INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Advertisements

1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
FERIYANTO MOHI Alamat: Perum Sleman Permai 2 Blok C No Kelas D 2009 Usang Joko : 2010 Ferry.
Pendahuluan IMK-M1.
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
Interaksi Manusia dan Komputer
Bina Sarana Informatika
Pengenalan Sistem Operasi
Interaksi Manusia dengan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
KONSEP USER INTERFACE.
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Pengenalan Perancangan Antarmuka Mira Kania Sabariah, M.T.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Analisis Dan desain sistem informasi
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
Pendahuluan.
Pendahuluan.
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPTER MOHAMAD HILMAN 2016.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
HCI/ IMK .. Perancang Antarmuka harus memperhatikan beberapa faktor:
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Pendahuluan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Transcript presentasi:

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER YUSRIN A. TOSEPU

PENGANTAR MEMAHAMI IMK / HCI LPPM-LPM PERT. 02

MENGGAPA DENGAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER……? Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface). LPPM-LPM

Dalam pengertian lain diterangkan bahwa Interaksi Manusia Komputer merupakan sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. Definisi lain Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri. Merupakan suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya. LPPM-LPM

MODEL IMK Tiga komponen ini saling berkaitan. 1. PENGGUNA 2. INTERAKSI 3. TEKNOLOGI LPPM-LPM

Pengguna (user) adalah bagian dari sistem yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer, oleh sebab itu mengapa 3 komponen ini saling berkaitan. LPPM-LPM

Bagaimana Perkembangan IMK ……? Kemajuan-kemajuan teknologi mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. LPPM-LPM

Histori IMK…! Komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik. komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, Dengan ini prkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). LPPM-LPM

Dari Histori, IMK bermula disini…! Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI)atau Interaksi Manusia-Mesin. Dari Histori, IMK bermula disini…! Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer LPPM-LPM

Model IMK terdiri atas : 1. Pengguna (Manusia) 2. Komputer 3. Interaksi Pengguna adalah bagian dari sistem yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer. LPPM-LPM

IMK DAN PENDEKATAN BIDANG ILMU LAIN Sosiologi studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor. Psikologi memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna Perancangan grafis dan tipografi sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja LPPM-LPM

5. Antropologi Ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya 6. Linguistik Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah. 7. Teknik elektronika & ilmu komputer Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI LPPM-LPM

SISTEM KOMPUTER DI BUAT UNTUK MEMBANTU MANUSIA...!?!! 1. Manusia (user) Tahun 1983 ada sebuah model human prosesor yang terdiri dari 3 subsistem, yaitu : Sistem Persepsi Menangani sensor dari luar Sistem mator Mengontrol aksi dan respon Sistem Kognitif Memproses hubungan keduanya Informasi pada manusia terdiri dari : diterima dan direspon melalui input output disimpan di memori diproses dan di aplikasikan LPPM-LPM

Memory komputer vs Manusia Memori manusia : Memori sensor : Iconic untuk visual Echoic untuk aural Haptic untuk Peraba Short term memori Daerah memori aktif, yang di anggap sebagai memori kerja. Contoh : menghitung dan membaca Long term memori Episodic : mempresentasikan kejadian Semantic mempresentasikan stuktur dari fakta LPPM-LPM

Input / Output komputer ChaBatch : data berkelompok Interaktif : satu per satu Text Entity Device Keyboad Handwriting recognize Speech recognition Output Device LCD CRT LED Paper Printing, Scanner dan optical character recognition 3. Interaksi Tipe : a. Comand Line interface b. Menu c. Natural Language d. Query dialogue e. Spreadsheet f. WIMP (windows, icons, menu, pointers) LPPM-LPM

Evolusi Antarmuka Tahun 50an – Antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex. switch panel) Tahun 60-70an – Antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL, FORTRAN) 1960-an J.C.R. Licklider (MIT) mengusulkan jaringan komputer global dan pindah ke DARPA (Defense Advanced Projects Research Agency) . Tahun 1969, ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) mulai online menghubungkan 4 universitas. 1970: penelitian di Xerox’s Palo Alto Research Center memperkenalkan mouse,pointing dan selecting, dan GUI sebagai metode utama komunikasi manusia-komputer.an Tahun 70-90an – Antarmuka pada level instruksi. 1974 Bolt , Beranek, dan Newman merilis Telenet , versi komersil pertama dari ARPANET LPPM-LPM

1982 dicetuskan istilah Internet 1974: Xerox mempatenkan mouse seperti yang dikenal sekarang. • Akhir 1970-an hingga 1980-an, dicetuskan TCP/ IP sebagai bahasa umum bagi komputer Internet Tahun 80an – Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI, Multimedia) 1981: Star (Xerox) double click, overlapping windows, 1024×768 monochrome. 1982 dicetuskan istilah Internet LPPM-LPM

Tahun 2000an – Antarmuka berkembang dengan luas (ex Tahun 2000an – Antarmuka berkembang dengan luas (ex. mobile device, interactive screen. Selama 1990-2000an: berbagai produk dan upgrade Microsoft dan Apple 2003 Apple merilis Safari versi 1.0 2004 Mozilla Firefox diperkenalkan Sampai sekarang telah banyak perubahan dan penemuan-penemuan baru yang telah diciptakan guna untuk perkembangan teknologi. LPPM-LPM