Research Methodology 7. Metode Eksperimen

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Menggambarkan Data: Tabel Frekuensi, Distribusi Frekuensi, dan Presentasi Grafis Chapter 2.
Advertisements

WE-2010 Web Engineering Husni husni.trunojoyo.ac.id
Pengujian Hipotesis untuk Satu dan Dua Varians Populasi
Java Fundamentals: 5. Java Advanced
This document is for informational purposes only. MICROSOFT MAKES NO WARRANTIES, EXPRESS OR IMPLIED, IN THIS DOCUMENT. © 2006 Microsoft Corporation. All.
4 Quasi-experimental designs that either lack a control group or lack pretest observations on the outcome.
Algoritma & Pemrograman #10
Teknologi Informasi. Materi 1.History of Computer 2.History of Telecommunication + Mobile 3.Operating System + Software & Story of Sillicon Valley 4.Video:
METODOLOGI RISET Penemuan Intelektual
Aspek Sosial & Organisasi Restyandito, S.Kom, MSIS.
Research Methodology 2. Tahapan Penelitian
Statistika Nonparametrik PERTEMUAN KE-1 FITRI CATUR LESTARI, M. Si
Hansiswany Kamarga METODE PENELITIAN DALAM KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN.
INTRODUCTION TO PSYCHOLOGY. Recommended Literature 1. Introduction to Psychology : Gateway to Mind and Behavior by Dennis Coon and John O. Mitterer 2.
SOAL ESSAY KELAS XI IPS.
PERULANGANPERULANGAN. 2 Flow of Control Flow of Control refers to the order that the computer processes the statements in a program. –Sequentially; baris.
Research Methodology 8. Pengujian Tesis Romi Satria Wahono WA/SMS:
Research Methodology Romi Satria Wahono WA/SMS:
Research Methodology 9. Publikasi Penelitian
PENGANTAR URBAN DESAIN
PROSES PADA WINDOWS Pratikum SO. Introduksi Proses 1.Program yang sedang dalam keadaan dieksekusi. 2.Unit kerja terkecil yang secara individu memiliki.
Pengantar Metode Penarikan Contoh dan Sebaran Penarikan Contoh
Pengantar/pengenalan (Introduction)
Green Productivity Prof. Ir. Moses L. Singgih, MSc, PhD
JAVA CLASS Bahasa Pemrogramam BAHASA PEMROGRAMAN PERTEMUAN #9.
Risk Management.
CRASH COURSE Koreksi dalam UpTrend Mengintip area CRASH sebagai Buy Area By. Santo Vibby By. Santo Vibby -
2-Metode Penelitian Dalam Psikologi Klinis
Implementing an REA Model in a Relational Database
Pendugaan Parameter part 2
METODE SAMPLING by Achmad Prasetyo, S.Si., M.M..
1 Magister Teknik Perencanaan Universitas Tarumanagara General View On Graduate Program Urban & Real Estate Development (February 2009) Dr.-Ing. Jo Santoso.
Switch. Perluasan dari bridge Arsitektur switch: – Store and forward.
Observation and Experiment Method Observation Experimentation Chapter 6.
Lecture 1 Introduction to C# Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
Metodologi Penelitian dalam Bidang Informatika
ECONOMIC PSYCHOLOGY METHODE Muhammad Shohib Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.
MANPRO-M13: MUTU PROYEK SISTEM
1. 2 Work is defined to be the product of the magnitude of the displacement times the component of the force parallel to the displacement W = F ║ d F.
Via Octaria Malau Transfer (Internal Transfers) Transfer (Transfers Internal) Select the account from which funds are to be transferred FROM and then select.
Person 19 || Marty Rori 1. Apa yang Buruk Tentang Menggunakan? Vairables global? 2 tidak aman!  Jika dua atau lebih programmer bekerja sama dalam program,
Slide 1 Chapter 1: Introduction to Systems Analysis and Design Alan Dennis, Barbara Wixom, and David Tegarden John Wiley & Sons, Inc.
ILMU PERILAKU KESEHATAN
Research Methodology 6. Kesalahan Penulisan Tesis
Research Methodology 2. Tahapan Penelitian
METODE PENELITIAN EKSPERIMEN
Research Methodology 9. Publikasi Penelitian
SOAL ULANGAN HARIAN. Soal Nomor 1 UAN 2003 Soal Nomor 2 UN 2005.
METODE PENELITIAN EKSPERIMEN
Pengantar Psikologi Eksperimen
METODE PENELITIAN EKSPERIMEN
Research Methodology Romi Satria Wahono WA/SMS:
MACAM-MACAM RANCANGAN PENELITIAN MEMBANGUN DESAIN PENELITIAN (CONSTRUCTING RESEARCH DESIGNS) DESKRIPSI : SALAH SATU JENIS PENELITIAN YANG BANYAK DIGUNAKAN.
Penelitian Eksperimen (Experimental Research)
Metode Penelitian Kuantitatif (Lebih dari bermain angka)
METODE PENELITIAN EKSPERIMEN
PENELITIAN EKSPERIMEN
TEMU VII EKSPERIMEN KUASI.
Disiapkan oleh Dwi Yuliani
4. Disiplin Ilmu, Metode Penelitian dan Computing Methods
PENELITIAN EKSPERIMEN
Penelitian eksperimen
PRA - EKSPERIMEN One ” shot case – study ”
DESAIN EKSPERIMEN MURNI DAN QUASI
Analisis kausalitas penelitian eksperimen dan non-eksperimen
PENELITIAN EKSPERIMEN
METODE PENELITIAN DALAM KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
 Adalah penelitian yang dilakukan dengan cara memberi treatmen atau perlakuan kepada sampel penelitian guna mempengaruhi atau meningkatkan variabel terikat.
MATERI III METODE KUANTITATIF : EKSPERIMEN. PENGERTIAN MET EKS Metode Penelitian eksperimen, adalah suatu metode penelitian yang digunakan untuk mencari.
8. DAN 9. MEMILIH PENDEKATAN
Transcript presentasi:

Research Methodology 7. Metode Eksperimen romi@romisatriawahono.net Research Methodology 7. Metode Eksperimen Romi Satria Wahono romi@romisatriawahono.net http://romisatriawahono.net WA/SMS: +6281586220090 http://romisatriawahono.net

Romi Satria Wahono SD Sompok Semarang (1987) SMPN 8 Semarang (1990) SMA Taruna Nusantara Magelang (1993) B.Eng, M.Eng and Dr.Eng (on-leave) Department of Computer Science Saitama University, Japan (1994-2004) Research Interests: Software Engineering and Intelligent Systems Founder IlmuKomputer.Com LIPI Researcher (2004-2007) Founder and CEO PT Brainmatics Cipta Informatika

Course Outline Pengantar Penelitian Masalah Penelitian romi@romisatriawahono.net Course Outline Pengantar Penelitian Masalah Penelitian Literature Review Struktur Penulisan Tesis Kesalahan Penulisan Tesis Metode Eksperimen Pengujian Tesis Publikasi Penelitian http://romisatriawahono.net

7. Metode Eksperimen

Metode Penelitian Action Research Experiment Case Study Survey The carefully documented and monitored study of an attempt by researcher, to actively solve a problem and change a situation (Herbert, 1990) Experiment An investigation of causal relationships using tests controlled by researcher Performed in development, evaluation and problem-solving project Case Study An in-depth exploration of one situation (Cornford and Smithson, 2006) Survey The collection of a large amount of data from a sizable population in a highly economical way (Saunders et al., 2007) Undertaken through the use of questionnaires or interviews (Dawson, 2009)

Desain Penelitian Eksperimen Pre-Experimental Design One-Shot Case Study One Group Pretest-Posttest Design Intact-Group Comparison True-Experimental Design Posttest Only Control Design Pretest-Control Group Design Factorial Experimental Design Quasi Experimental Design Time-Series Design Nonequivalent Control Group Design

Pre-Experimental Design Tidak ada variable kontrol dan data tidak dipilih secara random Belum disebut eksperimen yang sebenarnya, karena kemungkinan ada variabel eksternal yang mempengaruhi terbentuknya variable dependen Bentuk pre-experimental design: One-Shot Case Study One Group Pretest-Posttest Design Intact-Group Comparison

X O One-Shot Case Study X = perlakuan yang diberikan (variabel independen) O = hasil (variabel dependen)

One Group Pretest-Posttest Design O1 X O2 O1 = Pretest X = perlakuan yang diberikan O2 = Posttest

Intact-Group Comparison X O1 O2 X = perlakuan yang diberikan O1 = hasil pengukuran setengah kelompok yang diberi perlakuan O2 = hasil pengukuran setengah kelompok yang tidak diberi

True-Experimental Design Kelompok kontrol dan sample diambil secara random dari populasi Peneliti dapat mengontrol semua variabel eksternal, sehingga validitas internal tinggi Bentuk true-experimental design: Posttest Only Control Design Pretest-Control Group Design

Posttest Only Control Design R X O1 R O2 R = Random (Acak) X = perlakuan yang diberikan O1 = hasil setelah perlakuan O2 = hasil tanpa perlakuan

Pretest-Control Group Design R O1 X O2 R O3 O4 R = random (acak) O1 = pretest X = perlakuan yang diberikan O2 = posttest setelah perlakuan O3 = pretest O2 = posttest tanpa perlakuan

Factorial Experimental Design Perbaikan dari true-experimental design dengan memperhatikan kemungkinan adanya variabel moderator yang mempengaruhi perlakuan Seluruh kelompok dipilih secara random dan masing-masing dilakukan pretest Kelompok penelitian dinyatakan baik apabila setiap kelompok memiliki nilai pretest yang sama

Factorial Experimental Design R O1 X Y1 O2 R O3 Y1 O4 R O5 X Y2 O6 R O7 Y2 O8 Y = variabel moderator

Quasi Experimental Design Digunakan ketika kita sulit mendapatkan kelompok kontrol seperti pada true- experimental design Lebih baik daripada pre-experimental, meskipun tidak sebaik true-experimental Bentuk quasi experimental design: Time-Series Design Nonequivalent Control Group Design

O1 O2 O3 O4 X O5 O6 O7 O8 Time-Series Design O1 = Pretest X = perlakuan yang diberikan O2 = Posttest

Nonequivalent Control Group Design O1 X O2 O3 O4 O1 = pretest X = perlakuan yang diberikan O2 = posttest setelah perlakuan O3 = pretest O2 = posttest tanpa perlakuan Hampir sama dengan pretest-posttest control group design, hanya pada desain ini kelompok tidak dipilih secara random

Referensi Christian W. Dawson, Project in Computing and Information System a Student Guide 2nd Edition, Addison-Wesley, 2009 Mikael Berndtsson, Jörgen Hansson, Björn Olsson, Björn Lundell, Thesis Projects - A Guide for Students in Computer Science and Information System 2nd Edition, Springer-Verlag London Limited, 2008 C.R. Kothari, Research Methodology, New Age International, 2004 David E Gray, Doing Research in the Real World Second Edition, Sage Publications, 2009 Mary Shaw, Writing Good Software Engineering Research Papers, Proceedings of the 25th International Conference on Software Engineering, 2003 Geoffrey Marczyk, David DeMatteo, David Festinger, Essentials of Research Design and Methodology, John Wiley & Sons, Inc., 2005