Oleh: Jordaan Eduard Ticoalu, 7.1 Bahasa Indonesia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bentuk-bentuk Perlawanan Kolonialisme di Indonesia
Advertisements

TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
SAHABAT DI MUSIM MERIAM Oleh Putri 7.1.  Saya memilih judul ini karena waktu jaman itu, ada sepasang sahabat yang benar-benar tinggal saat jaman meriam.
Memahami pementasan drama
LAPORAN KAJIAN DRAMa Identitas Buku Judul buku : Sebuah Sandiwara Dalam 14 Babak KEN AROK Pengarang : Saini K.M.
Identitas Buku Judul Novel : Negeri 5 Menara Penulis : A. Fuadi
A. Pengertian Pergerakan Nasional
Menanggapi Pementasan Drama
UNSUR EKSTRINSIK, NILAI MORAl & penulisan makalah sastra
Salam, Perkenalan dan Tujuan
PERBANDINGAN NOVEL (DE WINST dan GLONGGONG) Novel Historigrafi
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
Standar Kompetensi: Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan Kompetensi Dasar: Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat.
mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
UNSUR INTRINSIK CERITA
NAMA : RAHMAT HIDAYAT AKKAS NIS : KELAS : XI IPA 1
Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 2 Andri Yogastari
Pahlawan Nasional: Teuku Umar
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
PRESENTASI KEWIRAUSAHAAN
Memperkenalkan cerita perjuangan bangsa Indonesia
UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA
Masa Pemerintahan Kolonial Belanda (Johanes Van Den Bosch)
ANGGOTA KELOMPOK BENI SUSANTO (06) DYAH AYU A. (12) PINTA IKAWATI (23)
BAB VIII POLITIK.
Lembar Kerja Siswa 2 (Kebahasaan)
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
Pertemuan 2 Subyek diminta untuk menceritakan setiap gambar pada tester, yang meliputi kejadian yang tampak pada gambar, apa yang menyebabkannya terjadi,
MENULIS CERPEN DENGAN STRATEGI PEMODELAN
konsep dasar pendidikan seni rupa  Ki Hajar Dewantara seorang tokoh pendidikan Nasional membuat definisi seni sebagai berikut: “Seni adalah perbuatan.
PROSES KEBANGKITAN NASIONAL PROSES PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME 1.MENINJAU CARA BERJUANG RAKYAT SEBELUM TAHUN 1908 Hingga tahun 1908, Pemerintah.
Pertemuan ke-5.  Budaya adalah ciptaan manusia, tapi budaya menguasai kehidupan manusia, karena itu kebudayaan disebut superorganik  Contoh: manusia.
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
TEKS ANEKDOT.
A. Gambaran Kerajaan Allah Pada Zaman Yesus
Unsur Instrinsik dan ekstrinsik Novel
Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Pendek
Menulis berbgai karya sastra/cerpem
UNSUR-UNSUR PROSA FIKSI
BAB 6 PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
DISTORSI PESAN dalam KOMUNIKASI ORGANISASI Pertemuan 12
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
MEDIA, PELAYANAN PUBLIK DAN LOGIKA POLITIK Pertemuan 10
3. Kebijakan Pemerintah dalam bidang keagamaan
CERITA REKAAN/PBIN4211 (Materi TTM Pertemuan IV)
CERPEN Oleh Aqmarina.
STRATEGI POLITIK NU MASA PENJAJAHAN JEPANG
Menganalisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Wawancara Klinis Adhyatman Prabowo.
Penjelasan Tentang Cerpen
Kompetensi Dasar Memahami struktur dan kaidah teks novel, baik melalui lisan maupun tulisan.
POLITIK ETIS.
KELOMPOK VI NAMA : Farid M Z Hilman S Erlangga G Zulfahmi.
Memahami Novel Remaja (Asli atau Terjemahan) Kelas VIII Semester II (Genap)
PERKEMBANGAN AWAL DAN TUJUAN VOC
DOMINASI PEMERINTAHAN KOLONIAL BELANDA
Assalamualaikuuum.... Apa kabar semuanya..... Ayoo... Kalian bentuk kelompok... setiap kelompok 4 orang Yaa...!
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
KAWASAN SASTRA DAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN FIKSI
Kelas XII Bahasa Semester 1
SEMANGAT KEBANGKITAN NASIONAL TAHUN 1908 Dwi Susanto, S.Pd – SMP Negeri 1 Surabaya.
TEKS BUKU FIKSI BAHASA INDONESIA Rike Budiati,SPd
Cerpen BAHASA INDONESIA Akhmad, S.Pd.
(30”). NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MERDEKA..!!! - INDONESIA,………..SEBAGAI NEGARA KEPULAUAN TERBESAR DI DUNIA -JUMLAH PULAU : BUAH -
APA CERPEN ITU? OLEH: WIDAYATIN, S. Pd.. UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERPEN UNSUR INSTRINSIK TEMA ALUR LATAR SUDUT PANDANG TOKOH DAN PENOKOHAN AMANAT GAYA BAHASA.
Transcript presentasi:

Oleh: Jordaan Eduard Ticoalu, 7.1 Bahasa Indonesia Hidup Tanpa Pilihan Oleh: Jordaan Eduard Ticoalu, 7.1 Bahasa Indonesia

Alasan Pemilihan Judul Dilatarbelakangi oleh kehidupan yang sulit karena dijajah oleh bangsa lain. Tokoh utama bertanggung jawab membangkitkan semangat rakyatnya dan tetap teguh dalam pendirianya Penjajah sangat kuat dan berkuasa, ia harus menerima kehidupan yang tanpa pilihan; Bukan berarti menyerah.

Isi Cerpen Sudut pandang: Orang Pertama (Aku/ saya) Latar: Desa Bagan di Jawa Barat, 1830

Isi Cerpen Tokoh Utama: Jendral Jordaan: pemberani, baik hati, jujur, tidak menyerah dan penuh semangat. Bawahan: Sersan Mahir: jujur, taat dan patuh

Alur Cerita Perkenalan Pada tahun 1830 terjadi pergantian gubernur jendral Belanda dan ia menerapkan sistem baru.

Alur Cerita Konflik Gubernur jendral memaksa rakyat menanami sebagian tanahnya dengan tanaman yang ditentukan Belanda, memaksa rakyat bekerja tanpa upah, dan menyiksa mereka walaupun telah bekerja keras sehingga rakyat semakin menderita.

Alur Cerita Klimaks Jendral Jordaan tidak menerima perlakuan kejam Belanda sehingga ia memimpin perlawanan terhadap Belanda namun Belanda langsung menggagalkannya.

Alur Cerita Peleraian Belanda membawa Jendral Jordaan dan rakyat ke tempat baru dan melaksanakan tanam paksa. Rakyat menerima situasi yang sulit tetapi tidak berputus asa.

Latar belakang ide pembuatan cerpen Cerpen ini dilatarbelakangi oleh pengamatan saya terhadap seorang pemimpin yang berusaha membangkitkan semangat rakyatnya untuk tetap hidup dan berjuang. Semangat juang yang tetap menyala walaupun harus menerima keadaan, bukan berarti menyerah dan menerima hak asasinya dirampas.

Mengapa tokoh utama diperankan seperti itu? Pengarang ingin menggambarkan bahwa di tengah penderitaan masih ada semangat untuk hidup dan berjuang tanpa harus menyerah dan berputus asa.

Bagaimana tokoh utama menangani konflik? Mengatur siasat dan Berjuang. Jendral Jordaan mengumpulkan rakyat dan memimpin pengaturan siasat untuk melawan penyiksaan Belanda.

Mengapa klimaks dibuat seperti itu? Klimaks dibuat seperti itu untuk menggambarkan bahwa hidup di bawah kekuasaan penjajah sangat sulit dan rakyat tidak mempunyai pilihan jika tidak mampu menandingi kekuatan penjajah. Namun semangat juang harus tetap menyala.

Tidak boleh menyerah walaupun hidup tanpa pilihan TEMA Tidak boleh menyerah walaupun hidup tanpa pilihan

Pesan moral Walaupun menderita dan sepertinya memiliki hidup tanpa pilihan, tetapi kita tidak boleh menyerah begitu saja dan mengikuti keinginan penjajah. Semangat perjuangan harus tetap berkobar sehingga generasi berikutnya dapat meniru dan mampu melanjutkan perjuangan merebut kemerdekaan.

Penutup Terima kasih telah mendengarkan dan menyimak presentasi saya. Melalui presentasi ini, saya berharap pendengar tetap memiliki semangat dalam menghadapi situasi kehidupan yang sangat sulit.