MENGGUNAKAN Program Grafis Corel Draw 11 Materi Ajar TIK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6 (apabila sampeyan adalah pengguna CorelDRAW versi dibawahnya mungkin ada Tool yang belum ada)
Pertemuan 4 Pengolahan teks.
Oleh : Deri Suyatma. Arahkan mouse pada menu View kemudian beri tanda ceklis pada Snap to Grid 7 Snap to Objects.
TUTORIAL MEMBUAT LOGO “K4KIK UNITED“
Tutorial Logo Carrefour
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW)
Oleh : Deri Suyatma. PERHATIKAN LANGKAH-LANGKAH BERIKUT !
MEMBUAT DESAIN STEMPEL DENGAN CORELDRAW 12
Perangkat Lunak Pengolah Kata
Header Footer Header adalah teks yang muncul pada halaman atas
MICROSOFT WORD 2007 Oleh EDI PURWANTO.
Penuntun Kelas VIII Semester 2
INKSCAPE 5 Oktober 2013.
CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program
MEMBUAT DESAIN STEMPEL DENGAN CORELDRAW 12 MATERI SISWA KELAS XII
Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
LESSON – INTRODUCTION TO COREL
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
BAB 3 Melengkapi Dokumen
X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS
Kelas XII / 1. Kelas XII / 1 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik KOMPETENSI STANDAR Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam.
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
Rama Lesmana Pendidikan Matematika
MEMULAI MS WORD Klik START > Program > Micorosoft Office >Microsoft Office Word 2007.
TOOLBOX PADA COREL DRAW 12 BESERTA FUNGSINYA
EDITING TEKS PERTEMUAN 2.
PROGRAM DESAIN GRAFIS CORELDRAW
Microsoft Word Dicky Pratama S.Kom.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
SMAN 3 PARIAMAN RENCANA PEMBELAJARAN TIK KELAS XII SMAN 3 PARIAMAN.
Materi kelas XII semester 1
DESAIN GRAFIS MENU DAN ICON COREL DRAW.
KELAS XII UMUM SEMESTER GAZAL
Teknologi Dan Rekayasa
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Menggunakan Menu dan Ikon untuk Membuat Desain Sederhana.
MEMBUAT POSTER DENGAN COREL DRAW
Drawing tools Dan aplikasinya
SMA HARAPAN 1 MEDAN Jl. Imam Bonjol No. 35 Medan.
Efek Khusus Corel Draw.
Materi: Microsoft Word 2007
Membuat dokumen baru.
APLIKASI KOMPUTER Microsoft Word 2007 II.
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Data
EFEK-EFEK INTERACTIVE
Toolbox Pada CorelDRAW Part 1
BAB 5 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Microsoft Word 2007.
Fungsi Menu dan Ikon pada Perangkat Lunak Pengolah Grafis
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
Dasar dasar Komputer dan Internet Materi: Microsoft Word
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
TRANSFORMASI OBYEK Menggunakan Program Corel Draw 11 9/17/2018.
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Mengenal Corel Draw New Graphic : untuk mulai membuat obyek gambar baru Open Last Edited : untuk membuka.
CorelDRAW Graphics Suite X4
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
Program CorelDraw merupakan salah satu program aplikasi komputer yang banyak digunakan sebagai program pengolahan desain grafis. Misalnya untuk pembuatan.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
MEMPERSEMBAHKAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) STMIK WIDURI.
Transcript presentasi:

MENGGUNAKAN Program Grafis Corel Draw 11 Materi Ajar TIK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Program Grafis MENGGUNAKAN Corel Draw 11 Materi Ajar TIK SMA N 1 SRAGEN 2008/2009

Mengenal Corel Draw New Graphic : untuk mulai membuat obyek gambar baru Open Last Edited : untuk membuka file obyek gambar yang pernah disunting terakhir Open Graphic : untuk membuka file yang pernah disimpan Template : membuat obyek dengan fasilitas Template CorelTUTOR : membuka lembar kerja tutorial What’s New? : membuka lembar kerja yg berisi informasi/ falisitas baru Corel Draw.

Title Bar Menubar Toolbar Property Bar Ruler ToolBox Canvas 2 3 4 6 5 7 9 8 10 11 1 Title Bar Menubar Toolbar Property Bar Ruler ToolBox Canvas Window control Color Palette Page control Information box

Mengatur Toolbar Menu Tools - Customization

Pengaturan Lembar kerja/ Page Setup : Langkah-Langkah : Keterangan : Normal Page -Untuk memilih halaman normal Portrait -Penetapan orientasi pencetakan secara tegak Landscape-Penetapan orientasi pencetakan secara melintang Paper-Untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan Width- Untuk merubah lebar halaman, Height -Untuk merubah tinggi halaman, Bleed - Menentukan nilai pada kotak isian dalam menentukan batas pinggir obyek yang dapat di cetak dari batas pinggir halaman Set From Printer - untuk meminta kepada sistem memakai ukuran kertas yang sesuai dengan ukuran kertas printer yang dipakai Save Custom Page -untuk menyimpan hasil pengukuran, kita dapat menggunakan pengaturan halaman yang sudah tersimpan untuk lain pada waktu yang lain Add Page Frame- Untuk menambahkan bingkai halaman. Ukuran Frame akan sama dengan ukuran kertas yang digunakan Resize Current Page Only Pilihan ini digunakan untuk merubah ukuran hanya pada halaman yang aktif saat ini. Klik menu Layout 2. Page Setup 3. Masuk ke jendela Options

Menyimpan Dokumen Langkah-Langkah : 1. Klik menu File 2. Klik Save Ctrl + S 3. Tentukan lokasi penyimpanan pada kotak pilihan Save in Isi nama file pada kotak isian File name (File mempunyai ekstensi.cdr) 5.Klik Save untuk selesai

Keluar dari Program Corel Draw : Penutupan Dokumen Langkah-Langkah : Klik Menu File 2. Klik Close Keluar dari Program Corel Draw : Langkah-Langkah : Klik Menu File 2. Klik Exit / Alt +F4 Atau menggunakan control bar window Exit Close

Membuka Dokumen Langkah-Langkah : Klik menu File 2. Klik Open atau Pada Keyboard tekan Ctrl + O atau ikon 3. Setelah itu akan muncul kotak dialog Isi nama file pada kotak isian File name (File mempunyai ekstensi.cdr) 5.Klik Save untuk selesai

Eraser tool : untuk meghapus bagian obyek tertentu Desain Obyek Grafis Bagian yang sangat berperan dalam bekerja dengan Corel Draw adalah Kontrol Point Tool Box Picktool : Untuk memilih obyek Mengubah ukuran obyek Memindah Obyek Menduplikat Obyek Menghapus Obyek Shape tool : Digunakan untuk mengedit bentuk dasar suatu obyek. Kontrol Point ini terdiri dari : Knife tool : untuk memotong obyek garis Eraser tool : untuk meghapus bagian obyek tertentu

Tool Box Rectangle tool : Elipse tool : Polygon tool : Basic Shapes : Untuk membuat obyek gambar berbentuk kotak Elipse tool : Untuk membuat obyek gambar berbentuk Ellips. Sedang untuk membuat lingkaran Tekan tombol Ctrl, klik elipse tool kemudian drag hingga memperolah bentuk lingkaran. Polygon tool : Untuk membuat Poligon (segi banyak); kontrol point ini terdapat tool untuk membuat kertas grafik dan Spiral Basic Shapes : Untuk membuat obyek gambar bentuk lainnya.

Tool Box Zoom tool : Hand tool : Freehand tool : Untuk memperbesar / memperkecil tampilan obyek di layar monitor Hand tool : Untuk menggeser area kerja Freehand tool : Untuk membuat obyek berupa garis; lurus, lengkung, patah-patah, dan garis artistik. Kontrol ini terdiri dari : Bezier tool Artistic Media Tool Pen Tool Polyline Tool 3 Point Curve Tool Interactiv Connector Tool Dimension Tool

Membuat Obyek Gambar Garis Aktifkan Polynile tool Klik dimana akan memulai garis, dan klik dimana akan mengakhiri garis Double klik untuk mengakhiri pembuatan garis Aktifkan Freehand tool Klik dimana akan memulai garis, Drag hingga hingga terbentuk bentuk yangdiinginkan Aktifkan Media artistic tool Drag hingga hingga terbentuk bentuk yangdiinginkan

Persegi Panjang dan Bujur Sangkar Aktifkan Rectangle tool Drag di dalam Drawing page hingga terbentuk persegipanjang Drag dengan menekan tombol Ctrl Arah Drag Arah Drag Merubah bentuk sudut Aktifkan Shape tool Klik persegipanjang/ bujursangkar Drag salah satu node dibagian sudut

Ellipse dan Lingkaran Aktifkan Ellipse tool Drag di dalam Drawing page hingga terbentuk Ellipse Drag dengan menekan tombol Ctrl Arah drag Arah Drag obyek lingkaran kita juga bisa membuat lingkaran yang diiris Aktifkan tombol pie Aktifkan Tombol Arc

Poligon Star Aktifkan Poligon tool Aktifkan Star tool Drag di dalam drawing page hingga terbentuk bintang Drag di dalam Drawing page hingga terbentuk Poligon Digunakan untuk menentukan banyak gigi pada bintang Arah drag Buatlah Obyek Bintang sebagai berikut :

Memilih Obyek 1. Sebuah Obyek : 2. Beberapa Obyek : Klik obyek dengan Pick tool Sebelum & sesudah dipilih 2. Beberapa Obyek : Tekan dan tahan tombol Shift, dan klik dengan Pick tool obyek-obyek yang dipilih. Cara cepat : Jaring semua obyek yang dipilih dengan picktool (klik dan drag). 3. Obyek tersembunyi: Tekan dan tahan tombol Alt, lalu klik dengan Pick tool obyek dibagian atas yang dipilih. Untuk beberapa obyek tersembunyi gunakan tombol Shift + Alt.

Mengcopy Obyek Menyalin Obyek Beberapa cara/perintah yang dapat digunakan : Perintah untuk meng-copy Perintah untuk menampilkan hasil Klik menu Edit – klik Copy Klik menu Edit – klik Paste Klik ikon Copy Klik ikon Paste Tekan tombol Ctrl + C Tekan tombol Ctrl + V Klik kanan pada obyek lalu pilih dan klik copy Klik kanan di luar obyek lalu pilih dan klik paste Menyalin Obyek Klik obyek yang dipilih dengan pick tool, lalu … Klik Edit - Cut lalu untuk menempatkan hasil klik Edit – paste Atau Klik kanan pilih Cut kemudian klik kanan pilih Paste

Menduplikasi Obyek Menghapus Obyek Pilih obyek Pilih menu Edit lalu klik Duplicate Atau tekan tombol Ctrl + D Menghapus Obyek Klik obyek yang dipilih dengan pick tool, lalu … Klik menu Edit – Delet, atau Tekan tombol Delete pada keyboard. Klik kanan pilih dan klik Delete

Mengatur Urutan Tumpukan Obyek Untuk memindahkan atau mengatur urutan tumpukan obyek : Pilih Obyek yang akan dipindahkan urutannya. Dari menu Arange, pilih dan klik Order lalu pilih : To front : memindahkan obyek ke urutan teratas To back : memindahkan obyek ke urutan terbawah Forward one : naik satu posisi Back one : turun satu posisi Infront of : di atas obyek tertentu Behind : di bawah obyek tertentu

Membentuk Obyek Efek Distorsi Efek Distorsi Push and Pull, adalah menekan bagian pinggir ke dalam Efek Distorsi Zipper, menggunakan effek bergerigi pada obyek Efek Distorsi Twister, Memutar obyek untuk membuat efek melingkar Buatlah Obyek berikut : Berikan effek distorsi Push and Pull, Zipper dan Twister Amati perubahan yang terjadi !

Efek Interaktif Blend tool Efek Blend alur garis lurus Buatlah dua obyek (tidak harus sama) Pilih Interactif Blend tool Klik di obyek pertama lalu geser ke obyek kedua.

Efek Blend alur garis bebas Buatlah dua obyek (tidak harus sama) Pilih Interactif Blend tool tekan jangan dilepas tombol Alt, lalu klik di obyek pertama lalu geser dengan alur garis bebas menuju ke obyek kedua.

Latihan : Buat effek Blend dengan hasil seperti gambar di bawah !

Membentuk Obyek Dengan Envelopes Buat Obyek, misal huruf F Klik Envelope tool Envelope Unconstrained Mode Envelope Double Arc Mode Envelope Single Arc Mode Envelope Straight Line Mode Berikan effek envelope pada huruf F dengan menggunakan 4 jenis envelope Huruf F yang sudah diberi effek Envelope Double Arc Mode

Membentuk Obyek 3 Dimensi Buatlah sebuah obyek, misalnya huruf F Klik Interaktif Extrude tool klik kiri dan tahan mouse sampai ada panah bergeser, gerakkan sesuka anda, misalkan menggerakkan ke bawah.

Latihan : Buat Tulisan dengan Effek 3 D !

POWER CLIP Pilih sebuah obyek vektor atau Bitmap, misalnya kopilah sebuah file gambar ke lembar kerja anda. Siapkan gambar sebagai kontainer, Misalnya Ellipse Pilih perintah Effect – PowerClip – Place inside container Arahkan penunjuk mouse ke obyek kontainer lalu klik Akan diperoleh hasil obyek power clip nya

Latihan : Buat Tulisan dengan Effek PowerClip dan Envelope

Mengolah Obyek Teks Membuat Teks Beralur Buat sebuah path / alur bebas (gunakan Freehand tool) Pilih menu Text – Fit Text to Path, kemudian ketik teks sepanjang alur tersebut. Untuk memisahkan teks dari alunya; Pilih menu Arrange – Break Text Apart. Untuk megatur teks seperti, tatanan teks, perataan vertikal maupun horisontal, posisi teks dll. Gunakan perintah pada bagian Property Bar.

Buat teks Path, baik path terbuka maupun path tertutub berikut. Latihan Buat teks Path, baik path terbuka maupun path tertutub berikut.

Memotong Obyek Siapkan Obyek gambar yang akan dipotong Klik Knife tool Drag Knife tool pada obyek yang akan dipotong tepat diatas outline hingga kelihatan menghujam dari atas ke bawah hingga terbentuk potongan Berikan warna lain supaya terlihat potongannya

Weld Obyek Digunakan untuk menggabungkan obyek yang saling bertumpukan sehingga akan melebur menjadi satu obyek yang baru Langkah-Langkah : 1. Pilih obyek asal 2. Klik Menu Arrange, Shaping, Weld atau klik ikon 3. Pada Shaping Docker Window, pilih salah satu option berikut Jika source dan target tidak diaktifkan maka akan terbentuk obyek baru

Trim Obyek Digunakan untuk menghapus bagian yang bertumpukan dengan gambar lain Langkah-Langkah : 1. Pilih obyek asal 2. Klik Menu Arrange, Shaping, Trim atau klik ikon 3. Pada Shaping Docker Window, pilih salah satu option berikut Jika source diaktifkan maka akan terbentuk obyek baru

Intersection Obyek Digunakan untuk memasukkan obyek tertentu pada obyek lain sehingga terbentuk obyek baru Langkah-Langkah : 1. Pilih obyek asal 2. Klik Menu Arrange, Shaping, Intersection atau klik ikon 3. Pada Shaping Docker Window, pilih salah satu option berikut Jika source dan target diaktifkan maka akan terbentuk obyek baru

Mengelompokkan Obyek (GROUP) Pilih obyek-obyek yang akan dikelompokkan Pilih menu Arange, lalu klik Group atau Pada Property Bar Klik ikon Group Sedang untuk menguraikan kembali (Ungroup) Pilih menu Arange, lalu klik Ungroup atau Pada Property Bar Klik ikon Ungroup Cara cepat : Jaring semua obyek yang dipilih dengan Pick tool, lalu klik ikon Group pada Property Bar.

Menggabungkan Obyek Adalah penyatuan dari beberapa obyek sehingga akan merubah obyek tersebut menjadi satu obyek kurva Pilih obyek-obyek yang akan digabungkan Pilih menu Arange, lalu klik Combine atau Pada Property Bar Klik ikon Combine Sedang untuk memisahkan kembali Pilih menu Arange, lalu klik Break Curve Apart, atau Pada Property Bar Klik ikon Break Apart

Memodifikasi Obyek Grafis Mengubah Obyek menjadi Obyek Kurva Buatlah obyek Ellips tampak hanya ada 1 node Untuk mengubah menjadi obyek kurva pilih menu Arange – Convert to Curves atau ikon maka obyek akan berubah menjadi tampak ada 4 node

Mengubah jenis node , lalu pilih node tertentu Klik Shape tooll Untuk mengubah jenis node, pada property bar pilih Node Cusp, Smooth, Symetrical atau Line. Praktekan untuk mengubah menjadi bentuk seperti berikut :

Transformasi Obyek Letak/Position Obyek Pilih Obyek Dari menu Window – Dockers – Transformation – Position Akan tampil jendela transformation Pastikan tombol Position aktif Untuk mengatur hasil perubahan posisi H : menentukan % kearah horisontal V : menentukan % kearah vertikal Jika ingin mempertahankan aspek rasio kosongkan cek Non-propotional Baru Terapkan sekaligus buat dulikat Lama Terapkan tanpa buat dulikat

Mengubah skala Obyek Pilih Obyek Dari menu Window – Dockers – Transformation – Scale and Miror Akan tampil jendela transformation Pastikan tombol Scale and Miror aktif Untuk mengatur scala hasil pencerminan H : menentukan % kearah horisontal V : menentukan % kearah vertikal Jika ingin mempertahankan aspek rasio kosongkan cek Non-propotional Terapkan sekaligus buat dulikat Terapkan tanpa buat dulikat Hasil penskala-an 50 %

Memutar Obyek Pilih Obyek Dari menu Window – Dockers – Transformation – Rotate Akan tampil jendela transformation Pastikan tombol Rotate aktif Tentukan nilai sudut putar Tentukan nilai rotasi arah Horisontal Tentukan nilai rotasi arah Vertikal Pilih salah satu kotak untuk menentukan posisi titik putar obyek. Hasil Rotasi Angle 90

Size Obyek Pilih Obyek Dari menu Window – Dockers – Transformation – Size Akan tampil jendela transformation Pastikan tombol Size aktif Tentukan nilai size arah Horisontal Tentukan nilai size arah Vertikal Pilih salah satu kotak untuk menentukan posisi titik size obyek. Hasil Size yang baru

Skew/memiringkan Obyek Pilih Obyek Dari menu Window – Dockers – Transformation – Skew Akan tampil jendela transformation Pastikan tombol skew aktif Tentukan nilai skew arah Horisontal Tentukan nilai skew arah Vertikal Hasil Skew degrees 30 Pilih salah satu kotak untuk menentukan posisi titik size obyek.

Latihan : Buatlah Ornamen bunga berikut dengan menggunakan Transformasi Obyek