikehendaki.

Pen Tool(P) Tool ini berfungsi untuk menggambar path yang presisi dengan garis lurus atau lengkung. Untuk menggambar garis lurus, caranya klik pada titik pertama dan klik pada titik kedua sehingga terbentuk satu segmen garis. Gunakan shift untuk mendapatkan garis dengan arah kelipatan 45 derajat. Untuk menggambar garis lengkung, caranya klik pada titik pertama lalu drag pada titik kedua.

Pencil Tool(Y) Tool ini digunakan untuk menggambar garis, kurva dan bentuk lain seperti halnya kita menggambar dengan pensil. Modifier untuk tool ini adalah Straighten, semua garis yang digambar akan bersifat kaku. Smooth, semua garis yang digambar akan bersifat lengkung. Ink, semua garis yang digambar akan sesuai dengan pergerakan mouse

Brush Tool(B) Tool ini digunakan untuk melukis, dimana warna yang diwakili adalah warna fill. Sehingga tipe dari object yang anda buat dengan Brush Tool adalah fill bukan outline Lock Fill, dengan aktifnya option ini kita dapat mengikuti pola warna dari object yang di fill sebelumnya. Ini akan sangat efektif pada saat kita memakai gradiasi. Brush Type, pada option ini kita dapat memilih beberapa mode dengan fungsi tertentu.(liat gambar). Brush size, menentukan ukuran dari brush yang dipakai. Brush shape, menentukan bentuk dari brush yang dipakai

Brush Type

Eyedropper Tool Tool ini untuk mengambil sample warna dari fill dan stroke dimana toolnya akan berubah sesuai dengan sumber dari warna yang diambil,bila yang diambil dari stroke maka akan berubah menjadi Ink dan bila fill akan berubah menjadi Paint bucket.

Eraser tool Tool ini digunakan untuk menghapus shape baik fill maupun stroke. Modifier untuk tool ini adalah: Faucet, menghapus semua fill yang berwarna sama. Eraser mode, sama seperti brush mode. Eraser shape, bentuk dari penghapus

Ink bucket tool & Paint bucket tool Ink bucket tool, mengganti warna outline/stroke(garis) dari suatu objek. Paint bucket tool, mengganti warna fill dari suatu objek Fill Color dan Stroke Untuk mengubah warna baik fill maupun stroke dapat dilakukan di color box tetapi selain dari sini kita juga dapat merubah kedua warna tersebut dengan menggunakan panel yaitu color swatch dan color mixer. Untuk mengaksesnya,pilih menu Window > Design Panel >Color Mixer/Color Swatches

Manipulasi gambar ( Transform ) Size and Rotate Kita dapat mengaktifkan menu transform dengan memilih Window > Design Panel > Transform.

free transform end