Penuntun Kelas VIII Semester 2

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Pertemuan 4 Pengolahan teks.
Tutorial Logo Carrefour
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Perkenalan lingkungan kerja dan tools-tools
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Menggambar dengan Macromedia Flash
Belajar Adobe Photoshop CS
Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint.
Pertemuan 2.  Dreamweaver adl salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk.
Microsoft PowerPoint ( Kode Kompetensi :TIK.OP )
Pengenalan Program Macromedia Flash
Variasi Animasi dalam Flash
Aplikasi PHOTOSHOP CS series pemula dasar
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
Langkah membuat gerak planet
TUGAS GAMBAR RASTER AREA KERJA PHOTOSHOP
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto : David Junaedi.
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
Image Editing Pertemuan Matakuliah: L0182 / Web & Animation Design Tahun: 2008.
Macromedia Flash.
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
MENGAPLIKASIKAN MENU DAN IKON PADA PROGRAM PHOTOSHOP
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
ADOBE PHOTOSHOP MENGENAL PHOTOSHOP Dirangkum dari beberapa sumber
Area Kerja Macromedia Flash 8
Sekilas Impress Open Office.org.
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER. – BPM Pustekkom – Next.
Selamat Mengikuti Pelatihan Multimedia.
DESAIN GRAFIS MENU DAN ICON COREL DRAW.
Membuat Asesori Web.
Teknologi Dan Rekayasa
Animasi Banner dengan Flash
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Microsoft Power Point.
Tutorial Adobe Premiere Pro.
Mengubah dan Memperbaiki Tampilan Form
Macromedia Flash.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Macromedia Flash.
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Motion Guide Ambil gambar (kupu-kupu) dengan klik kiri File > Import > Import to Library.
Animasi Banner dengan Flash
MENGENAL MACROMEDIA/ADOBE FLASH
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 1 Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop Web Design Team Dosen.
Macromedia Flash.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi 2 dimensi. Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta didik dapat: Memahami.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Penuntun Kelas VIII Semester 2 Macromedia FLASH Penuntun Kelas VIII Semester 2

Tujuan pembelajaran Mengenal dan menguasai operasional dasar Membuat shape dasar Bekerja dengan warna Menambahkan teks Menggunakan layer Membuat animasi dan template Membuat presentasi

Makromedia Flash Adalah program grafis animasi standar professional untuk menghasilkan halaman web yang menarik. Flash MX/ Flash 8 merupakan software milik perusahaan Macromedia yang kini telah diakuisisi (dibeli) oleh Adobe.

Memulai Macromedia flash Untuk menjalankan program ini, caranya adalah: Click Start – Program – Macromedia – Macromedia Flash MX 2004 / Macromedia Flash 8 Atau Click icon Macromedia Flash MX 2004 / Macromedia Flash 8

Tampilan awal m. Flash Menu Bar Time Line Zoom box Panels Tool Box Stage Work space

Komponen macromedia flash Toolbox: berisi berbagai tombol atau alat kerja yang dapat digunakan untuk menggambar, menyeleksi, mengedit, mewarnai, dan menampilkan gambar. Menu Bar: berisi menu-menu yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan flash. Komponen ini dapat membantu kita untuk menjalankan beberapa fungsi. Timeline: berisi rangkaian gambar yang dibuat sebagai animasi. Timeline dapat juga berisi beberapa layer animasi.

Panels: berfungsi untuk menampilkan dan mengubah informasi suatu objek yang ada di stage. Kita dapat menampilkan atau menyembunyikan panel dengan menggunakan jendela menu option. Workspace: merupakan daerah abu-abu yang mengelilingi stage. Kita dapat menggunakan area ini untuk menempatkan image yang tidak ingin dicetak. Stage: pada lingkungan Flash terlihat berupa kotak putih besar, dimana kita dapat membuat dan menampilkan berbagai komponen dari sebuah dokumen. Zoom box: digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan stage.

TUGAS Sebutkan macam-macam TOOLBOX dan jelaskan fungsinya, serta berikan gambar- gambar toolboxnya!!

JAWABAN Selection Tool (V) Free Transform Tool (Q) Line Tool (N) Pen Tool (P) Oval Tool (O) Pencil Tool (Y) Ink Bottle Tool (S) Eye Dropper Tool (I) Hand Tool (H) Fill Color

Subselection Tool (A) Fill Transform Tool (F) Lasso Tool (L) Text Tool (T) Rectangle Tool (R) Brush Tool (B) Paint Bucket Tool (K) Erase Tool (E) Zoom Tool (Z) Stroke Color

PANEL Color Mixer: jendela ini terletak di samping kanan paling atas. Digunakan untuk membuat dan meng-edit warna- warna sesuai dengan keinginan kita. Ada 5 pencampuran warna yang disediakan yi None, Solid, Liner, Radial, Bitmap. Properties: fungsi dari jendela ini adalah menunjukkan property suatu alat yang ada pada jendela Tool atau jendela yang lain. Answer: pada jendela ini disediakan 3 pilihan hyperlink, yaitu What’s New yang menginformasikan hal-hal terbaru pada Flash MX/8 yang belum ada pada versi sebelumnya. Readme dan Tutorial yang berisi petunjuk penggunaan Flash MX/8. Components: digunakan untuk membuat komponen drag dan drop seperti: CheckBox, ComboBox, PushButton, ScrollPane

Menggambar shape dasar Membuat Shape Menyeleksi Shape Memodifikasi Shape Menggambar Objek pada Stage Menyimpan File 1 2 3 4 5

Membuat shape Kita dapat membuat shape dasar seperti line, oval dan persegi panjang dengan menggunakan shape tool. Line Tool: untuk menggambar sebuah garis lurus Rectangle Tool: untuk menggambar empat persegi panjang Oval Tool: untuk menggambar sebuah oval dan lingkaran Pen Tool: untuk menggambar bentuk menggunakan path Pencil Tool: untuk menggambar bebas back

Menyeleksi Shape Untuk menyeleksi Shape dapat digunakan Arrow Tool, Lasso Tool, dan Dropper Tool Menggunakan Arrow Menggunakan Lasso next

Lanjutan menyeleksi shape Menggunakan Dropper Dropper Tool dapat diguakan untuk menyeleksi stroke dan fill. Cara kerja tool ini seperti mengambil dan menyimpan kemudian digunakan untuk obyek yang baru. back

Memodifikasi shape Shape dapat dimodifikasi menggunakan arrow tool, dropper tool, paint bucket dan ink bottel tool. Drooper tool, paint bucket dan ink bottel hanya dapat memodifikasi warna. Untuk menggubah bentuk dapat menggunakan arrow tool dengan option yang ada. Contoh memodifikasi shape dengan arrow tool: back

Menggambar obyek pada stage Setiap Objek pada Flash selalu disimpan pada sebuah Keyframe, kemudian Keyframe disimpan didalam sebuah Frame, dan Frame disimpan didalam sebuah Layer Keyframe yang berisi objek akan berwarna hitam keyframe yang kosong akan berwarna putih next

Lanjutan menggambar obyek pada stage Show/hide layer Nama Doc Lock/Unlock layer layer Show Stroke Only Nomor Frame Frames Add Motion Guide Add Layer Insert Layer Folder Keyframe back Delete Layer

Menyimpan file Untuk menyimpan sebuah file, ikuti langkah- langkah berikut ini: Dari menu file pilih save Kotak dialog Save As akan tampil Dari Save In List, select folder dimana file yang telah dibuat akan disimpan Edit nama file pada kontak File Name Terakhir klik save

Menggunakan warna Objek pada Flash terdiri dari dua bagian yaitu Fill dan Stroke Fill adalah isi dari objek, dan Stroke adalah garis luar dari objek Obyek dgn fill &stroke Obyek yg terdiri dari stroke Obyek yg terdiri dari fill

Bagian yang mengendalikan warna ToolBox terdiri dari 4 bagian utama, yaitu tools, View, Colors, dan Option Bagian untuk mengendalikan warna Fill dan Stroke adalah Colors Mengendalikan warna stroke Mengendalikan warna fill Swap Color No Color Warna hitam dan putih

Sifat-sifat obyek flash Beberapa objek akan menyatu jika tanpa stroke dan warna fill nya sama Kedua obyek dibuat bertumpuk Kedua obyek akan menyatu 2 obyek tanpa stroke, dgn warna fill yg sama

Beberapa Objek akan saling memotong jika memiliki warna stroke yang berbeda, atau tanpa stroke tetapi warna fill nya berbeda Dua objek, salah satunya dengan Stroke warna hitam, dengan warna fill yang sama Kedua Objek dibuat bertumpuk Objek persegi akan memotong lingkaran

Persegi ditimpa dengan garis lurus warna hitam Persegi akan terpotong oleh garis hitam tersebut Masing-masing potongan akan menjadi objek yang tersendiri

Dua objek tanpa stroke dengan warna fill yang berbeda Kedua Objek dibuat bertumpuk Objek yang diatas akan memotong yang dibawahnya

DASAR-DASAR ANIMASI Objek-objek yang telah diciptakan tampak kurang menarik jika tidak bergerak, maka pada bagian ini kita akan mencoba menghidupkan objek-objek tersebut dengan animasi. Ada dua cara animasi di Flash, yaitu: Frame by frame animation: membuat gambar yang berbeda di setiap frame Tweened Animation: membuat frame gambar. Kita hanya menentukan posisi frame awal dan akhir, kemudian flash akan mengerjakan animasi frame-frame sisanya yang berada diantara posisi awal dan akhir tsb (frame in between)